3 Fakta Menarik Formula 1 GP Jepang 2024, Max Verstappen Juara Lagi!  

Ada tiga pembalap yang gagal finis

Formula 1 GP Jepang 2024 sukses digelar. Ini merupakan balapan seri ke-4 Formula 1 musim ini. Pada balapan tersebut, duo Red Bull, Max Verstappen dan Sergio Perez, sukses finis di posisi ke-1 dan ke-2 pada balapan yang digelar, Minggu (7/4/2024).

Selepas balapan, Max Verstappen mengungkapkan kegembiraannya. Ia mengaku senang bisa melewati fase krusial saat awal balapan untuk tetap menjaga posisi terdepan. 

“Ini sangat bagus. Bagian kritisnya adalah awal untuk tetap berada di depan. Setelah itu, mobil menjadi lebih baik dan lebih baik bagiku di sepanjang balapan. Aku tidak tahu apakah itu ada hubungannya dengan awan yang datang. Semuanya berjalan dengan baik. Pit stop dan strategi. Tidak ada yang lebih baik lagi,” ujar Max Verstappen dilansir Crash.

Selain duo Red Bull yang berhasil finis di posisi ke-1 dan ke-2, ada beberapa fakta menarik lainnya dari balapan yang digelar di Sirkuit Suzuka tersebut. Simak artikel ini jika kamu terlewat momen seru main race Formula 1 GP Jepang 2024, yuk! 

1. Yuki Tsunoda sukses mencuri poin di kandang sendiri

Yuki Tsunoda sukses meraih hasil positif di gelaran Formula 1 GP Jepang 2024. Pembalap Visa Cash App Red Bull itu berhasil mencuri satu poin usai finis di posisi ke-10. Raihan poin tersebut membuat Tsunoda kini berada di peringkat ke-11 di klasemen sementara Formula 1 2024 dengan total tujuh poin.

Lebih lanjut, raihan poin di GP Jepang juga menjadi raihan poin ke-2 bagi Tsunoda di Formula 1 2024. Sebab, pada balapan sebelumnya, ia juga berhasil meraup poin. Tsunoda berhasil meraup enam poin usai finis di posisi ke-7 di GP Australia yang digelar minggu lalu. 

“Tim kami melakukan pekerjaan yang luar biasa. Mekaniknya sangat cepat dan kami menyalip dua mobil. Ini gila. Jadi, tanpa mereka, mungkin akan jauh lebih sulit untuk mencetak poin hari ini. Terima kasih sebesar-besarnya kepada tim dan tentu saja akhirnya bisa mencetak gol di depan fans Jepang. Aku merasa sangat bahagia,” kata Tsunoda seusai balapan dilansir Formula 1.

Baca Juga: 5 Pembalap Formula 1 dengan Podium Terbanyak Tanpa Kemenangan

2. Carlos Sainz sukses meraih podium ke-3 di Formula 1 2024

3 Fakta Menarik Formula 1 GP Jepang 2024, Max Verstappen Juara Lagi!  Carlos Sainz (formula1.com)

Pembalap Ferrari, Carlos Sainz, juga sukses meraih hasil positif di Formula 1 GP Jepang 2024. Pembalap berpaspor Spanyol itu mendapatkan podium ke-3 di Sirkuit Suzuka. Sementara itu, rekan setimnya, Charles Leclerc, gagal meraih podium lantaran hanya mampu finis di posisi ke-4.

Raihan podium di GP Jepang merupakan raihan podium ke-3 bagi Sainz di Formula 1 2024. Pada balapan sebelumnya, tepatnya di GP Bahrain yang digelar awal Maret 2024 lalu, Sainz juga sukses meraih podium ke-3. Terakhir, Sainz sukses meraih podium tertinggi di GP Australia yang digelar pada minggu lalu. Pencapaian tersebut membuat Sainz kini berada di peringkat ke-4 di klasemen sementara Formula 1 musim ini dengan total 55 poin.

“Aku menjalani balapan dengan baik. Aku tahu podium mungkin terjadi jika aku melakukan balapan dengan sempurna. Kadang-kadang, itu terlihat agak rumit. Aku tidak mengerti persis apa yang terjadi dengan satu pit stop dan dua pit stop.

Tiba-tiba, aku berpikir bahwa dua pit stop akan jauh lebih buruk. Namun,  ketika aku melakukan kerja keras, pada akhirnya aku menjadi sangat cepat. Terbang ke sana (Jepang) dan aku bisa menyelesaikan balapan untuk mendapatkan podium yang benar-benar aku dambakan,” kata Sainz dilansir Crash.

3. Ada tiga pembalap yang gagal menyelesaikan balapan di GP Jepang

3 Fakta Menarik Formula 1 GP Jepang 2024, Max Verstappen Juara Lagi!  Alexander Albon dan Daniel Ricciardo terlibat insiden tabrakan pada lap pertama Formula 1 GP Jepang 2024 yang digelar pada Minggu (7/4/2024). (formula1.com)

Sama seperti GP Australia, Formula 1 GP Jepang 2024 juga diwarnai pembalap yang gagal menyelesaikan balapan. Mereka adalah Alexander Albon (Williams), Daniel Ricciardo (Visa Cash App Red Bull), dan Guanyu Zhou (Stake F1 Team). Ketiga pembalap tersebut gagal finis lantaran berbagai alasan.

Albon dan Ricciardo gagal finis setelah keduanya terlibat insiden tabrakan pada lap pertama. Insiden tersebut membuat balapan harus terhenti beberapa saat karena red flag berkibar. Di sisi lain, Zhou gagal finis lantaran mobil yang ia kendarai mengalami masalah gearbox.

Seri balapan Formula 1 2024 selanjutnya akan digelar di Sirkuit Shanghai, China, pada Sabtu (21/4/2024) mendatang. Balapan tersebut menjadi balapan yang ditunggu-tunggu oleh para pencinta Formula 1. Sebab, ini merupakan kali pertama China kembali berpartisipasi di ajang Formula 1 usai absen selama 4 tahun.

Baca Juga: 9 Foto Podium Formula 1 GP Jepang Terakhir sebelum 2024

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa Hubungan Internasional yang senang menulis seputar politik dan olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya