Comscore Tracker

Kerjaan Bikin Gak Sempat Olahraga? 5 Gerakan Ini Bikin Tetap Bugar

Olahraga ringan yang bisa dilakukan di sela-sela kesibukan

Aktivitas yang padat kadang membuat kamu kehilangan waktu untuk berolahraga. Apalagi jika kamu pekerja kantoran yang setiap hari berlama-lama di depan meja, tubuh akan mudah pegal dan lelah.

Terlalu lama duduk akan menyebabkan obesitas hingga masalah tulang. Untuk itu, olahraga diperlukan agar tubuh tetap bugar. Beberapa olahraga ringan dapat kamu lakukan di sela-sela kesibukanmu. Apa saja olahraga ringan itu? Berikut olahraga yang mudah kamu lakukan agar badan tetap fit.  

1. Gerakan leher dan bahu

Kerjaan Bikin Gak Sempat Olahraga? 5 Gerakan Ini Bikin Tetap Bugarfatherly.com

Gerakan ini mudah kamu lakukan saat bekerja. Caranya mudah, cukup duduk tegak dan lurus. Gerakan telinga kiri sampai menempel bahu kiri dan tahan selama sepuluh detik. Lakukan hal yang sama pada sebelah kanan. Perhatikan ketegangan otot dan persendian leher, lalu gerakan kepala dan dagu ke bawah searah dada.

Setelah itu miringkan ke kiri dan ke kanan dan putar kepala searah jarum secara bergantian. Selanjutnya angkat kedua bahu ke atas dan tahan beberapa detik. Lakukan gerakan ini secara berulang. Gerakan ini dapat kamu lakukan dua hingga tiga kali. 

2. Memiringkan badan dengan tangan menyangga meja

Kerjaan Bikin Gak Sempat Olahraga? 5 Gerakan Ini Bikin Tetap Bugarstylecraze.com

Dalam melakukan gerakan ini, pastikan meja kerjamu kuat menopang tubuhmu. Kamu cukup berdiri dengan menopangkan tangan ke atas meja. Lalu miringkan badan dan tahan gerakan ini selama beberapa detik. Usahakan agar bahu, punggung, dan lutut tetap lurus dan tidak menekuk. Tarik napas dalam-dalam seperti melakukan gerakan push up di atas meja. Gerakan ini bisa dilakukan selama 10 hingga 15 kali.

Selanjutnya berbalik dan menjauh dari meja dengan meregangkan kaki. Tempatkan tangan di balik badan dengan menyentuh meja. Turunkan pinggul dan tubuh bagian atas ke lantai sampai membentuk sudut 90 derajat. Angkat dan ulangi gerakan ini sebanyak 10 hingga 15 kali. 

Baca Juga: 6 Masalah Kesehatan Ini Disebabkan Olahraga Berlebihan, Waspada!

3. Gerakan menopang tulang belakang

Kerjaan Bikin Gak Sempat Olahraga? 5 Gerakan Ini Bikin Tetap Bugardeccanchronicle.com

Gerakan ini tetap dalam posisi duduk dengan tegak. Lalu letakkan lengan kiri di atas lutut kanan dan lengan kanan ditempatkan di belakang kursi. Saat menarik napas, putar kepala searah tangan kanan. Panjangkan tulang belakang sambil memutar tubuh bagian atas dan mendorong lutut sampai mengungkit. 

Setelah itu, buang napas dengan menghadap ke depan. Tarik napas lagi dan lakukan gerakan yang sama secara bergantian pada lengan kanan yang disimpan di lutut kiri. Ulangi gerakan memutar sampai tubuh merasa nyaman dan rileks. 

4. Torso dan squat tubuh

Kerjaan Bikin Gak Sempat Olahraga? 5 Gerakan Ini Bikin Tetap Bugarplunkettfitness.com

Gerakan ini sangat mudah kamu lakukan saat sibuk. Kamu hanya berdiri dengan kaki meregang, lalu turunkan tangan dipinggul. Setelah itu turunkan bokong sambil meluruskan tangan diatas dada. Tahan gerakan ini selama 20 detik. Posisi ini akan meregangkan otot-otot kaki yang kaku. 

Gerakan tangan yang diluruskan harus ditahan selama beberapa detik. Ini penting agar keseimbangan tubuh dapat melatih otot-otot yang kaku akibat terlalu lama duduk. Lakukan gerakan ini setiap hari di sela-sela kesibukanmu. 

5. Peregangan otot betis

Kerjaan Bikin Gak Sempat Olahraga? 5 Gerakan Ini Bikin Tetap Bugarmedanta.org

Gerakan ini dapat kamu lakukan di belakang kursi kerjamu. Caranya, kamu cukup berdiri lurus dengan melepas alas kaki. Setelah itu, angkat tumit dan tahan selama 3 detik. Turunkan kembali ke posisi semula dan lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali. Gerakan ini melatih ketegangan pada otot betis. 

Setelah itu, angkat kaki dengan mengetukan jari kaki ke lantai dengan ritme yang cepat. Gerakan persis seperti gerakan latihan yang sering dilakukan oleh pemain bola. Lakukan gerakan ini dengan cepat agar otot-otot yang meregang menjadi lebih rileks. 

Olahraga ringan ini mudah kamu lakukan di sela-sela aktivitas yang padat. Jangan malas untuk olahraga agar tubuhmu tetap aktif dan otot-otot tidak kaku. 

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Usai Olahraga, Bikin Sia-sia

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You