3 Alasan Shai Gilgeous-Alexander Berpotensi Meraih Gelar NBA MVP 2024

Menunjukkan performa yang konsisten

Musim reguler NBA 2023/2024 segera berakhir pada pertengahan April 2024. Dengan segera berakhirnya musim reguler ini, ada satu hal menarik yang layak untuk diperhatikan penggemar NBA di seluruh dunia. Hal ini menyangkut persaingan untuk memenangkan gelar Most Valuable Player (MVP) 2023/2024.

Terdapat beberapa pemain yang berhasil tampil impresif dan memiliki peluang untuk memenangkan gelar MVP. Namun, ada satu nama yang memiliki peluang sangat besar untuk menjadi yang terbaik musim ini. Pemain itu adalah Shai Gigeous-Alexander, yang berhasil membawa Oklahoma City Thunder bersaing di papan atas klasemen Wilayah Barat.

Gilgeous-Alexander adalah point guard berusia 25 tahun yang berasal dari Kanada. Pemain dengan tinggi 198 cm itu menunjukkan penampilan yang sangat impresif musim ini.

Berikut adalah tiga alasan Shai Gilgeous-Alexander berpotensi meraih gelar NBA MVP 2024.

1. Menunjukkan peningkatan statistik jika dibandingkan dengan musim 2022/2023

3 Alasan Shai Gilgeous-Alexander Berpotensi Meraih Gelar NBA MVP 2024Shai Gilgeous-Alexander (instagram.com/okcthunder)

Pada 2022/2023 lalu, Shai Gilgeous-Alexander tampil bersama Oklahoma City Thunder sebanyak 68 kali dengan rata-rata durasi bermain selama 35,5 menit per pertandingan. Dari 68 pertandingan, dirinya mencatatkan rata-rata 31,4 poin, 5,5 assist, 4,8 rebound, dan 1,6 steal. Pada 2023/2024 ini, peningkatan yang jelas ditunjukkan pemain berusia 25 tahun itu dalam catatan assist, rebound, dan steal.

Per 6 Maret 2024, Gilgeous-Alexander telah tampil sebanyak 60 kali dengan rata-rata durasi bermain selama 34,4 menit per pertandingan. Dirinya mencatatkan rata-rata 31,1 poin, 6,5 assist, 5,6 rebound, dan 2,2 assist per pertandingan. Meski memiliki rata-rata poin yang sedikit menurun, Gilgeous-Alexander mampu meningkatkan rata-rata assist, rebound, dan steal dengan durasi bermain yang lebih singkat jika dibandingkan dengan musim lalu.

Selain itu, Gilgeous-Alexander juga berhasil meningkatkan akurasi field goal dan tembakan tiga angkanya. Pada musim lalu, dirinya memiliki akurasi field goal sebesar 51 persen dan akurasi tembakan tiga angka sebesar 34,5 persen. Sementara itu, pada musim ini, Gilgeous-Alexander memiliki akurasi field goal sebesar 54,6 persen dan akursi tembakan 3 angka sebesar 38,3 persen.

Baca Juga: 9 Gaya Kece Shai Gilgeous-Alexander, Andalan Kanada di FIBA World Cup!

2. Mampu membawa Oklahoma City Thunder bersaing di papan atas klasemen Wilayah Barat

3 Alasan Shai Gilgeous-Alexander Berpotensi Meraih Gelar NBA MVP 2024Shai Gilgeous-Alexander (kanan) saat menghadapi Los Angeles Clippers. (instagram.com/okcthunder)

Oklahoma City Thunder berhasil memperbaiki performa buruk pada 2022/2023 lalu dan tampil dominan pada 2023/2024 ini. Mereka bahkan mampu bersaing untuk menjadi pemuncak klasemen sementara Wilayah Barat musim ini. Keberhasilan Thunder itu makin impresif karena persaingan di Wilayah Barat dapat dikatakan sangat ketat.

Tim-tim kuat yang menguni Wilayah Barat juga menunjukkan penampilan yang cukup konsisten musim ini. Namun, berkat penampilan impresif Shai Gilgeous-Alexander, Thunder tetap mampu bersaing saat menghadapi tim-tim kuat seperti Denver Nuggets, Los Angeles Clippers, dan Minnesota Timberwolves. Keberhasilan Oklahoma City Thunder untuk bersaing di papan atas klasemen Wilayah Barat ini menjadi salah satu faktor utama Gilgeous-Alexander layak mendapatkan gelar NBA MVP.

3. Berhasil tetap tampil baik saat menghadapi tim kuat

3 Alasan Shai Gilgeous-Alexander Berpotensi Meraih Gelar NBA MVP 2024Shai Gilgeous-Alexander (tengah) saat menghadapi Boston Cletics. (instagram.com/okcthunder)

Penampilan impresif Shai Gilgeous-Alexander pada 2023/2024 ini tidak hanya ia tunjukkan ketika menghadapi tim yang lebih lemah dari Oklahoma City Thunder. Pemain asal Kanada itu tetap mampu menunjukkan perfoma luar biasa meski menghadapi tim kuat sekalipun. Dirinya mampu untuk memimpin Thunder meraih kemenangan dan mencatatkan statistik yang sangat baik ketika mengahadapi beberapa tim kuat pada musim ini.

Salah satu penampilan terbaik Gilgeous-Alexander saat menghadapi tim kuat pada musim ini adalah ketika Thunder meraih kemengan atas Denver Nuggets pada 1 Februari 2024. Pada pertandingan yang berakhir dengan skor 105-100 itu, Gilgeous-Alexander mencetak 34 poin, 5 assist, dan 7 rebound. Selain itu, Gilgeous-Alexander juga berhasil mencetak 36 poin, 7 assist, dan 6 rebound  pada 3 Januari 2024 saat Thunder menang dengan skor 127-123 melawan Boston Celtics yang merupakan pemuncak klasemen Wilayah Timur.

Dengan tiga alasan di atas, Shai Gilgeous-Alexander memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapatkan gelar NBA MVP pada 2023/2024. Namun, dirinya bukanlah satu-satunya pemain yang memiliki potensi untuk memenangkan gelar MVP musim ini. Ada beberapa nama lain seperti Nikola Jokic, Jayson Tatum, Luka Doncic, dan Giannis Antetokunmpo yang juga layak untuk diperhitungkan.

Baca Juga: Profil Shai Gilgeous-Alexander, Pebasket Kanada Masa Depan NBA

Novendi Pamungkas Photo Verified Writer Novendi Pamungkas

Basketball enthusiast. Everything about NBA.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya