5 Faktor Kegagalan Memphis Grizzlies pada Paruh Musim NBA 2023/2024

Gagal mengulang performa apik musim lalu

Memphis Grizzlies merupakan salah satu tim yang menarik perhatian pada 2022/2023 lalu. Hal ini terjadi karena keberhasilan mereka mengakhiri musim reguler dengan menempati posisi kedua klasemen Wilayah Barat. Namun, pada 2023/2024 ini, Grizzlies gagal mengulang kesuksesan mereka.

Pada paruh musim ini, Grizzlies menang sebanyak 20 kali dan kalah sebanyak 36 kali. Torehan ini membuat mereka berada di posisi ke-13 klasemen sementara Wilayah Barat. Penampilan buruk Grizzlies itu tentunya disebabkan beberapa faktor.

Berikut lima faktor kegagalan Memphis Grizzlies pada paruh musim NBA 2023/2024.

1. Bermasalah dengan akurasi field goal

5 Faktor Kegagalan Memphis Grizzlies pada Paruh Musim NBA 2023/2024Desmond Bane (instagram.com/memgrizz)

Akurasi tembakan atau field goal yang baik merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah tim untuk memenangkan pertandingan. Tim dengan akurasi field goal yang baik pada umumnya akan mencetak poin lebih banyak dan memperbesar peluang untuk meraih kemenangan. Namun, akurasi field goal yang baik ini tidak dimiliki Memphis Grizzlies pada paruh musim 2023/2024.

Grizzlies memiliki akurasi field goal sebesar 44,1 persen dari rata-rata 88 kali tembakan per pertandingan. Catatan ini membuat mereka menempati posisi kedua dalam daftar tim dengan akurasi field goal terburuk. Selain itu, akurasi field goal Grizzlies juga menurun jika dibandingkan dengan musim lalu yang mencapai 47,5 persen dari rata-rata 92,1 tembakan per pertandingan.

2. Bermasalah dengan akurasi tembakan tiga angka

5 Faktor Kegagalan Memphis Grizzlies pada Paruh Musim NBA 2023/2024Luke Kennard (instagram.com/memgrizz)

Tim yang memiliki akurasi tembakan tiga angka yang sangat baik tentunya akan memiliki keunggulan. Namun, hal ini tidak dimiliki Memphis Grizzlies pada paruh musim 2023/2024 ini. Grizzlies bahkan menempati posisi ketiga dalam daftar tim dengan akurasi tembakan tiga angka terburuk

Pada paruh musim 2023/2024 ini, Grizzlies memiliki akurasi tembakan tiga angka sebesar 35 persen. Persentase akurasi tembakan tiga angka ini mereka dapatkan dari rata-rata 39,2 kali tembakan per pertandingan. Sementara itu, Grizzlies memasukkan rata-rata 13,7 tembakan tiga angka per pertandingan.

Baca Juga: Memphis Grizzlies Kacau Balau pada Awal Musim NBA 2023/2024

3. Memiliki rata-rata poin per pertandingan yang sangat rendah

5 Faktor Kegagalan Memphis Grizzlies pada Paruh Musim NBA 2023/2024Santi Aldama (kiri) dan Desmond Bane (kanan). (instagram.com/memgrizz)

Pada paruh musim 2023/2024 ini, Memphis Grizzlies memiliki rata-rata poin per pertandingan yang sangat rendah. Mereka menempati posisi pertama dalam daftar tim dengan rata-rata poin per pertandingan terendah. Hal ini terjadi karena buruknya akurasi field goal dan tembakan tiga angka Grizzlies.

Grizzlies mencatatkan rata-rata 107,1 poin per pertandingan pada paruh musim ini. Catatan poin mereka ini menurun jika dibandingkan dengan 2022/2023 lalu yang mencapai 116,9 poin per pertandingan. Catatan poin yang cukup tinggi pada musim lalu itu membuat Grizzlies menempati posisi sembilan dalam daftar tim dengan rata-rata poin per pertandingan tertinggi.

4. Gagal tampil baik pada laga kandang

5 Faktor Kegagalan Memphis Grizzlies pada Paruh Musim NBA 2023/2024Desmond Bane (instagram.com/memgrizz)

Faktor selanjutnya yang menjadi alasan kegagalan Memphis Grizzlies pada paruh musim ini adalah penampilan buruk mereka pada laga kandang. Grizzlies tidak mampu memanfaatkan laga kandang dengan baik. Mereka bahkan menjadi salah satu tim dengan rekor laga kandang terburuk pada paruh musim 2023/2024.

Grizzlies kalah sebanyak 20 kali dan menang sebanyak 7 kali dari total 27 pertandingan kandang mereka pada paruh musim ini. Catatan ini sangat buruk jika dibandingkan dengan 2022/2023 lalu. Pada musim lalu, Grizzlies kalah sebanyak 6 kali dan menang sebanyak 35 kali saat menghadapi laga kandang.

5. Absennya beberapa pemain penting

5 Faktor Kegagalan Memphis Grizzlies pada Paruh Musim NBA 2023/2024Ja Morant (tengah). (instagram.com/memgrizz)

Memphis Grizzlies memiliki beberapa pemain penting yang tampil sangat baik pada musim 2022/2023 lalu. Namun, para pemain penting itu tidak dapat bermain penuh pada paruh musim 2023/2024 ini. Salah satu pemain penting Grizzlies yang sering absen pada paruh musim ini adalah Ja Morant.

Ja Morant mengalami hukuman larangan bermain pada awal musim ini karena kontroversi yang ia lakukan. Setelah bersih dari hukuman Morant sempat bermain sebanyak sembilan kali sebelum akhirnya mengalami cedera bahu yang mengharuskannya menjalani operasi. Dua pemain penting Grizzlies lainnya, Desmond Bane dan Marcus Smart, juga tengah mengalami cedera yang mengharuskan mereka untuk absen.

Dengan berada di posisi ke-13 klasemen sementara Wilayah Barat, peluang Memphis Grizzlies untuk lolos ke babak playoff pada 2023/2024 ini menjadi sangat tipis. Hal itu terjadi karena banyaknya masalah yang menimpa mereka pada paruh musim ini. Namun, absennya pemain penting seperti Ja Morant, Desmone Bane, dan Marcus Smart menjadi alasan utama performa buruk Grizzlies.

Baca Juga: Pesan Menyentuh Ja Morant untuk Grizzlies: Tetap Menggila

Novendi Pamungkas Photo Verified Writer Novendi Pamungkas

Basketball enthusiast. Everything about NBA.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya