Aprilia Senang Proyek Motor RS-GP Berkembang Pesat Musim 2024

Keseriusan Aprilia mengembangkan motor RS-GP

Proyek Aprilia RS-GP berkembang pesat pada MotoGP 2024. Kedua pembalap mereka, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, berhasil naik ke atas podium pada tiga seri awal musim ini. Tak hanya podium, Maverick Vinales berhasil mengunci kemenangan pertama bersama Aprilia pada seri ketiga di Circuit of the Americas (COTA) pada 15 April 2024 lalu. 

Vinales tampil begitu dominan dan percaya diri. Ia berhasil mengasapi Pedro Acosta dan Enea Bastianini ditempat kedua dan ketiga. Balapan di COTA memang patut dirayakan karena melalui tangan dingin Vinales, Aprilia berhasil sapu bersih kemenangan main race dan sprint race.

Menatap seri keempat di Circuito de Jerez - Angel Nieto, Spanyol, 25—28 April 2024, Aprilia datang dengan determinasi tinggi. Kedua pembalap berstatus pembalap tuan rumah. Mereka akan berusaha semaksimal mungkin mendulang kemenangan di sana.

1. Keperkasaan Maverick Vinales di COTA tak bisa dibantah

Aprilia Senang Proyek Motor RS-GP Berkembang Pesat Musim 2024potret Maverick Vinales dan Aleix Espargaro (instagram.com/maverick12official)

Maverick Vinales tampil begitu dominan di COTA. Setelah menjadi polesitter seri ketiga MotoGP itu, ia mengunci kemenangan pada sprint race. Pembalap bernomor motor 12 ini pun kembali meraih kemenangan pada sesi main race.

Aprilia tentu berpesta merayakan akhir pekan positif itu. Bagi Aleix Espargaro, kemenangan Vinales di sana sekaligus pembuktian bahwa proyek Aprilia RS-GP yang ia kembangkan  sejak 2017 tak berakhir sia-sia.

“Aku sangat bahagia untuk semua individu di tim Aprilia. Aku juga bahagia atas kemenangan pertama Vinales bersama Aprilia. Suasana di garasi sangat gila, Aprilia RS-GP sangat cepat di setiap lintasan,” kata Aleix Espargaro dikutip Corsedimoto.

2. Proyek Aprilia dikerjakan dengan maksimal

Aprilia Senang Proyek Motor RS-GP Berkembang Pesat Musim 2024potret Aleix Espargaro (instagram.com/aprilia)

Keberhasilan Aprilia menyapu bersih kemenangan di COTA dilakukan dengan susah payah. Bahkan, saat ia meyakinkan Vinales ke Aprilia saja ia lakukan berjuang keras. Aleix meyakinkan Vinales bahwa proyek Aprilia adalah proyek yang dilakukan untuknya secara pribadi.

Betul saja, keperkasaan Aprilia RS-GP di lintasan sudah dirasakan oleh Vinales. Pembalap berjuluk Top Gun itu juga optimis akan meraih hasil impresif di Jerez. Menurutnya RS-GP dapat digunakan di semua situasi dan ia optimis tahun 2024 akan menjadi milik Aprilia.

“Tahun ini kami akan menjadi yang terbaik. Motor kami melaju kencang di semua lintasan. Jerez adalah lintasan tempat aku punya track record yang baik. Aku sangat antusias bisa membalap lagi di sana,” lanjut Vinales dikutip Speedweek.

3. Lorenzo Savadori membalap dengan motor eksperimen di Sirkuit Jerez

Aprilia Senang Proyek Motor RS-GP Berkembang Pesat Musim 2024Lorenzo Savadori (instagram.com/sava32)

Menariknya, meskipun proyek Aprilia RS-GP sudah menemukan bentuk terbaik, mereka fokus mengembangkan komponen-komponen anyar di Sirkuit Jerez. Mereka akan menurunkan Lorenzo Savadori sebagai pembalap wildcard. Di sana, Savadori akan menjajal material dan komponen anyar Aprilia.

Patut diakui bahwa peran Savadori sangat krusial. Ia tak henti-henti mencoba berbagai komponen anyar sebelum digunakan oleh pembalap reguler Aprilia. Sebagai test rider Aprilia, Savadori bekerja maksimal.

“Aku tak sabar kembali membalap di MotoGP. Akhir pekan ini sangat penting bagi aku dan Aprilia. Aku akan menjajal motor eksperimen dan menguji beberapa solusi baru untuk RS-GP untuk Aleix dan Vinales. Aku akan melakukan yang terbaik,” pungkas Savadori.

Kepercayaan diri para penggawa Aprilia membuktikan bahwa pabrikan asal Noale ini tak bisa dianggap remeh. Pabrikan Ducati patut waspada jika ingin mempertahankan gelar konstruktor yang beberapa tahun terakhir selalu mereka amankan di akhir musim. Aprilia tak lagi menjadi kuda hitam.

Baca Juga: Livery Klasik Jadi Wajah Aprilia di MotoGP Musim 2024

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something. Jika ada pertanyaan: rizkizuwandono@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya