11 Klub Sepak Bola yang Berhasil Juara Liga Champions Tanpa Kekalahan

Terbaru Manchester City!

Pertandingan seru sepak bola dunia pada berbagai kompetisi Liga Champions tentu tidak terlepas dari total kemenangan dan peraihan prestasi dari para pemainnya juga. Baru-baru ini Manchester City si seragam biru itu menjadi klub dengan rekor kemenangan yang luar biasa dan menyabet gelar juara Liga Champions tanpa kekalahan.

The Citizens bukan satu-satunya klub yang berhasil menjuarai Liga Champions tanpa tersentuh kekalahan. Bahkan, ada beberapa klub yang melakukannya lebih dari sekali. Inilah 11 klub yang sukses menjuarai Liga Champions tanpa kalah.

Baca Juga: 12 Pemain Sepak Bola yang Juara Liga Champions dan Piala Dunia

1. Inter Milan

11 Klub Sepak Bola yang Berhasil Juara Liga Champions Tanpa Kekalahanuefa.com

Klub pertama yang sukses menjadi juara Liga Champions adalah Inter Milan dengan mengoleksi tiga trofi Liga Champions. Nerazzurri menjadi juara tanpa terkalahkan pada musim kompetisi 1963-1964.

Inter Milan berhasil mengalahkan Real Madrid dengan skor 3-1 pada laga final di Wina, Austria. Mereka meraih kemenangan melalui dua gol dari Sandro Mazzola dan satu gol dari Aurelio Milani.

Nerazzurri ketika itu dilatih oleh pelatih legendaris Helenio Herrera. Dalam perjalanannya menjadi juara, Inter Milan meraih tujuh kemenangan dan dua imbang.

2. Ajax Amsterdam

11 Klub Sepak Bola yang Berhasil Juara Liga Champions Tanpa Kekalahanuefa.com/Getty Images

Ajax Amsterdam berhasil menjuarai Liga Champions tanpa kekalahan sebanyak dua kali pada musim 1971-1972 dan 1994-1995. Ajax mengangkat trofi Liga Champions 1971-1972 usai mengalahkan Inter Milan 2-0. Klub asal Belanda itu sukses menjadi juara dengan torehan tujuh kemenangan dan dua imbang.

Kemudian pada musim 1994-1995, Ajax kembali meraih juara di Liga Champions setelah mengalahkan juara bertahan, AC Milan. Mereka menorehkan tujuh kemenangan dan empat kali imbang untuk menjadi juara.

3. Nottingham Forest

11 Klub Sepak Bola yang Berhasil Juara Liga Champions Tanpa KekalahanNottingham Forest (uefa.com)

Klub yang berdiri pada 1865 ini ternyata sudah dua kali menjuarai kompetisi Liga Champions. Nottingham Forest menjadi juara Liga Champions setelah mengalahkan Malmo dengan skor 1-0 di laga final musim 1978-1979. Mereka meraih kemenangan lewat gol dari Trevor Francis.

Dalam perjalanannya menjadi juara, tim asuhan Brian Clough tersebut sukses mencatatkan enam kemenangan dan tiga imbang.

Baca Juga: Jadwal Pramusim Liverpool Tahun 2023/2024

4. Liverpool

11 Klub Sepak Bola yang Berhasil Juara Liga Champions Tanpa KekalahanLiverpool menjadi juara Liga Champions 2019. (twitter/LFC)

Liverpool menjadi klub asal Inggris dengan perolehan gelar Liga Champions terbanyak yakni enam kali. The Reds menjadi juara setelah menang enam kali dan imbang tiga kali saat menjuarai Liga Champions untuk musim 1980-1981.

Liverpool kemudian kembali melakukannya lagi pada musim 1983-1984. Mereka mengalahkan AS Roma di final dan mencatatkan tujuh kemenangan serta dua kali imbang sepanjang kompetisi.

5. AC Milan

11 Klub Sepak Bola yang Berhasil Juara Liga Champions Tanpa KekalahanAC Milan menjuarai Liga Champions 2002/2003 setelah mengalahkan Juventus. (uefa.com)

AC Milan juga pernah berjaya di Liga Champions dengan koleksi tujuh trofi. Pada musim kompetisi 1988-1989, AC Milan meraih juara Liga Champions ketiganya tanpa kekalahan dengan catatan lima kemenangan dan empat imbang. Mereka berhasil mengalahkan Steaua Bucharest dengan skor 4-0 pada laga final.

Selanjutnya, AC Milan sukses merajai Eropa pada musim 1993-1994 setelah mengalahkan Barcelona 4-0 pada laga final di Yunani. Dalam perjalanannya menuju juara, Rossoneri mencatatkan tujuh kemenangan dan lima imbang.

6. Red Star Belgrade

11 Klub Sepak Bola yang Berhasil Juara Liga Champions Tanpa KekalahanRed Star Belgrade usai menjuarai Liga Champions 1991. (crvenazvezdafk.com)

Klub Serbia ini yang saat ini berubah nama menjadi Crvena Zvezda berhasil mengalahkan Marseille lewat adu pinalti. Selain dari perubahan namanya, klub ini juga tersorot karena pernah menjadi juara di Liga Champions di tahun 1990-1991.

Bahkan pada tahun tersebut, menjadi musim tanpa kekalahan dari Red Star. Sinisa Mihaljlovic dan kolega berhasil meraih lima kemenangan dan empat imbang untuk menjuarai Liga Champions di musim tersebut. 

7. Marseille

11 Klub Sepak Bola yang Berhasil Juara Liga Champions Tanpa KekalahanOlympique Marseille (uefa.com)

Marseille berhasil juara di Liga Champions dan menjadi klub Prancis satu-satunya yang mengangkat Sikuping Besar pada tahun 1992-1993. Tak hanya itu, klub ini juga berhasil juara Eropa setelah berhasil menundukkan AC Milan melalui gol kemenangan yang dicetak oleh Basile Boli pada menit ke 43.

Dalam perjalanannya menjuarai berbagai kompetisi ini, Marseille mencatatkan tujuh kali kemenangan dan empat kali imbang. Marseille hingga saat ini masih menjadi klub Prancis satu-satunya yang sukses menjuarai Liga Champions tanpa kekalahan.

Baca Juga: Jadwal Pramusim Manchester United 2023/2024

8. Manchester United

11 Klub Sepak Bola yang Berhasil Juara Liga Champions Tanpa KekalahanSir Alex Ferguson dan skuad Manchester United mengangkat trofi Liga Champions (uefa.com)

Manchester United sukses meraih gelar Liga Champions sebanyak tiga kali. Dimana dua gelarnya diraih Setan Merah tanpa tersentuh kekalahan.

Pada musim 1998-1999, MU menjadi juara secara dramatis usai mengalahkan Bayern Munchen dengan skor tipis 2-1. Setan Merah mencatatkan lima kemenangan dan enam kali imbang selama kompetisi ini.

Manchester United yang masih ditangani Sir Alex Ferguson kembali meraih trofi Liga Champions pada musim 2007-2008 setelah berhasil mengalahkan Chelsea pada laga final melalui adu penalti. Red Devils mencatatkan sembilan kemenangan dan empat imbang untuk menjadi juara di musim tersebut.

9. Barcelona

11 Klub Sepak Bola yang Berhasil Juara Liga Champions Tanpa KekalahanBarcelona menjadi juara Liga Champions 2006. (uefa.com)

Barcelona sukses meraih trofi kedua Liga Champions pada musim 2005-2006. Pada kompetisi ini, Barcelona berhasil menundukkan Arsenal dengan skor tipis 2-1 pada laga final di Stade de France. Dua gol kemenangan Barcelona dicetak oleh Samuel Eto'o dan Juliano Belletti.

Barcelona mencatatkan 9 kali kemenangan dan 4 kali imbang dalam perjalanannya menuju juara, termasuk mengalahkan Chelsea dan AC Milan di fase knock-out.

10. Bayern Munchen

11 Klub Sepak Bola yang Berhasil Juara Liga Champions Tanpa KekalahanPotret kemenangan Bayern Munchen (uefa.com)

Pada tahun 2019-2020 Bayern Munchen sukses menyabet gelar juara Liga Champions dengan sempurna. Die Roten berhasil meraih kemenangan di seluruh pertandingan sejak fase grup hingga partai pamungkas.

Die Roten sukses mengalahkan PSG dengan skor tipis 1-0 pada final yang berlangsung di Estadio da Luz, Portugal berkat gol tunggal dari Kingsley Coman. Dengan kemenangan itu, Bayern berhak atas gelar Liga Champions keenamnya. Die Roten menjadi tim pertama yang meraih kemenangan sempurna di Liga Champions dengan total kemenangan sebanyak 11 kali.
 

11. Manchester City

11 Klub Sepak Bola yang Berhasil Juara Liga Champions Tanpa KekalahanKumpulan Foto Klub Manchester City (instagram.com/mancity

The Citizens menjadi klub yang berhasil menjuarai Liga Champions tanpa ada kekalahan dari awal kompetisi hingga babak final. 

Pasukan Josep Guardiola mencatatkan delapan kali kemenangan dan lima kali imbang. The Citizens sukses menaklukkan Inter Milan pada laga final dengan skor tipis 1-0 melalui gol tunggal yang dicetak oleh Rodri.

Nah, itulah daftar 11 klub sepak bola yang berhasil menjuarai Liga Champions tanpa kekalahan.

Baca Juga: Daftar Juara Liga Champion Wanita UEFA, Barcelona Terbaru!

Topik:

  • Putri Ambar
  • Jumawan Syahrudin
  • Rizna Hidayah

Berita Terkini Lainnya