3 Fakta Menarik Formula 1 GP China 2024

Lando Norris kembali naik podium 

Usai absen selama 4 musim, Formula 1 GP China 2024 sukses digelar, Minggu (21/4/2024). Ini merupakan balapan seri ke-5 di gelaran Formula 1 2024. Pembalap andalan Red Bull, Max Verstappen, berhasil merajai balapan yang digelar di Sirkuit Shanghai tersebut. Sementara itu, rekan setimnya, Sergio Perez, berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke-3. 

“Rasanya luar biasa. Sepanjang akhir pekan kami sangat cepat dan mobil sangat nyaman untuk dikendarai. Mobil itu seperti berada di atas rel dan aku dapat melakukan apa pun yang aku mau dengan mobilku. Akhir pekan seperti itu sungguh luar biasa untuk dirasakan," ungkap Max Verstappen selepas balapan seperti dilansir Formula 1.

Selain duo Red Bull yang mampu kembali merajai balapan, ada beberapa fakta menarik lainnya di seri Formula 1 GP China 2024 yang mungkin kamu lewatkan. Apa saja itu? Mari simak faktanya melalui ulasan di bawah ini!

1. Lando Norris kembali meraih podium

3 Fakta Menarik Formula 1 GP China 2024Lando Norris (formula1.com)

Pembalap McLaren, Lando Norris, berhasil meraih hasil positif di gelaran Formula 1 GP China 2024. Norris mampu meraih podium usai menyelesaikan balapan di posisi ke-2. Raihan tersebut menjadi raihan podium ke-2 Norris sejauh ini.  

“Aku terkejut dan aku sangat senang. Aku senang karena seluruh tim pantas mendapatkannya. (Kami) melakukan pitstop yang bagus hari ini. Itu berhasil. Aku tidak tahu mengapa. Aku benar-benar tidak menyangka balapan ini akan menjadi seperti yang kami jalani hari ini. 

Namun, aku merasa nyaman bisa mengatur ban dengan baik. Itu merupakan tugas yang jauh lebih mudah daripada yang aku lakukan kemarin. Aku bisa terus berjuang. Mobil juga terasa hebat dan nyaman. Ini hari yang baik, poin yang baik, dan podium lagi. Aku sangat bahagia," kata Norris selepas balapan dilansir Racing News 365.

Sebelumnya, Lando Norris juga berhasil meraih podium di gelaran GP Australia yang dihelat pada 24 Maret 2024 lalu. Kala itu, pembalap berpaspor Inggris tersebut mampu meraih podium usai finis di posisi ke-3. Itu menjadi raihan podium pertama Norris di gelaran Formula 1 musim ini.

Baca Juga: Nostalgia 11 Podium Formula 1 GP China sebelum 2024

2. Guanyu Zhou gagal meraih poin di kandang sendiri

3 Fakta Menarik Formula 1 GP China 2024Guanyu Zhou (formula1.com)

Formula 1 GP China 2024 merupakan ajang bagi Guanyu Zhou unjuk gigi. Pasalnya, ini merupakan kali pertama bagi pembalap Kick Sauber tersebut membalap di depan publik sendiri. Ia telah menunggu cukup lama untuk balapan di Sirkuit Shanghai, China, sejak berlaga di Formula 1 pada 2022 lalu.

Sayangnya, nasib Zhou kurang begitu baik saat dirinya menjalani balapan di GP China. Pasalnya, ia gagal finis di zona poin. Pembalap yang kini berusia 24 tahun itu hanya mampu menyelesaikan balapan di posisi ke-14. Sementara itu, rekan setimnya, Valtteri Bottas, malah gagal menyelesaikan balapan lantaran mobil yang ia kendarai mengalami masalah mesin pada lap ke-19. Meski gagal meraih hasil positif di GP China, Zhou tetap merasa bahagia. Sebab, balapan di Sirkuit Shanghai sebagai pembalap Formula 1 merupakan impian Zhou sejak ia masih kecil.

3. Daniel Ricciardo kembali gagal menyelesaikan balapan

Pembalap Visa Cash App Red Bull, Daniel Ricciardo, mengalami nasib buruk di gelaran Formula 1 GP China 2024. Pembalap kelahiran Australia itu gagal finis (DNF) usai terlibat insiden tabrakan dengan pembalap Aston Martin, Lance Stroll, pada lap ke-32. Itu merupakan DNF ke-2 Ricciardo sejauh Formula 1 2024 berlangsung.

Sebelumnya, Ricciardo juga sempat gagal finis di GP Jepang yang dihelat pada 7 April 2024 lalu. Kala itu, Ricciardo mengalami insiden tabrakan dengan pembalap Williams, Alexander Albon, ketika balapan baru memasuki lap pertama. Imbasnya, ia pun harus menyelesaikan balapan lebih awal lantaran mobil yang ia kendarai mengalami kerusakan.

Balapan Formula 1 seri ke-6 akan digelar di Sirkuit Miami, Amerika Serikat. Seri main race bakal berlangsung pada, Senin (6/5/2024) mendatang. Momen ini sekaligus menjadi tahun ke-2 Sirkuit Miami menjadi tuan rumah Formula 1. Siapa yang mampu menandingi Max Verstappen pada seri balapan berikutnya?

Baca Juga: 6 Tim Formula 1 yang Meraih 100 Pole Position, Red Bull Masuk Daftar

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa Hubungan Internasional yang senang menulis seputar politik dan olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya