Terseok-seok di GP Silverstone, Fabio Quartararo Mengaku Cukup Puas

Fairing akan tetap digunakan di GP Austria

Fabio Quartararo menjalani masa-masa sulit bersama tim pabrikan Monster Energy Yamaha pada MotoGP 2023. Juara dunia MotoGP 2021 ini tak mampu berbicara banyak pada sembilan seri yang telah dilalui musim ini. Sepanjang MotoGP 2023, Quartararo baru mengoleksi 2 kali podium ke-3 pada gelaran sprint race Assen dan main race Amerika.

Pada gelaran teranyar di Silverstone, Inggris, yang berlangsung pada 4—6 Agustus 2023, Quartararo hanya finis di urutan ke-21 pada sprint race dan posisi ke-15 pada main race. Situasi sulit yang dihadapi ini membuat Quartararo frustasi. Padahal, jika merujuk pada performa Quartararo sepanjang karier di kelas para raja, pembalap berjuluk El Diablo ini selalu berjuang memperebutkan podium.

1. Komponen anyar di Silverstone

Terseok-seok di GP Silverstone, Fabio Quartararo Mengaku Cukup PuasFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Sepanjang akhir pekan di Silverstone, Quartararo tak berhasil menembus top 10 di setiap sesi gelaran MotoGP bertajuk Monster Energy British Grand Prix. Pembalap bernomor 20 ini bahkan berada di urutan paling buncit sesi qualification (Q1). Pada sesi sprint race pun ia berada di urutan ke-21 meninggalkan Iker Lecuano di tempat paling buncit dengan selisih waktu 17,348 detik. 

Quartararo menjajal berbagai komponen anyar pada sesi main race. Selain itu, terdapat juga diffuser di belakang roda depan. Tak dimungkiri dengan komponen teranyar tersebut, Quartararo dapat sedikit lebih nyaman di atas YZR-M1.

2. Sesi main race

Terseok-seok di GP Silverstone, Fabio Quartararo Mengaku Cukup PuasFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Berkat komponen teranyar Quartararo, sesi main race berjalan mulus. Memulai balapan dari urutan ke-21, ia berhasil bersaing dengan para pembalap di depan dan bertarung memperebutkan posisi ketujuh dengan Luca Marini. Hal tersebut membuktikan bahwa komponen motor terbarunya memberikan efek yang positif.

Namun, saat balapan tersisa tiga putaran terakhir, Quartararo dan Marini bersenggolan. Friksi antara kedua pembalap ini membuat fairing Quartararo tercabut dari motor YZR-M1 dan jatuh tepat di samping motor. Lajunya terhalangi oleh fairing yang terjatuh sehingga membuat pembalap di belakang menyusulnya. Akibat insiden tersebut, Quartararo masuk ke paddock untuk mengganti motor sehingga ia hanya berhasil menyelesaikan balapan di urutan ke-15.

"Kami akan menggunakan penyamaran ini karena sangat menarik. Aku melihat handling tidak buruk dan semoga downforce juga lebih baik. Aku pikir kami akan menggunakan fairing ini di Red Bull Ring," ucap El Diablo kepada Speedweek.

3. Tes privat Cal Crutchlow dan persiapan wildcard

Terseok-seok di GP Silverstone, Fabio Quartararo Mengaku Cukup PuasCal Crutchlow (instagram.com/yamahamotogp)

Sebagai test rider Yamaha, posisi Cal Crutchlow sangat krusial bagi Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Ia baru saja menyelesaikan tes privat bersama tim Yamalube RS4GP di Sirkuit Motegi, Jepang, pada 8 Agustus 2023. Pada tes tersebut, ia menjajal prototipe terbaru YZR-M1.

Data-data sepanjang tes sangat penting bagi Quartararo yang merupakan pembalap utama tim Yamaha. Untuk itu, ia pun akan turun sebagai pembalap wildcard  pada ajang MotoGP Jepang, pada 29—1 Oktober 2023. Di sana ia akan kembali menjajal prototipe teranyar M1 dalam kondisi membalap sehingga data yang dikumpulkan akan semakin solid.

"Sebagai test rider Yamaha, aku akan melakukan semua hal yang bisa aku lakukan untuk mengembangan motor M1. Kami akan bekerja keras mengumpulkan informasi sebanyak mungkin untuk Yamaha," pungkas Crutchlow.

 

Fabio Quartararo tentu tak menyukai kondisi yang ia alami saat ini. Ia kesulitan untuk bertarung dengan jajaran top pembalap MotoGP di setiap seri balapan, El Diablo pun tersingkir dari 10 besar klasemen sementara MotoGP 2023. Mampukah ia bersaing pada seri berikutnya di Sirkuit Red Bull Ring?

Baca Juga: Fabio Quartararo Ingin Beranjak dari Hasil Buruk Jelang MotoGP Belanda

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya