Eddie Jordan Tepis Kabar Adrian Newey Merapat ke Ferrari

Adrian Newey belum menentukan pilihan

Belakangan, beredar kabar Adrian Newey akan bergabung bersama Ferrari usai hengkang dari Red Bull. Newey juga sempat dikabarkan telah menjalin diskusi intens bersama mereka. Diskusi itu bertujuan untuk membicarakan peluangnya bergabung bersama Ferrari.

Namun, kabar tersebut kini telah ditepis manajer Newey, Eddie Jordan. Ia menegaskan, untuk saat ini, Newey belum memutuskan untuk bergabung dengan tim mana pun. Bahkan, Jordan juga mengatakan, kliennya tidak pernah menjalin diskusi bersama Ferrari mengenai peluangnya untuk bergabung.

“Sangat salah jika terlalu terang-terangan mengatakan bahwa (Adrian Newey) akan bergabung dengan tim tertentu. Aku berbicara sebagai seseorang yang seharusnya tahu dan aku tidak memberikan informasi apa pun. Sebab, diskusi semacam ini tidak pernah terjadi. Akan ada pembicaraan yang berkelanjutan. Sebab, kami belum memutuskan sendiri apa yang ingin dilakukan Adrian,” kata Jordan dilansir Crash.

1. Adrian Newey tidak berniat untuk pensiun dari Formula 1

Eddie Jordan Tepis Kabar Adrian Newey Merapat ke FerrariAdrian Newey (formula1.com)

Meski belum menentukan tim baru untuk bernaung, Adrian Newey mengaku belum berniat pensiun dari Formula 1. Ia masih ingin menggunakan bakatnya sebagai desainer mobil Formula 1 selama 4 atau 5 tahun lagi. Bahkan, pria berusia 65 tahun tersebut juga sangat antusias menyambut regulasi baru Formula 1 2026 mendatang.

Sebagai informasi, salah satu poin yang ada di regulasi Formula 1 2026 adalah pengurangan biaya yang signifikan untuk pembuatan mobil. Ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri bagi Newey saat dirinya sudah mendapatkan tim baru untuk bernaung. Sebab, ia diharuskan untuk membuat mobil Formula 1 yang kompetitif dengan dana yang terbatas.

Poin lainnya yang ada di regulasi Formula 1 2026 mendatang adalah pembuatan mobil yang lebih ramah lingkungan. Ini tentu menjadi kesempatan baik bagi Newey untuk menunjukkan kemampuannya dalam mengembangkan mobil yang ramah lingkungan dan rendah emisi karbon. Sebab, dirinya bersama Red Bull juga sedang membangun hypercar bertenaga hybrid (ditenagai bensin dan listrik) bernama RB17.

Baca Juga: Adrian Newey Resmi Tinggalkan Red Bull pada Kuartal Pertama 2025

2. Adrian Newey ingin menikmati perjalanannya di dunia motorsport

Eddie Jordan Tepis Kabar Adrian Newey Merapat ke FerrariAdrian Newey (formula1.com)

Keinginan Adrian Newey untuk tidak segera pensiun dari Formula 1 bukan tanpa sebab. Ia ingin menikmati kariernya di dunia motorsport hingga akhir hayat. Sebab, berkarier di dunia motorsport, terutama di Formula 1, sudah menjadi impian Newey sejak kecil.

“Sejujurnya, aku ingin berkarier di dunia motorsport sebagai desainer sejak aku berusia 8 atau 10 tahun. Aku cukup beruntung bisa memenuhi ambisi itu (berkarier di dunia motorsport). Aku mendapatkan pekerjaan pertama dan berkarier di dunia motorsport sejak saat itu,” kata Newey dilansir Formula 1.

3. Frederic Vasseur enggan memberi komentar soal kabar Adrian Newey merapat ke Ferrari

Eddie Jordan Tepis Kabar Adrian Newey Merapat ke FerrariFrederic Vasseur (formula1.com)

Bos Ferrari, Frederic Vasseur, enggan memberikan komentar soal kabar Adrian Newey akan bergabung ke timnya. Saat ini, ia hanya ingin fokus membenahi performa Ferrari di Formula 1 2024. Sebab, performa Tim Kuda Jingkrak di Formula 1 musim ini kurang konsisten.

“Adrian (Newey), dia punya rekor yang besar. Dia insinyur paling sukses di paddock (Formula 1). Aku tidak tahu tentang statistik. Namun, menurutku mungkin seperti ini. Aku tidak punya komentar mengenai hal ini," kata Vasseur dilansir Motorsport.

Kabar Adrian Newey akan bergabung bersama Ferrari kini sudah dipatahkan. Sebab, saat ini, Newey belum memutuskan untuk pindah ke tim mana pun. Lantas, tim Formula 1 mana yang akan dibela Newey usai hengkang dari Red Bull? Menarik ditunggu seperti apa kelanjutannya. 

Baca Juga: Christian Horner Mengaku Tak Punya Masalah dengan Adrian Newey

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa Hubungan Internasional yang senang menulis seputar politik dan olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya