6 Pemain Top Ini Memulai Debut dengan Momen yang Tak Terlupakan

Mulai dari Lukaku sampai Aguero #IDNTimesSport

Laga debut bagi kebanyakan pemain sepak bola menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu. Debut bersama tim utama, tim nasional, atau bahkan tim yang baru dibelanya.

Momen debut inilah yang paling tidak bisa dilupakan fans dalam menonton aksi pertama pemain di atas lapangan. Lalu, siapa sajakah yang memulai debut pertamanya dengan tim yang dibelanya sampai meninggalkan ingatan yang bersejarah bagi para fans?

1. Romelu Lukaku

6 Pemain Top Ini Memulai Debut dengan Momen yang Tak TerlupakanRomelu Lukaku resmi berseragam Chelsea (skysports.com)

Romelu Lukaku baru saja merampungkan kepindahannya menuju Stamford Bridge pada musim panas tahun ini. Pemain yang sukses mengembalikkan performa terbaiknya di Inter Milan ini, diboyong dengan harga mahal dan telah melakoni laga pertamanya saat melawan Arsenal di Liga Inggris musim ini.

Di laga tersebut Lukaku langsung tampil menggila. Ia berhasil mencetak satu gol dalam kemenangan 2-0 yang diraih Chelsa, atas Arsenal. Lukaku mencetak gol pada menit ke 15 dengan skema yang cukup apik. Usai memberi umpan kepada Mateo Kovacic, Lukaku berhasil melepaskan diri dari pengawalan pemain belakang Arsenal dan langsung berlari ke dalam kotak penalti. Lukaku mampu membelokkan bola dengan mudah atas umpan dari Recche James, melalui sepakan kaki kanannya.

2. Erling Haaland

6 Pemain Top Ini Memulai Debut dengan Momen yang Tak TerlupakanErling Haaland bersama Borussia Dortmund (skysports.com)

Di kompetisi Bundesliga Jerman, Erling Haaland berhasil menampilkan laga debut yang layak dianggap sebagai laga debut yang fenomenal. Masuk sebagai pemain pengganti saat Dortmund tertinggal 1-3 atas Augsburg, Haaland langsung mencetak gol pada sentuhan keduanya, sebelum menutup laga debutnya dengan hattrick dengan tempo 20 menit sekaligus membawa Dortmund menang 5-3.

Gol pertamanya tercipta setelah berhasil menyambar umpan dari Jaden Sancho. 2 Menit berselang Sancho mencetak gol penyama menjadi 3-3, sebelum Haaland mengemas gol keduanya di menit ke 70 setelah menuntaskan umpan matang dari Thorgan Hazard. 9 menit kemudian, ia berhasil melengkapi golnya menjadi golnya yang ketiga dan sekaligus mengikuti jejak Pierre-Emerick Aubameyang, sebagai pemain yang berhasil mencetak hattrick dalam laga debutnya.

Baca Juga: 5 Pemain Ini Terancam dengan Hadirnya Pemain Baru Paris Saint-Germain

3. Wayne Rooney

6 Pemain Top Ini Memulai Debut dengan Momen yang Tak TerlupakanWayne Rooney saat masih membela Manchester United (skysports.com)

Wayne Rooney diboyong oleh Manchester United sebagai bocah ajaib dari Everton. Tepat pada tanggal 28 September 2004, Rooney memainkan debutnya untuk Manchester United, dimana dia berkesempatan melawan Fenerbache di kompetisi Liga Champions Eropa. Dimainkan sejak menit awal oleh Sir Alex Ferguson, Rooney yang masih berusia 18 tahun saat itu berhasil mencetak hattrick dalam kemenangannya Manchester United atas asal tim Turki tersebut.

Selain memborong tiga gol, secara permainan Rooney banyak merepotkan kiper legendaris, Rustu Recber. Gol pertama Rooney hadir setelah memanfaatkan umpan dari Ruud Van Nistelrooy. Kemudian Rooney mencetak gol kedua setelah tendangannya dari luar kotak penalti tak mampu dihadang kiper lawan. Masuk ke paruh kedua, Rooney benar-benar menjadi bintang pada menit ke 54, usai tendangan bebasnya usai menggetarkan jala gawang lawan.

4. Zlatan Ibrahimovic

6 Pemain Top Ini Memulai Debut dengan Momen yang Tak TerlupakanZlatan Ibrahimovic saat masih membela LA Galaxy (skysports.com)

Zlatan Ibrahimovic sampai saat ini masih terus menjadi pemain yang ciptakan sensasi. Sedikit menarik ke belakang, tepat pada tahun 2018 lalu, Ibrahimovic yang memutuskan untuk berkarir di Liga MLS, sukses menciptakan momen yang sulit dilupakan dunia. Bintang asal Swedia itu berhasil tunjukkan performa apiknya di laga debut. Ketika itu ia berhasil mencetak 2 gol meski baru masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke 71.

Di laga itu sendiri Ibrahimovic mengantarkan LA Galaxy membalikkan keadaan dari 1-3 menjadi 4-3. Bukan cuma menjadi pahlawan kemenangan timnya, pemain yang saat ini tercatat sebagai pemain AC Milan itu pun juga mencetak gol indah yang dibuat dari jarak kurang lebih 36 meter. Ibrahimovic melakukan sepakkan volly jarak jauh yang mampu memperdaya kiper lawan. Bahkan gol tersebut terpilih sebagai gol terbaik di Liga MLS pada tahun 2018.

5. Federico Macheda

6 Pemain Top Ini Memulai Debut dengan Momen yang Tak TerlupakanFederico Macheda saat masih membela Manchester United (skysports.com)

Tepat pada 5 April 2009 silam, Macheda berhasil menghiasi seluruh halaman media, usai memberikan kemenangan untuk Manchester United atas Aston Villa di Liga Inggris. Di laga itu Manchester United kesulitan untuk meladeni perlawanan Aston Villa meski tampil di kandang sendiri. Sempat mencetak gol melalui aksi Cristiano Ronaldo, Gawang yang dijaga oleh Van Der Sar berhasil di jebol oleh pemain Aston Villa. Tak kehabisan akal, Sir Alex Ferguson langsung memasukkan Macheda untuk menggantikan Luis Nani pada menit ke 61.

Meski menimbulkan tanda tanya, masuknya Macheda berhasil membuat permainan Manchester United jauh lebih hidup. Hasilnya mereka berhasil menyamakan kedudukan lewat gol kedua dari Cristiano Ronaldo. Barulah pada menit ke 53 Macheda menjadi penyelamat Manchester United dengan mencetak gol penentu. Usai laga, Macheda yang saat itu berusia 17 tahun langsung disebut sebagai bintang masa depan Eropa.

6. Sergio Aguero

6 Pemain Top Ini Memulai Debut dengan Momen yang Tak TerlupakanSergio Aguero saat masih membela Manchester City (skysports.com)

Sergio Aguero kini telah meninggalkan Manchester City dan bergabung dengan FC Barcelona, akan tetapi kontribusi yang diberikan olehnya takkan pernah mati. Salah satu performa terbaik yang ditampilkan bersama Manchester City adalah ketika dirinya melakoni debutnya yang sensional.

Pada laga melawan Swansea City di kompetisi Liga Inggris, Aguero resmi memainkan debutnya dari bangku cadangan. Ia baru masuk pada menit ke-59 untuk menggantikan De Jong. Tak berselang lama setelah dimasukkan Aguero oleh Mancini, Ia sukses menciptakan gol pertamanya untuk Manchster City. Dua menit kemudian, pemain yang didatangkan dari Atletico Madrid ini berhasil menciptakan assist pertamanya yang diberikan kepada David Silva. Lalu di penghujung laga, Aguero sukses menciptakan gol keduanya dan memastikan kemenangan Manchester City menjadi 4-0 atas Swansea City.

Enam pemain top di atas mencatatkan debut yang sangat berkesan. Menurutmu, siapa pemain yang memulai debutnya dengan aksi yang fenomenal dan tak bisa dilupakan?

Baca Juga: 6 Pemain Top Ini Siap Bersaing dengan Pemain Baru di Klubnya

Revin Julian Photo Writer Revin Julian

Senang menulis walaupun masih melatih kemampuan literasi dalam berbahasa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya