Nasib Buruk Duo Mercedes di Formula 1 GP Australia 2024 

Gagal menyelesaikan balapan

Formula 1 GP Australia 2024 usai digelar. Duo Ferrari, Carlos Sainz dan Charles Leclerc, berhasil merajai balapan yang digelar di Sirkuit Albert Park tersebut. Sainz berhasil mengakhiri balapan di posisi ke-1, sedangkan Leclerc di posisi ke-2. Sementara itu, pembalap McLaren, Lando Norris, berhasil mengakhiri balapan di posisi ke-3 pada Minggu (24/3/2024).

Di tengah euforia duo Ferrari yang berhasil merajai balapan, nasib buruk justru menimpa duo Mercedes, Lewis Hamilton dan George Russell. Pasalnya, kedua pembalap asal Inggris itu sama-sama gagal menamatkan balapan. Ini tentu menjadi catatan buruk bagi Mercedes pada awal musim Formula 1 2024.

1. Lewis Hamilton mengalami kerusakan mesin pada lap ke-17

Malapetaka yang menimpa duo Mercedes di Formula 1 GP Australia 2024 datang lebih dahulu kepada Lewis Hamilton. Pada lap ke-17, pembalap bergelar juara dunia tujuh kali itu terpaksa menghentikan mobilnya di pinggir sirkuit. Itu terjadi lantaran mesin mobil W15 yang ia kendarai mengalami kerusakan.

Menanggapi hal tersebut, Hamilton pun berkomentar. Ia mengatakan, insiden tersebut membuatnya merasa amat kecewa. “Ini adalah permulaan yang paling buruk bagiku di Formula 1 2024. Menurutku, ini lebih buruk dari apa yang terjadi pada 2009,” ujar Hamilton saat diwawancara selepas balapan, seperti dilansir Planet F1.

Meski kecewa dengan hasil buruk yang diraih di GP Australia 2024, Hamilton tetap bersikap profesional. Ia mengaku tidak mau menjadikan hal tersebut sebagai masalah yang berlarut-larut. Selain itu, Hamilton juga berterima kasih kepada timnya yang sudah bekerja keras di gelaran Formula 1 GP Australia musim ini.

“Aku sangat berterima kasih (kepada Mercedes). Aku sangat menikmati waktuku di Australia. Aku masih menikmati bekerja dengan tim. Tentu saja, aku ingin berjuang demi kemenangan dan menyelesaikan balapan,” tambah Hamilton.

Baca Juga: Nico Rosberg dan Sebastian Vettel Tak Memperkuat Mercedes di F1 2025

2. George Russell menabrak dinding pembatas trek pada lap ke-58

Nasib Buruk Duo Mercedes di Formula 1 GP Australia 2024 mobil Formula 1 W15 Mercedes (formula1.com)

Nasib buruk juga menimpa rekan setim Lewis Hamilton, George Russell. Sama dengan Hamilton, juara dunia Formula 2 2018 itu gagal menamatkan balapan. Hal itu terjadi lantaran mobil yang Russell kendarai menabrak dinding pembatas trek saat balapan menyentuh lap terakhir, yakni lap ke-58.

Saat itu, Russell sedang memacu kuat mobilnya untuk mengejar pembalap Aston Martin, Fernando Alonso, yang berada di posisi ke-6. Namun, saat memasuki tikungan ke-6 Sirkuit Albert Park, mobil yang ia kendarai tiba-tiba melintir ke luar jalur. Imbasnya, mobil W15 yang dikendarai Russell rusak parah sehingga dirinya gagal menyelesaikan balapan. Beruntungnya, Russell dikonfirmasi dalam keadaan baik. Tidak ada cedera parah yang menimpa sang pembalap usai insiden tersebut.

3. Max Verstappen juga gagal menyelesaikan balapan

Nasib Buruk Duo Mercedes di Formula 1 GP Australia 2024 Max Verstappen (tengah) (formula1.com)

Selain duo Mercedes, nasib buruk menimpa sang juara bertahan, Max Verstappen. Pembalap andalan Red Bull itu harus rela keluar balapan lebih awal usai mobil yang ia kendarai mogok pada lap ke-5. Saat itu, mobil yang diberi nama RB20 tersebut tiba-tiba mengeluarkan asap yang membuat kecepatannya menurun drastis. Imbasnya, Verstappen pun harus menuju ke pit stop dan gagal melanjutkan balapan.

“Ya, ini tidak adil. Sebab, tentu saja kamu selalu ingin menyelesaikan balapan. Namun, ini adalah olahraga yang melibatkan mesin. Sayangnya, hal seperti ini (gagal menyelesaikan balapan) harus terjadi kepadaku. Namun, yang terpenting saat ini adalah bagaimana kita mengerti apa yang sedang terjadi,” ungkap Verstappen dilansir Formula 1.

Menanggapi hal tersebut, bos Red Bull, Christian Horner, memberikan komentarnya. Ia mengatakan, masalah rem pada mobil RB20 yang dikendarai Verstappen menjadi penyebab utama sang pembalap gagal menamatkan balapan. Bahkan, Horner mengonfirmasi masalah tersebut sudah terjadi sejak awal balapan.

“Ini masalah rem. Sepertinya, masalah ini sudah terjadi sejak awal balapan. Itulah sebabnya Max (Verstappen) menggambarkannya, seperti rem tangan. Itu menyebabkan dia mengalami beberapa momen ketika panas makin meningkat dan akibatnya adalah kebakaran. Kami sudah mendapatkan semua bagiannya kembali sekarang dan kami akan mengatasi kerusakannya. Kami juga akan memahami dengan tepat apa penyebabnya,” ungkap Horner dilansir Crash.

Lewis Hamilton dan George Russel sama sekali tidak mendulang poin di Formula 1 GP Australia 2024 lantaran gagal menamatkan balapan. Imbasnya, Hamilton kini berada di peringkat ke-8 di klasemen pembalap dengan raihan delapan poin. Sementara itu, Russel berada di peringkat ke-4 dengan raihan 18 poin. Adapun pembalap Red Bull, Max Verstappen, masih kokoh di puncak klasemen dengan raihan 51 poin meski tidak finis di Australia.

Baca Juga: Memori Lewis Hamilton Jelang F1 GP Australia Terakhir di Mercedes

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Verified Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa Hubungan Internasional yang senang menulis seputar politik dan olahraga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya