Alex Rins Kritik Gaya Balap Agresif Takaaki Nakagami

Alex Rins kecewa dengan keputusan stewards

Untuk kedua kalinya musim ini, dua pembalap Suzuki Ecstar tidak berhasil menyentuh garis finis. Kedua pembalap Spanyol itu mengalami insiden kecelakaan pada putaran ke-5 dan ke-13 seri MotoGP di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (29/05/2022).

Namun, berbeda dari Joan Mir, Alex Rins keluar lintasan karena bersenggolan dengan Takaaki Nakagami. Akibat insiden itu, Rins pun mengritik gaya berkendara pembalap LCR Honda tersebut.

Bagaimana komentar Alex Rins usai insiden tersebut? Simak lewat ulasan berikut ini, ya!

1. Alex Rins bersenggolan dengan Takaaki Nakagami 

Alex Rins Kritik Gaya Balap Agresif Takaaki NakagamiAlex Rins (instagram.com/suzukimotogp)

Pada putaran kedelapan MotoGP di Sirkuit Mugello, Italia, Minggu (29/05/2022), Alex Rins bersenggolan dengan Takaaki Nakagami. Dalam tayangan ulang video MotoGP, keduanya keluar tikungan berbarengan, dimana posisi Takaaki sedikit melebar dan Rins mencoba mengambil kesempatan itu.

Saat keluar tikungan, jarak kedua pembalap itu sangat rapat. Lalu, ketika Nakagami hendak kembali ke racing line, ia menyenggol Alex Rins yang berada di sebelahnya. Akibat insiden itu, Rins pun terpaksa harus menyelesaikan balapan terlebih dahulu.

2. Kritik Alex Rins kepada Takaaki Nakagami 

Alex Rins Kritik Gaya Balap Agresif Takaaki NakagamiTakaaki Nakagami (instagram.com/takanakagami)

Alex Rins sedang berjuang untuk konsisten meraih hasil gemilang di setiap balapan. Kepergian Suzuki dari MotoGP musim depan tentu menuntutnya tampil impresif agar segera dapat mengamankan posisinya di grid kejuaraan MotoGP musim depan. 

Pada sesi wawancara, kekesalan itu tampak dari raut wajah pria kelahiran Spanyol itu. Ia pun mengomentari gaya berkendara Takaaki Nakagami.

“Dia menyentuh dan melemparkan saya. Saya pikir itu adalah langkah yang sangat berbahaya. Beruntung tidak ada orang di belakang, kalau tidak, saya tidak tahu apa yang akan terjadi.

Dia adalah pembalap yang sangat agresif. Saya pikir dia adalah orang paling nakal di grid,” ucap Rins dikutip Motosan.

Baca Juga: 5 Sejarah Baru yang Terlahir di MotoGP Italia, Apa Saja?

3. Tidak ada penalti untuk Takaaki Nakagami 

Alex Rins Kritik Gaya Balap Agresif Takaaki NakagamiAlex Rins (instagram.com/alexrins)

Buntut insiden itu, Alex Rins segera menemui race direction. Ia menyampaikan keluhannya kepada Freddie Spencer karena Takaaki Nakagami tidak diberikan penalti. Sayangnya, ia tidak mendapat jawaban apapun.

“Sejujurnya, saya tidak mengerti kenapa stewards tidak memberikan penalti. Menurut mereka, saya tidak berada di depan Nakagami, jadi dia tidak diberikan penalti,” lanjut Rins.

4. Respon Takaaki Nakagami usai insiden dengan Alex Rins

Alex Rins Kritik Gaya Balap Agresif Takaaki NakagamiTakaaki Nakagami (instagram.com/takanakagami)

Pada sesi wawancara, Takaaki Nakagami tidak risau dengan kejadian itu. Pembalap Jepang itu tidak bisa mengatakan apapun karena menurutnya itu adalah hal yang lumrah terjadi dalam suatu balapan. 

“Saya berada di depan. Dia yang menyenggol saya, jadi saya tidak bisa melakukan apapun karena sedang balapan. Saya minta maaf atas kejadian itu,” kata Nakagami dikutip MotoGP.

5. Posisi Alex Rins di dalam kejuaraan MotoGP 

Alex Rins Kritik Gaya Balap Agresif Takaaki NakagamiAlex Rins (instagram.com/alexrins)

Sejak seri keenam di Spanyol, Alex Rins tidak berhasil mendulang poin. Pada seri GP Spanyol, Rins finis di urutan ke-19. Pil pahit itu berlanjut di seri Prancis hingga di seri Italia. 

Saat ini, Rins berada di urutan keenam klasemen sementara pembalap MotoGP 2022. Sejauh ini ia masih mengumpulkan 69 poin, tertinggal 53 poin dari sang pemuncak klasemen, Fabio Quartararo.

Tiga seri tanpa poin tentu membuat Alex Rins sangat kecewa. Mampukah Rins kembali mendulang poin di seri MotoGP Spanyol akhir pekan ini?

Baca Juga: Klasemen Sementara Pembalap Usai MotoGP Italia 2022

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya