7 Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya, Cyclist Wajib Tahu!

Jangan asal, ya!

Jika kamu suka bersepeda, ada cara bersepeda yang baik di jalan raya supaya tidak membahayakan kamu dan orang sekitarnya. Pasalnya untuk kota-kota besar bersepeda ini sudah banyak dijadikan sebagai aktivitas rutin. Tapi mungkin sebagian orang yang bersepeda masih belum mengetahui hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan diri saat bersepeda.

So, kali ini IDN Times merangkum informasi penting untuk para cyclist. Ini dia cara bersepeda yang baik di jalan raya. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Baca Juga: Ketika Bersepeda Justru Bikin Badan Pegal, Coba Cek 3 Bagian Ini

1. Cek kondisi sepeda

7 Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya, Cyclist Wajib Tahu!Ilustrasi sepeda telah di cek (Pexels.com/Philipp M)

Cara bersepeda yang baik di jalan raya pertama adalah kamu perlu cek terlebih dahulu kondisi sepedamu. Pengecekan ini menjadi hal paling penting untuk mengetahui apakah elemen sepedamu prima dan aman untuk riding.  Selain itu, kamu bisa mengatur ulang posisi ketinggian sepedamu atau lainnya untuk memberi rasa nyaman ketika digunakan.

Hal lain yang lebih penting, kamu juga bisa mengganti sadel sepedamu apabila dirasa kurang empuk atau bahkan tidak empuk. Hal tersebut perlu diganti dengan sadel yang lebih empuk, supaya saat kamu bersepeda terasa lebih nyaman. 

2. Gunakan Apparel bersepeda

7 Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya, Cyclist Wajib Tahu!Ilsutrasi mengenakan apparel (Unsplash/David Dvořáček)

Menggunakan apparel saat bersepeda menjadi hal penting dan seharusnya kamu turut perhatikan juga. Misal saja, kamu memilih pakaian yang mudah menyerap keringat dan memiliki warna terang. Hal tersebut bisa membuatmu terlihat oleh pengendara lain saat di jalan raya, sehingga risiko ditabrak atau tertabrak jauh lebih rendah. 

Selain pakaian, kamu juga perlu perhatikan menggunakan helm untuk melindungi kepala. Bukan berita baru kalau 60% penyebab kasus kematian bersepada salah satunya tidak memakai helm. So, jangan anggap remeh pelindung satu ini, ya.

3. Pastikan indera pendengaran optimal

7 Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya, Cyclist Wajib Tahu!Ilustrasi mendengarkan musik saat bersepeda (Pexels.com/Immortal Snapshots)

Seringkali melihat orang bersepeda mendengarkan musik, ya? Sebenarnya boleh saja karena hal tersebut bisa membuat mood dan kenyamanan bersepeda meningkat. Akan tetapi, jika dilihat dari keselamatannya, ini tidak disarankan, lho. Tentu saja bisa berisiko membahayakan pendengaranmu saat bersepeda. 

Jika sudah mengganggu pendengaranmu, kemungkinan saat kamu bersepeda terdapat pengendara lainnya membunyikan klakson atau sirine, kamu tidak mendengarnya. Padahal bisa saja, suara tersebut untuk memberi perhatian padamu. So, kamu bisa hindari mendengarkan musik dengan volume besar supaya bisa fokus mendengar sekitar. 

Baca Juga: 5 Spot Olahraga Sore di Makassar buat Jogging atau Bersepeda

4. Gunakan lajur pinggir jalan

7 Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya, Cyclist Wajib Tahu!ilustrasi bersepeda di Australia (unsplash.com/Mike Stevens)

Sebagai cyclist, kamu perlu perhatikan ini saat bersepeda di kota-kota besar. Biasanya dianjurkan untuk menggunakan lajur pinggir jalan demi keamanan dan kenyamanan bersama. Tidak perlu berada di tengah kendaraan lainnya, berada di lajur pinggir bisa membuatmu bersepeda lebih pelan dan aman. Tentu saja jika kamu main kebut-kebutan dan menyelip banyak kendaraan lain, itu bisa berisiko kecelakaan.

Selain itu, jika kamu mengikuti bersepeda dengan komunitas, pastikan untuk tidak mengganggu kenyamanan pengendara lain. Tetap saling melindungi dan tidak melebar ke tengah jalan yang jelas mengganggu pengendara lain. 

5. Taati peraturan lalu lintas

7 Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya, Cyclist Wajib Tahu!Ilustrasi bersepeda (pexels.com/David Iglesias)

Meskipun umumnya lalu lintas untuk ditaati para pengendara mobil dan motor. Namun, peran kamu sebagai pengguna jalan raya juga perlu mematuhi peraturan lalu lintas supaya menjaga ketertiban dan risiko kecelakaan maupun kemacetan. 

Misal saja, kamu tetap mematuhi lampu lalu lintas seperti lamu merah, kuning dan hijau di jalan raya. Selain itu, ketika tempat saat hendak melewati rel kereta api, tetaplah tertib untuk menunggu palang terbuka. 

6. Menjaga jarak dan gunakan isyarat dalam bersepeda

7 Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya, Cyclist Wajib Tahu!ilustrasi bersepeda (pixabay.com/bedrck)

Saat kamu bersepeda dengan kecepatan tinggi, pastikan kamu juga bisa menjaga jarak dengan pengendara motor, mobil maupun sesama cyclist. Hal tersebut menghindari kejadian rem tiba-tiba dan meminimalisir jatuh maupun menabrak. 

Apabila dibutuhkan, kamu juga bisa menggunakan isyarat ketika bersepeda kepada pengendara lainnya. Biasanya isyarat ini dengan tangan atau bel sepeda. Misal saja kamu hendak berbelok, kamu bisa lambaikan tangan kanan atau kiri pelan-pelan dan kurangi kecepatan. 

7. Tingkatkan skill sepedamu

7 Cara Bersepeda yang Baik di Jalan Raya, Cyclist Wajib Tahu!Ilustrasi bersepeda (pexels.com/pixabay)

Cara bersepeda yang baik di jalan raya salah satunya lihai dalam bersepeda. Seperti mampu menikung maupun mengatur kecepatan bersepeda ataupun membuat lompatan kelinci ketika menemukan puing-puing saat bersepeda. Jika dirasa kamu belum lihai, maka ada baiknya kamu tingkatkan skill tersebut dengan berlatih. 

Nah, itulah 7 cara bersepeda yang baik di jalan raya supaya kamu bisa lebih waspada dan terhindar dari kecelakaan. 

 

Penulis: Ayu Mujiyanti

Baca Juga: 5 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan Jangka Panjang, Baik untuk Jantung

Topik:

  • Jumawan Syahrudin
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya