4 Laga ONE Fight Night 12 Berpotensi Lahirkan Penantang Sabuk Emas

Laga disrupsi sarat pencetak KO

ONE Fight Night 12 berpotensi melahirkan sejumlah penantang sabuk emas di divisi masing-masing walau tak menghadirkan kejuaraan dunia. Gelaran ONE Championship pada Sabtu pagi pekan ini (15/7/2023) sendiri tinggal menghitung hari. Dihelat langsung dari Lumpinee Boxing Stadium Bangkok, Thailand, gelaran kali ini menghadirkan sembilan laga lintas disiplin secara total.

Pada laga utama, Superlek Kiatmoo9 kembali tampil usai kemenangan besar di ONE Friday Fights 22. Sang juara dunia ONE Flyweight Kickboxing itu tampil di muay thai melawan pencetak KO Rusia, Tagir Khalilov, di divisi flyweight. Selain itu, tak kurang dari empat laga berpotensi melahirkan penantang sabuk emas.

1. Garry Tonon vs Shamil Gasanov

4 Laga ONE Fight Night 12 Berpotensi Lahirkan Penantang Sabuk EmasGarry Tonon dan Shamil Gasanov beradu di ONE Fight Night 12. (dok. ONE Championship)

Laga pendukung utama antara Garry Tonon dan Shamil Gasanov jadi yang pertama. Ia berpotensi melahirkan penantang sabuk emas. Keduanya juga sama-sama merupakan penghuni peringkat featherweight di peringkat 2 dan 5.

Tonon yang pernah kalah dari mantan penguasa divisi Thanh Le ingin kembali mencoba peruntungan merebut sabuk. Ia kini dikuasai Tang Kai. Namun, pendatang baru Gasanov juga ingin mencoba peruntungannya.

Laga ini kian menarik. Keduanya merupakan grappler elite dari Amerika Serikat dan Rusia. Dapat dipastikan kalau laga berjalan alot di atas kanvas atau mungkin di atas kaki.

2. Amir Aliakbari vs Dustin Joynson

4 Laga ONE Fight Night 12 Berpotensi Lahirkan Penantang Sabuk EmasAmir Aliakbari melawan Dustin Joynson di ONE Fight Night 12. (dok. ONE Championship)

Di divisi heavyweight, Anatoly Malykhin mungkin masih berada di atas angin. Namun, Amir Aliakbari tengah mengintai di belakang lewat dua tren kemenangan beruntun atas atlet elite. Mereka adalah Mauro Cerili dan Brandon Vera.

Untuk memastikan hal itu, Aliakbari harus mengamankan kemenangan ketiga atas raksasa Kanada, Dustin Joynson. Tak perlu dijelaskan kalau Joynson ingin menyabotase laju Aliakbari dengan mengalahkannya. Sebuah kemenangan atas atlet sekaliber Aliakbari bisa menegaskan nama Joynson sebagai salah satu nama potensial untuk perebutan sabuk emas divisi.

Baca Juga: 4 KO Eksplosif Meriahkan Aksi Perdana ONE Championship di Amerika 

3. Phetjeeja Lukjaoporongtom vs Lara Fernandez

4 Laga ONE Fight Night 12 Berpotensi Lahirkan Penantang Sabuk EmasPhetjeeja Lukjaoporongtom melawan Lara Fernandez di ONE Fight Night 12. (dok. ONE Championship)

Phetjeeja memang pendatang baru di ONE Super Series, tetapi sang bintang Thailand bisa saja menjadi calon penantang berikutnya untuk penguasa divisi, Allycia Hellen Rodrigues. Pada umurnya yang baru 21 tahun, Phetjeeja telah meraih dua kemenangan KO di ONE Friday Fights. Ia langsung mengamankan kontrak senilai 100 ribu dolar AS atau setara dengan 1,5 miliar rupiah.

Meski begitu, Phetjeeja harus lebih dahulu mengalahkan mantan penantang sabuk emas interim ONE Atomweight Muay Thai asal Spanyol, Lara Fernandez. Fernandez sendiri menginginkan kesempatan kedua untuk merebut sabuk emas. Ini bakal menjadi laga yang sulit bagi keduanya.

4. Constantin Rusu vs Bogdan Shumarov

4 Laga ONE Fight Night 12 Berpotensi Lahirkan Penantang Sabuk EmasConstantin Rusu melawan Bogdan Shumarov di ONE Fight Night 12 (dok. ONE Champioship)

Pada laga pembuka, Constantin Rusu dan Bogdan Shumarov siap beradu kickboxing di divisi lightweight untuk menegaskan namanya masing-masing. Sebuah kemenangan impresif bisa berbuah tiket melawan penguasa divisi, Regian Eersel. Ini jadi laga penting bagi mereka.

Kesempatan itu dilatarbelakangi lewat rekam jejak keduanya yang belum pernah kalah di ONE Super Series. Terlebih, divisi yang didiami Eersel itu memang tak begitu ramai. Kesempatan pun terbuka lebar.

5. Laga lengkap ONE Fight Night 12

ONE Fight Night 12 bisa melahirkan sejumlah penantang sabuk emas. Beberapa di antaranya diprediksi ketat. Berikut laga lengkapnya:

  • Superlek Kiatmoo9 vs Tagir Khalilov (muay thai-flyweight);
  • Garry Tonon vs. Shamil Gasanov (MMA-featherweight);
  • Amir Aliakbari vs. Dustin Joynson (MMA-heavyweight);
  • Yuya Wakamatsu vs. Xie Wei (MMA-bantamweight);
  • Aaron Canarte vs. Akbar Abdullaev (MMA-featherweight);
  • Lara Fernandez vs. Phetjeeja Lukjaoporongtom (muay thai-atomweight);
  • Tammi Musumeci vs. Amanda Alequin (submission grappling-strawweight);
  • Constantin Rusu vs. Bogdan Shumarov (kickboxing-lightweight).

ONE Fight Night 12 berlangsung pada Sabtu ini (15/7/2023). Kurang dari seminggu, para petarung di atas mesti beradu ilmu. Siapa kiranya yang akan benar-benar menang di atas kanvas?

Baca Juga: 5 Reaksi Haru Atlet ONE Championship saat Dapat Bonus Nyaris Semiliar

ONE Championship Photo Verified Writer ONE Championship

The Home Of Martial Arts

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya