4 Pertarungan Besar di ONE Fight Night 13 Weekend Ini

Melibatkan para juara dunia dan bintang muda berbakat.

Pada Sabtu (5/8/2023), ONE Fight Night 13 akan menyajikan 10 laga seni bela diri yang layak dinanti pencinta olahraga tarung.

Dihelat di Lumpinee Boxing Stadium Bangkok, ajang bulanan ONE Championship itu dipuncaki dengan laga Kejuaraan Dunia ONE Featherweight Kickboxing antara Chingiz Allazov dan Marat Grigorian.

Selain itu, tersaji juga laga Kejuaraan Dunia ONE Submission Grappling antara Mikey Musumeci kontra Jarred Brooks.

Sejumlah nama besar hingga pertaruhan posisi juga akan tersaji di ONE Fight Night 13. Dari deretan laga yang ada, kami rangkum empat pertarungan yang bisa mencuri perhatian dan menyajikan aksi seru pada akhir pekan ini.

1. Status kickboxer dan grappler terbaik di dunia

Selain menjadi yang terbaik di divisi masing-masing di ONE Championship, baik Allazov maupun Musumeci dikenal sebagai atlet pound-for-pound terbaik di dunia. Yang berarti, mereka adalah petarung terhebat dalam olahraga masing-masing terlepas dari kelas atau berat badan.

Titel itu tak lepas dari pencapaian keduanya, yang telah mengalahkan para lawan terbaik di disiplin masing-masing.

Allazov meng-KO Superbon Singha Mawynn demi merebut sabuk emas, setelah menjuarai turnamen ONE Featherweight Kickboxing World Grand Prix tahun lalu untuk meraih sabuk perak. Torehan luar biasa itu membuat media serta pengamat menempatkan dirinya sebagai kickboxer terbaik pada era sekarang.

Sedangkan Musumeci, yang dikenal dengan julukan “Darth Rigatoni”, digadang-gadang sebagai atlet BJJ paling berprestasi sepanjang masa. Ia juga tak terhentikan di ONE dengan catatan sempurna 4-0.

Di ONE Fight Night 13, baik Allazov maupun Musumeci akan mendapat tantangan dari lawan yang tak kalah hebatnya, yakni Marat Grigorian dan Jarred Brooks. Status mereka sebagai atlet terbaik akan dipertaruhkan pada Sabtu pagi ini.

2. Awal perjalanan Tawanchai di kickboxing

ONE Fight Night 13 juga menjadi awal bagi Juara Dunia ONE Featherweight Muay Thai, Tawanchai PK Saenchai, saat melakoni debut kickboxing melawan Davit Kiria. Sebuah kemenangan bisa memberi pesan, bahwa Tawanchai adalah ancaman besar.

Kiria pernah beraksi dengan para petarung terbaik dalam kickboxing, dan jika Tawanchai dapat meraih kemenangan, maka ia memang layak berada di deretan teratas. Atlet Thailand ini tengah dalam performa menanjak yang ditandai dengan empat kemenangan beruntun dalam Muay Thai. Bahkan tiga di antaranya lewat finis.

Kemenangan lewat finis atas Kiria bisa menjadi cara sempurna bagi Tawanchai untuk menunjukkan, bahwa dirinya adalah ancaman yang tak bisa dianggap remeh oleh siapapun.

Baca Juga: Atlet Perempuan Berebut Sabuk Juara di ONE Fight Night 14

3. Laga antar raksasa yang lama dinanti

4 Pertarungan Besar di ONE Fight Night 13 Weekend IniMarcus "Bucecha" Almeida dan Oumar Kane (dok. ONE Championship)

Marcus “Buchecha” Almeida dan “Reug Reug” Oumar Kane memang sudah beberapa kali dijadwalkan untuk bertarung, tapi laga mereka tak pernah terjadi. Kini, kedua bintang heavyweight MMA ini akan bertarung dalam laga yang telah dinanti selama dua tahun.

Sebagai pemecah rekor 17 kali Juara Dunia BJJ, “Buchecha” berhasil menjadikan grappling sebagai senjata utama dalam MMA. Terbukti ia telah meraih catatan sempurna 4-0 yang semuanya diraih lewat finis pada ronde pertama.

Saat "Buchecha" berhasil menyeret lawan ke atas kanvas, hampir dipastikan kemenangan sudah di tangan. Yang membedakan, kemampuan gulat Kane ada di level yang sama dan menjatuhkan pria Senegal ini ke atas kanvas bukanlah perkara mudah.

“Reug Reug” yang dikenal sebagai monster gulat Afrika adalah petarung dengan fisik, dan kemampuan luar biasa. Jika bisa menetralisir senjata utama “Buchecha”, ia berpotensi menjadi orang pertama yang memberi kekalahan pada sang lawan.

4. Kembalinya para para talenta muda

Dua dari atlet paling berbakat di ONE juga akan tampil di Bangkok. Grappler dengan bakat setinggi langit Tye Ruotolo akan beraksi melawan Dagi Arslanaliev dalam laga submission grappling. Sementara remaja unggulan dari Filipina, Jhanlo Mark Sangiao, akan berupaya memperpanjang rekor MMA sempurnanya dengan melawan Enkh-Orgil Baatarkhuu.

Setelah bergabung dengan ONE Championship pada Maret tahun lalu, Tye telah menaklukkan sederet nama top seperti mantan penantang sabuk MMA ONE Featherweight Garry Tonon, mantan Juara Dunia MMA ONE Featherweight Marat Gafurov, hingga Juara Dunia MMA ONE Middleweight Reinier de Ridder dalam adu grappling.

Atlet Amerika berusia 20 tahun ini tentu bertekad mencatatkan kemenangan keempat atas Dagi, petarung dengan kemampuan gulat khas ala Eropa timur.

Sementara itu, Jhanlo langsung menggebrak dalam debutnya di ONE dengan mengalahkan jagoan Indonesia, Paul Lumihi. Gebrakannya hingga bisa meraih tiga kemenangan ronde pertama secara beruntun.

Kini, ia akan menghadapi lawan dengan kualitas berbeda. Baatarkhuu mendapat kontrak berlaga di ONE sebagai pemenang Road to ONE Mongolia.

Ia berhasil meraih kemenangan beruntun dalam rangkaian ONE Friday Fights, termasuk salah satunya atas rekan berlatih Jhanlo, Adonis Sevilleno.

5. Laga lengkap ONE Fight Night 13

- Chingiz Allazov vs. Marat Grigorian (Kejuaraan Dunia ONE Featherweight Kickboxing)
- Mikey Musumeci vs. Jarred Brooks (Kejuaraan Dunia ONE Flyweight Submission Grappling)
- Tawanchai PK Saenchai vs. Davit Kiria (Kickboxing – Featherweight)
- John Lineker vs. Kim Jae Woong (MMA – Bantamweight)
- Anna Jaroonsak vs. Lara Fernandez (Kickboxing – Catchweight 53,52 kg)
- Marcus Almeida vs. Oumar Kane (MMA – Heavyweight)
- Elias Mahmoudi vs. Edgar Tabares (Muay Thai – Flyweight)
- Tye Ruotolo vs. Dagi Arslanaliev (Submission Grappling – Catchweight 81,64 kg)
- Rungrawee Sitsongpeenong vs. Nauzet Trujillo (Muay Thai – Lightweight)
- Jhanlo Mark Sangiao vs. Enkh-Orgil Baatarkhuu (MMA – Bantamweight)

Baca Juga: ONE Championship Kembali Gebrak AS pada 2024, Ada 4 Event Seru!

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

The Home Of Martial Arts

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya