Erick Thohir Minta Semua Klub Liga 1 Belajar dari Persebaya

Persebaya dinilai Erick sebagai contoh klub Liga 1 yang baik

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir meminta seluruh tim yang akan berlaga di Liga 1 musim depan untuk mencontoh Persebaya Surabaya.

Menurut Erick, tim dengan julukan The Green Force tersebut merupakan contoh klub yang baik dari sisi pengelolaan dan manajemennya.

"Beberapa klub yang memang punya strategi besar bisa melihat Persebaya. Ini saya rasa hal yang positif dan saya rasa ini penting buat di liga," kata Erick, saat diwawancara pascapertandingan Bali United vs Persebaya Surabaya, Jumat (25/3/2022).

1. Erick mau klub kelas menengah di Liga 1 survive

Erick Thohir Minta Semua Klub Liga 1 Belajar dari PersebayaMenteri BUMN Erick Thohir dan Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo saat memberi penjelasan kepada pemimpin media di Sirkuit Pertamina Mandalika. (IDN Times/Umi Kalsum)

Permintaan Erick untuk berkaca pada Persebaya Surabaya secara khusus disampaikan bagi klub-klub Liga 1 yang masuk dalam kategori papan tengah.

Menurut dia, dalam sebuah liga tak dapat dimungkiri kehadiran tim-tim yang masuk kategori papan atas dan menengah. Oleh sebab itu, dia ingin agar tim dengan kategori menengah tersebut bisa survive di kancah persepakbolaan nasional tahun depan.

"Di liga itu ada beberapa klub besar, klub menengah, tapi kalau menengah mau survive harus punya manajemen yang baik, pembinaan yang baik," kata Erick.

Baca Juga: [BREAKING] Persebaya Rusak Pesta Juara Bali United

2. Erick berharap Liga 1 musim depan lebih baik dari musim ini

Erick Thohir Minta Semua Klub Liga 1 Belajar dari PersebayaLogo BRI Liga 1 2021/22 (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Erick pun berharap agar gelaran Liga 1 musim depan atau tepatnya musim 2022/2023 bisa berjalan lebih baik.

Harapan itu tak terlepas dari naiknya beberapa tim potensial dari Liga 2 sebagai peserta baru di Liga 1.

"Saya harapkan agar kompetisi tahun depan makin menarik apalagi tahun depan ada klub-klub dari Liga 2 yang bukan kaleng-kaleng," ujar Erick.

3. Bali United juara Liga 1 2021/2022

Erick Thohir Minta Semua Klub Liga 1 Belajar dari PersebayaBali United lawan Madura United di Liga 1 2021/22. (ligaindonesiabaru.com)

Sebelumnya diberitakan, Bali United dipastikan menjadi juara Liga 1 2021/22. Kepastian itu didapat usai Persib Bandung gagal meraih kemenangan dalam laga pekan 33 melawan Persik Kediri, Jumat (25/3/2022) malam. 'Maung Bandung' hanya mampu bermain imbang 0-0.

Bali United pun sukses mengikuti jejak Persipura, Persija, Persib, Persebaya, dan Sriwijaya FC yang sukses dua kali menjuarai Liga Indonesia. Khusus di era Liga 1, 'Serdadu Tridatu' jadi tim pertama yang mampu dua kali juara.

Namun, pesta juara Bali United sedikit terganggu atas kekalahan yang mereka derita dari Persebaya Surabaya. Berlaga di Stadion Ngurah Rai, Persebaya Surabaya berhasil mempecundangi Bali United dengan skor 3-0.

Kendati kalah, Bali United tetap menjadi juara mengingat jumlah poinnya tidak dapat disusul oleh Persib Bandung yang ada di peringkat kedua. Dengan hanya menyisakan satu pertandingan, poin maksimal yang bisa diperoleh Persib hanya 71, sedangkan Bali United saat ini sudah mengoleksi 72 poin dan berpeluang menambah tiga poin lagi jika berhasil menang pada pertandingan pekan terakhir.

Baca Juga: [BREAKING] Bali United Juara Liga 1 Musim 2021/22

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya