5 Fakta Fabio Quartararo pada Seri Perdana MotoGP 2022

Livio Suppo tertarik merekrut Quartararo

Fabio Quartararo, juara dunia MotoGP 2021, hanya bercokol di urutan ke-9 pada balapan perdana musim 2022 di Sirkuit Lusail, Qatar, Minggu (6/3/2022). Hasil pembalap berjuluk El Diablo berkaitan dengan performa motor yang dirasa kurang mumpuni.

Ada sejumlah fakta terkait Fabio Quartararo pada seri pembuka MotoGP 2022. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

1. Performa mesin YZR-M1

5 Fakta Fabio Quartararo pada Seri Perdana MotoGP 2022perilisan Yamaha YZR-M1 2022 (instagram.com/motogp)

Kendala mesin masih menghantui Fabio Quartararo pada balapan pertama MotoGP Qatar, Minggu (6/3/2022). Selama tes pramusim, El Diablo mengeluhkan top-speed motor YZR-M1 yang dikendarainya.

Pada sesi free practice (FP2), kecepatan Fabio Quartararo tertinggal 10 km/jam dari Alex Rins yang menjadi pembalap tercepat pada sesi itu. Apa yang dikhawatirkan menjadi kenyataan ketika Quartararo hanya mampu start di posisi ke-11 pada balapan Minggu.

2. Tekanan ban ekstrem

5 Fakta Fabio Quartararo pada Seri Perdana MotoGP 2022Fabio Quartararo saat menikung di lintasan MotoGP. (instagram.com/ fabioquartararo20)

Pada sesi wawancara setelah balapan, Fabio Quartararo mengaku kesulitan sejak lap kedua. Hal itu dipengaruhi tekanan ban yang mencapai titik ekstrem.

Selama balapan, hal serupa turut dirasakan rekan satu timnya, Franco Morbidelli, dan Andrea Dovizioso dari tim RNF Yamaha. Berdasarkan grafik kecepatan selama balapan, Quartararo hanya mampu mencapai 348 km/jam.

Baca Juga: Fabio Quartararo Pukul Setang Motornya di Qatar, Ada Apa?

3. Pembicaraan kontrak musim 2023 masih menggantung

5 Fakta Fabio Quartararo pada Seri Perdana MotoGP 2022perayaan juara dunia MotoGP 2021 (instagram.com/fabioquartararo20)

Masa depan El Diablo bersama tim garpu tala masih belum mendapat titik terang. Tahun ini kontrak pembalap Prancis itu akan berakhir bersama Yamaha yang telah membantunya meraih gelar juara MotoGP 2021.

Eric Mahe, manajer Fabio Quartararo, mengatakan bahwa pembicaraan kontrak El Diablo akan dilakukan setelah evaluasi kinerja motor YZR-M1 musim ini. Quartararo merasa bahwa permintaannya menambah kecepatan motor masih belum dapat terpenuhi.

“Prioritas utama saya adalah kemenangan, jadi saya akan memastikan mendapat motor terbaik musim depan,” kata Quartararo dikutip GPOne.

4. Pencapaian di posisi ke-9 membuat Quartararo khawatir dengan gelarnya

5 Fakta Fabio Quartararo pada Seri Perdana MotoGP 2022Fabio Quartararo mencium motor YZR-M1. (instagram.com/fabioquartararo20)

Mengawali start dengan baik di grid ke-11, Fabio Quartararo diharapkan mampu bersaing di barisan depan. Namun, upaya El Diablo untuk mengulang kembali kesuksesan di MotoGP Doha  tahun lalu hilang akibat berbagai kendala yang dia alami.

Terpaut 0,007 detik dari Johann Zarco yang menyalipnya di depan garis finis membuatnya tidak percaya diri mengawali MotoGP 2022. Kendati begitu, selama balapan, ia mencoba memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk meraih hasil terbaik.

5. Suzuki Ecstar tertarik kepada Fabio Quartararo

5 Fakta Fabio Quartararo pada Seri Perdana MotoGP 2022Livio Suppo (instagram.com/suzukimotogp)

Livio Suppo bergabung bersama Suzuki Ecstar di MotoGP 2022. Mantan bos Repsol Honda itu menggantikan posisi Davide Brivio yang hengkang ke Formula 1.

Proses negosiasi dengan kedua pembalapnya, Joan Mir dan Alex Rins, belum menemukan titik terang. Pembahasan masih berjalan alot. Di sisi lain, muncul kabar bahwa Suppo tertarik merekrut Quartararo dari Yamaha. Kebetulan Yamaha sejauh ini belum mampu mengakomodasi keinginan pembalapnya untuk melakukan perombakan mesin YZR-M1.

MotoGP 2022 akan berlanjut ke Indonesia pada Maret ini. Mampukah Quartararo menemukan penampilan terbaiknya pada seri ke-2 di Sirkuit Mandalika? 

Baca Juga: Fabio Quartararo Kuasai Tes Pramusim MotoGP Hari Kedua di Qatar

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya