5 Pemain yang Sukses Menjadi Playmaker di NBA 2023/2024

Menjadi tumpuan untuk mengatur serangan tim

Memiliki pengatur serangan yang andal akan meningkatkan peluang sebuah tim untuk memenangi pertandingan. Namun, menjadi seorang playmaker dalam olahraga bola basket membutuhkan kemampuan individu dan basketball IQ yang sangat baik. Hal ini disebabkan seorang playmaker merupakan penggerak dan tumpuan utama tim untuk melakukan serangan.

Di NBA 2023/2024, terdapat beberapa pemain yang tampil dengan baik dan menunjukkan kemampuannya sebagai playmaker. Para pemain ini mampu menjalankan tugas untuk mengatur serangan. Berkat penampilan apiknya, para pemain ini juga masuk dalam daftar pencetak rata-rata assist per pertandingan tertinggi sementara musim ini.

Siapa sajakah para pemain ini? Berikut adalah daftar lima pemain yang sukses menjadi playmaker di NBA 2023/2024.

1. Tyresese Haliburton menunjukkan performa yang luar biasa bersama Indiana Pacers

5 Pemain yang Sukses Menjadi Playmaker di NBA 2023/2024Tyrese Haliburton (0) (instagram.com/pacers)

Nama Tyrese Haliburton mulai banyak diperbincangkan oleh pengamat dan penggemar NBA dalam beberapa musim belakangan. Haliburton merupakan point guard yang menjadi andalan Indiana Pacers pada 2023/2024. Dirinya mampu menjawab kepercayaan yang diberikan dengan tampil sangat baik musim ini.

Haliburton menempati posisi pertama dalam daftar sementara pemain NBA dengan rata-rata assist per pertandingan tertinggi pada musim ini. Pencapaian ini ia dapatkan setelah mencatatkan rata-rata 12,8 assist per pertandingan. Dirinya juga sempat mencatatkan 23 assist saat menghadapi New York Knicks pada 31 Desember 2023.

Namun, selain berkontribusi untuk memberi assist, Haliburton juga ikut andil dalam beberapa aspek pertandingan lain. pemain berusia 23 tahun ini memiliki catatan rata-rata 24,6 poin dan 4 rebound per pertandingan. Catatan ini ia dapatkan dari rata-rata durasi bermain selama 34,2 menit per pertandingan.

2. Trae Young kembali membuktikan dirinya mampu memimpin Atlanta Hawks

5 Pemain yang Sukses Menjadi Playmaker di NBA 2023/2024Trae Young (instagram.com/traeyoung)

Trae Young merupakan pemain yang selalu menjadi andalan Atlanta Hawks pada tiap musim. Pada 2023/2024, dirinya kembali diberi kepercayaan untuk memimpin serangan tim yang menghuni Wilayah Timur ini. Young menjawab kepercayaan yang diberikan kepadanya dengan memimpin daftar pemain Hawks dengan rata-rata assist per pertandingan tertinggi.

Young memiliki catatan rata-rata 11,3 assist per pertandingan. Dengan catatannya ini, ia berada di posisi ke-2 sementara dalam daftar pemain NBA dengan rata-rata assist per pertandingan tertinggi. Selain itu, Young juga mencatatkan 28,3 poin dan 3 rebound dari rata-rata durasi bermain selama 36,6 menit per pertandingan.

Baca Juga: 5 Opsi Center Denver Nuggets di NBA 2023/2024

3. Luka Doncic kembali menunjukkan kemampuan individu yang lengkap

5 Pemain yang Sukses Menjadi Playmaker di NBA 2023/2024Luka Doncic (instagram.com/lukadoncic)

Kemampuan individu dan basketball IQ Luka Doncic bukanlah hal yang harus dipertanyakan lagi. Bersama Dallas Mavericks, dirinya selalu berhasil menunjukkan performa yang sangat gemilang. Pemain berusia 24 tahun ini bahkan memiliki peluang untuk memenangi gelar Most Valuable Palyer (MVP) pada 2023/2024 ini.

Doncic memiliki kemampuan untuk menciptakan poin yang sangat baik. Kemampuannya ini kembali ia tunjukkan dengan mencatatkan rata-rata 33,9 poin per pertandingan. Namun, yang membuat pemain asal Slovenia ini lebih spesial adalah kemampuannya untuk menjadi playmaker andal.

Doncic mencatatkan rata-rata assist yang sangat tinggi pada musim ini, yaitu 9,3 assist per pertandingan. Dengan catatannya ini, Doncic menempati posisi ke-3 sementara dalam daftar pemain NBA dengan rata-rata assist per pertandingan tertinggi. Selain itu, dirinya juga mencatatkan rata-rata 8,4 rebound per pertandingan yang makin memperjelas kemampuan hebatnya.

4. Nikola Jokic, bigman dengan kemampuan mengatur serangan yang sangat baik

5 Pemain yang Sukses Menjadi Playmaker di NBA 2023/2024Nikola Jokic (instagram.com/nuggets)

Nikola Jokic merupakan pemain yang berhasil memimpin Denver Nuggets untuk meraih gelar pada NBA 2022/2023 lalu. Keberhasilan ini tidak lepas dari kemampuannya untuk menjadi seorang playmaker yang sulit dihentikan. Berkat kemampuannya ini, dirinya juga dinobatkan sebagai Final MVP pada musim lalu.

Seakan belum puas dengan pencapaiannya, Jokic kembali menunjukkan kepiawaiannya pada 2023/2024 bersama Nuggets. Dirinya mencatatkan rata-rata 26,1 poin, 12,3 rebound, dan 9,2 assist per pertandingan. Jokic menempati posisi ke-4 sementara dalam daftar pemain NBA dengan rata-rata assist per pertandingan tertinggi. Dirinya juga menjadi satu-satunya bigman yang berada di lima besar dalam daftar ini.

5. Fred VanVleet menunjukkan performa cemerlang bersama Houston Rockets

5 Pemain yang Sukses Menjadi Playmaker di NBA 2023/2024Fred VanVleet (instagram.com/houstonrockets)

Fred VanVleet merupakan pemain yang membela Toronto Raptors pada 2022/2023 lalu. Namun, pada 2023/2024 ini, dirinya bermain untuk Houston Rockets setelah setuju untuk menandatangani kontrak berdurasi 3 tahun pada jeda musim panas 2023. Point guard berusia 29 tahun ini langsung menjadi salah satu pemain terpenting Houston Rockets pada musim ini.

VanVleet menjadi pemain yang memiliki rata-rata durasi bermain terlama bersama Rockets pada musim ini dengan 37,8 menit per pertandingan. Hal ini terjadi karena dirinya merupakan playmaker utama Rockets yang mencatatkan rata-rata 8,6 assist per pertandingan. Dengan catatannya ini, VanVleet melengkapai daftar lima besar sementara pemain NBA dengan rata-rata assist per pertandingan tertinggi.

Kelima pemain NBA di atas berhasil menjalankan tugas sebagai playmaker andalan. Namun, para pemain ini tidak hanya berhasil menjadi pengatur serangan. Kelimanya juga memiliki satu persamaan unik lain, yaitu menjadi pemilik durasi bermain terlama di tiap tim yang mereka bela.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain NBA yang Membela Olimpia Milano pada 2023/2024

Novendi Pamungkas Photo Verified Writer Novendi Pamungkas

Basketball enthusiast. Everything about NBA.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya