Adaptasi Duo Pembalap RNF Aprilia di Sirkuit Sepang, Campur Aduk!

Catatan Miguel Oliveira dan Raul Fernandez usai tes pramusim

Setelah 4 musim di MotoGP sebagai tim satelit Yamaha, RNF mengakhiri kontrak mereka. Tim ini kemudian bergabung dengan Aprilia.

Berbekal pembalap sekaliber Miguel Oliveira dan Raul Fernandez, tim besutan Razlan Razali akan meramaikan MotoGP 2023 sebagai tim satelit Aprilia. Pada tes uji coba resmi MotoGP 2023 di Sepang, Malaysia, 10—12 Februari 2023, mereka mencoba mencari pengaturan terbaik untuk kedua pembalap.

Berdasarkan catatan waktu gabungan selama tes, Fernandez berada di posisi 11 sementara Oliveira berada di posisi 15. Berikut rangkuman performa Miguel Oliveira dan Raul Fernandez pada sesi tes pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang.

1. Raul Fernandez puas dengan hasil tes di Sirkuit Sepang, Malaysia 

Adaptasi Duo Pembalap RNF Aprilia di Sirkuit Sepang, Campur Aduk!Raul Fernandez (instagram.com/rnfracingofficial)

Musim 2023 adalah musim kedua Raul Fernandez mengaspal di kelas utama MotoGP. Sebagai rookie musim lalu, ia tak bisa berbuat banyak bersama RC-16 KTM. Fernandez mengakhiri kompetisi di urutan 22 klasemen pembalap.

Berbekal motor RS-GP 2022, Raul Fernandez menorehkan catatan baik selama tes pramusim di Sirkuit Sepang. Berdasarkan hasil waktu gabungan, pembalap Spanyol itu mencatatkan waktu 1 menit 58,708 detik atau tertinggal 0,812 detik dari pembalap tercepat, Luca Marini.

2. Atmosfer tim mendukung Raul Fernandez untuk cepat beradaptasi dengan motor RS-GP

Adaptasi Duo Pembalap RNF Aprilia di Sirkuit Sepang, Campur Aduk!Raul Fernandez (instagram.com/rnfracingofficial)

Torehan waktu di atas tidak lepas dari dukungan tim Aprilia, khususnya RNF MotoGP Team, yang mendukungnya mencari pengaturan motor terbaik. Dengan itu, ia dapat memaksimalkan segala potensi.

“Insinyur Aprilia bekerja sangat giat sepanjang musim dingin dan memberi kami kesempatan. Orang-orang di sana memperlakukan saya seperti seorang pembalap pabrikan,” tutur Raul Fernandez dikutip Speedweek.

Baca Juga: Wejangan Massimo Rivola untuk Raul Fernandez, Talenta Muda Berbakat!

3. Miguel Oliveira belum mendapat pengaturan motor yang tepat

Adaptasi Duo Pembalap RNF Aprilia di Sirkuit Sepang, Campur Aduk!Miguel Oliveira (instagram.com/rnfracingofficial)

Berbeda dengan Raul Fernandez, Miguel Oliveira tampil kurang meyakinkan. Ia bercokol di urutan ke-15. Pembalap Portugal itu terpaut 0,950 detik dari Luca Marini. 

Perasaannya campur aduk. Ia menjadi salah satu pembalap yang tak memperbaiki catatan waktunya pada Minggu. Ia sempat mencoba berbagai macam pengaturan, tetapi tidak berhasil. Ia berada di urutan keempat pembalap Aprilia.

4. Miguel Oliveira masih terngiang-ngiang dengan gaya berkendaranya di KTM

Adaptasi Duo Pembalap RNF Aprilia di Sirkuit Sepang, Campur Aduk!Miguel Oliveira (instagram.com/rnfracingofficial)

Masalah utama Miguel Oliveira adalah kesulitan beradaptasi dengan motor RS-GP. Setelah 4 tahun bersama KTM, ia sulit melepas kebiasaan membalap bersama motor KTM RC-16. 

“Aku mempelajari data Aleix Espargaro, Maverick Vinales, dan Raul (Fernandez). Aku belum sepenuhnya mengubah gaya berkendara. 

Aku harus mematahkan beberapa kebiasaan yang aku kembangkan di KTM. Cara itu tidak berjalan mulus di Aprilia,” kata Oliveira dikutip Speedweek.

5. Peluncuran livery RNF MotoGP Team 

Adaptasi Duo Pembalap RNF Aprilia di Sirkuit Sepang, Campur Aduk!Miguel Oliveira (instagram.com/88migueloliveira)

Di antara 11 tim yang akan membalap di MotoGP 2023, baru 5 tim yang telah meluncurkan livery teranyar. Mereka adalah Monster Energy Yamaha, Ducati Lenovo Team, dan KTM Factory Racing. Dua tim satelit seperti Prima Pramac Racing dan Gresini Racing MotoGP juga menyusul.

Sementara, untuk Aprilia, perilisan livery teranyar akan dimulai tim pabrikan Aprilia Racing pada 10 Maret 2023. RNF MotoGP Team baru bisa merilis livery pada 16 Maret 2023.

Tes resmi MotoGP akan kembali digelar di Sirkuit Portimao, Portugal, pada 11—12 Maret 2023. Mampukah Miguel Oliveira dan Raul Fernandez mendapat pengaturan motor terbaik pada RS-GP mereka? Layak ditunggu!

Baca Juga: Miguel Oliveira Pergi dari KTM pada Musim 2023 Tanpa Rasa Sakit Hati

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya