5 Alasan Menonton ONE 165 pada 28 Januari 2024

Pembuktian sederet atlet papan atas

Kembali ke Jepang Minggu (28/1/2024) ini, ONE 165 akan menyajikan sejumlah laga eksplosif yang tak boleh dilewatkan. Bertempat di Ariake Arena, Tokyo, ONE Championship membawa sejumlah kartu pertandingan. Ada sedikitnya sebelas laga yang melibatkan superstar global maupun nasional.

Ajang besar ini akan dipuncaki dengan Kejuaraan Dunia monumental antara Superlek Kiatmoo9 dan kickboxer legendaris, Takeru Segawa. Ini ditambah persaingan panas penuh dendam yang ikut meramaikan arena. Belum lagi laga penantang dengan pertaruhan besar serta sebuah aksi peraturan khusus yang unik. Maka, tidak ada alasan untuk tidak menonton ONE 165 pada 28 Januari 2024.

1. Lahirnya kickboxer kelas terbang terbaik

Di laga utama, juara dunia tiga divisi K-1, Takeru Segawa, akan mencetak debut promosional yang sangat ditunggu. Di laga itu, ia langsung melawan salah satu striker pound-for-pound terbaik dunia asal Thailand, Superlek Kiatmoo9. Megabintang Jepang awalnya dijadwalkan menghadapi Rodtang Jitmuangnon. Akan tetapi, lawannya mundur karena cedera.

Juara dunia ONE Flyweight Kickboxing, Superlek, lantas maju demi mempertahankan sabuk emasnya. Ia dan Segawa mewakili yang terbaik dari disiplin kickboxing. Sang pemenang akan mendapatkan kehormatan tak terbantahkan untuk menjadi petarung kelas terbang terbaik pada disiplin ini.

2. Laga ulang submission grappling terbaik 2023

https://www.youtube.com/embed/PO6wZLqeT0k

Laga pendukung utama di ajang ini diprediksi berlangsung meriah. Juara dunia ONE Lightweight Submission Grappling, Kade Ruotolo, akan mempertahankan sabuk emasnya. Ia mesti melawan pemegang sabuk hitam brazilian jiu-jitsu terbaik Eropa, Tommy Langaker, untuk kedua kalinya.

Mereka awalnya beradu pada Juni 2023 dalam sebuah Kejuaraan Dunia. Keduanya tampil penuh aksi tanpa henti. Pertarungan mereka bahkan mendapatkan penghargaan sebagai submission grappling terbaik ONE tahun lalu.

Kade Ruotolo memenangi laga melalui keputusan wasit. Namun, petarung Amerika Serikat itu ingin meraih hasil yang jauh lebih tegas melawan Tommy Langaker.  Di sisi lain, Langaker telah memenangi medali emas Kejuaraan Dunia IBJJF No-Gi yang sangat prestisius setelah aksinya melawan Ruotolo. Atlet Norwegia berbakat itu pun ingin menunjukkan perkembangannya.

Baca Juga: 4 Kemenangan KO Eksplosif di ONE Fight Night 18

3. Laga aturan khusus tinju, muay thai, dan MMA

Untuk pertama kalinya, sebuah laga aturan khusus dengan tiga disiplin seni bela diri akan tampil di ONE Championship. Menampilkan sepasang ikon olahraga tarung, laga ini mungkin akan tercatat dalam buku sejarah. Juara dunia Kickboxing berkali-kali, Nieky Holzken, mesti beradu dengan legenda MMA Jepang yang sangat digemari, Yoshihiro Akiyama dalam tiga ronde aksi hibrida.

Mengenakan sarung tangan MMA 4-ons, ronde pertama digelar di bawah peraturan tinju. Ronde kedua di bawah peraturan muay thai. Sementara, ronde penutup menggunakan peraturan seni bela diri campuran.

4. Konklusi dari rivalitas sejumlah atlet

Drama menjadi menu utama di ONE 165. Beberapa pertarungan penuh dendam akan berlangsung di sana. Pertama, petarung sensasional Amerika, Sage Northcutt, dan mantan juara dunia ONE Lightweight MMA, Shinya Aoki, mesti menyelesaikan perselisihan yang tercipta sejak 2021 lalu.

Walau pertemuan pada 2021 batal, adu mulut di antara keduanya masih berlanjut sebelum mencapai klimaks di ONE 165. Sebagai pihak yang lebih sabar, Sage memilih untuk melakukan pembuktian di dalam arena tarung pekan ini. Ia tidak ingin mengalah sedikit pun.

Kemudian, Martin Nguyen selaku mantan juara dunia ONE dua divisi akan mendapatkan kesempatan untuk menantang penghuni teratas divisi, Garry Tonon. Laga ini berpotensi melahirkan calon penantang sabuk emas featherweight berikutnya. Terakhir, Yuya Wakamatsu dan Marat Grigorian kembali tampil untuk melawan rival masing-masing pada masa lalu. Namun, kali ini keduanya datang dengan determinasi untuk meraih kemenangan dan membalas kekalahan.

5. Pembuktian bintang MMA Jepang

Kembalinya ONE Championship ke Jepang setelah 3 tahun menjadi panggung untuk sejumlah atlet MMA ternama tuan rumah. Atlet fenomenal tak terkalahkan, Keito Yamakita, akan beradu dengan penantang kedua divisi strawweight, Bokang Masunyane. Ia bertarung dalam laga yang dapat melejitkannya langsung ke perebutan gelar juara dunia.

Masih di divisi strawweight, penantang ketiga teratas, Hiroba Minowa, berharap bangkit ke jalur kemenangan. Ia ingin menang atas petarung kuat Kuba sekaligus penantang keempat teratas, Gustavo Balart. Ini menjadi pertarungan Minowa di depan pendukung sendiri atas Balart.

Terakhir, ONE 165 juga akan mendapat tontonan derbi antarpetarung perempuan divisi atomweight MMA. Pertarungan berlangsung lewat laga Ayaka Miura melawan Itsuki Hirata. Siapa pun yang menang akan mendapat apresiasi lebih dari fans tuan rumah.

ONE 165 sendiri dapat disaksikan lewat watch.onefc.com. Tidak ada alasan untuk tidak menontonnya. Apalagi mengingat sederet laga yang akan hadir di atas.

Baca Juga: ONE 165 Dimeriahkan 2 Kejuaraan Dunia dan 9 Laga Eksplosif

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya