Fabio Quartararo Punya Kans Juara di Sirkuit Assen Belanda

Sirkuti Assen jadi trek favorit Fabio Quartararo

Fabio Quartararo siap melibas Sirkuit Assen pada gelaran MotoGP kesebelas, Minggu (26/6/2022). Berbekal dua podium back-to-back di Sirkuit Catalunya dan Sachsenring, Quartararo sudah menyamai rekor kemenangan terbanyak musim 2022 milik Enea Bastianini dengan torehan 3 kemenangan. 

Sirkuit TT Assen merupakan salah satu lintasan favorit El Diablo. Sejak berkarier di kejuaraan MotoGP tahun 2015, Quartararo sudah mengemas satu kemenangan dan tiga podium di sirkuit ini. Bagaimana peluang Fabio Quartararo di Sirkuit Assen pada MotoGP 2022 ini?

1. Fabio Quartararo kunci kemenangan ketiga musim 2022 

Fabio Quartararo Punya Kans Juara di Sirkuit Assen BelandaFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Pada seri kesepuluh MotoGP di Sirkuit Sachsenring, Minggu (19/6/2022), kondisi fisik Fabio Quartararo sedang menurun. Saat sesi wawancara di parc ferme pun ia kerap batuk-batuk.

Kendati demikian, pembalap berjuluk El Diablo itu berhasil tampil dominan. Sejak start Quartararo langsung memimpin balapan. Ia hanya mendapat tekanan dari Francesco Bagnaia. 

Setelah Pecco jatuh, Quartararo tidak mendapat perlawanan berarti dari pembalap di belakangnya. Hingga menyentuh garis finis, jaraknya dengan Zarco mencapai 4,939 detik.

2. Yamaha tidak pernah absen dari podium 

Fabio Quartararo Punya Kans Juara di Sirkuit Assen BelandaFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Jika melihat catatan podium 10 tahun terakhir, Yamaha hanya sekali absen dari podium Sirkuit Assen di tahun 2014. Kala itu, Aleix Espargaro jadi pembalap Yamaha (Forward Yamaha) terdepan, yakni posisi keempat. Kemenangan sendiri saat itu menjadi milik Marc Marquez yang diikuti Andrea Dovizioso dan Dani Pedrosa.

Valentino Rossi sudah tiga kali naik podium, yaitu di tahun 2013, 2015, dan 2017. Selain itu, ada nama Maverick Vinales yang sukses di tahun 2019 dan Fabio Quartararo yang sukses di tahun 2021.

Baca Juga: Fabio Quartararo Tahu Caranya Bersenang-Senang dan Menang

3. Podium Fabio Quartararo di Sirkuit Assen 

Fabio Quartararo Punya Kans Juara di Sirkuit Assen BelandaFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Sejak karier debut di kelas Moto3, Quartararo punya hasil apik di Sirkuit Assen. Pembalap berumur 23 tahun tersebut sudah empat kali naik podium di sana.

Dari enam kali membalap, Quartararo sudah empat kali naik podium. Satu kali podium kedua ia raih di kelas Moto3 tahun 2015. Sementara podium kedua ia raih di kelas Moto2 tahun 2018.

Tren positif itu juga berlanjut di kelas premier. Saat rookie di tahun 2019, ia sukses finis ketiga. Ia akhirnya menaklukkan Sirkuit Assen sebagai juara pertama di kelas premier pada tahun 2021. 

4. Sirkuit Assen salah satu lintasan favorit El Diablo 

Fabio Quartararo Punya Kans Juara di Sirkuit Assen BelandaFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Fabio Quartararo mengakui bahwa Sirkuit Assen adalah salah satu lintasan favoritnya. Selain itu, Quartararo juga sudah kembali menemukan kenyamanan berkendara di atas YZR-M1 2022. 

“Kami punya kenangan indah tahun lalu di sana (Sirkuit Assen) bersama tim. Trek ini adalah salah satu lintasan favorit aku,” kata El Diablo dikutip Motosan.

5. Fabio Quartararo siap melibas Sirkuit Assen 

Fabio Quartararo Punya Kans Juara di Sirkuit Assen BelandaFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Berbekal dua kemenangan back-to-back di Sirkuit Catalunya dan Sachsenring, Fabio Quartararo tentu berharap dapat melanjutkan tren positif di Sirkuit Assen. Menjelang akhir paruh musim pertama MotoGP ia ingin menambah jarak poin di klasemen kejuaraan. 

“Aku menikmati beberapa hari libur dan siap balapan di Assen. Aku pikir kami bisa mengulangnya lagi dengan baik,” ucap Quartararo dikutip Speedweek.

Gelaran kesebelas di Sirkuit Assen menandai akhir paruh musim kejuaraan MotoGP 2022. Fabio Quartararo tentu ingin melanjutkan tren positifnya sepanjang musim 2022 telah berjalan. Mampukah El Diablo meraih kemenangan di lintasan berjuluk Cathedral of Speeds tersebut? 

Baca Juga: Fabio Quartararo Juara di Sachsenring dalam Keadaan Sakit

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya