Comscore Tracker

Francesco Bagnaia Pole Sitter GP Sachsenring, Ducati Semringah 

Setelah 12 balapan, Ducati akhirnya kembali pole position

Garasi MotoGP heboh usai Francesco Bagnaia rebut pole position di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Sabtu (18/6/2022). Setelah menunggu 12 kali balapan sejak tahun 2008, Francesco Bagnaia bersama motor Desmosedici akhirnya start dari grid terdepan musim 2022.

Keberhasilan Francesco Bagnaia terlihat sejak sesi latihan bebas. Pada sesi FP2 dan FP3, Pecco keluar sebagai pembalap tercepat. Sedangkan sesi FP1 dan FP4, pembalap asal Italia ini sukses bercokol di urutan kedua. 

1. Musim terbaik Ducati di Sirkuit Sachsenring

Francesco Bagnaia Pole Sitter GP Sachsenring, Ducati Semringah Casey Stoner (instagram.com/official_cs27)

Saat Casey Stoner masih membalap bersama Ducati, pembalap Australia itu selalu start dari front row. Juara dunia MotoGP 2007 itu pernah dua kali menjadi pole sitter, satu kali start dari grid ke-2 dan ke-3, di Sirkuit Sachsenring. 

Tahun 2008 adalah tahun terbaik tim Ducati di Sirkuit Sachsenring. Selain meraih pole position, Casey Stoner juga keluar sebagai juara balapan di Sirkuit Sachsenring. 

2. Rekor Ducati sejak era kualifikasi terbaru 

Francesco Bagnaia Pole Sitter GP Sachsenring, Ducati Semringah Francesco Bagnaia (instagram.com/pecco63)

Skema kualifikasi saat ini adalah dua sesi kualifikasi Q1 dan Q2. Skema ini telah bergulir sejak tahun 2013. Sayangnya, hingga musim 2021, pembalap Ducati belum pernah start dari grid pertama. 

Dari delapan balapan era kualifikasi baru, start terbaik tim Borgo Panigale ialah urutan kedua dari tahun 2016—2018. Pada tahun 2016, grid kedua milik Hector Barbera dari Avintia Racing. Tahun 2017 dan 2018, Danilo Petrucci jadi pembalap Ducati terbaik di bawah naungan tim Pramac Racing.

Baca Juga: Kisah Anton Mang, Satu-satunya Legenda MotoGP Asal Jerman

3. Francesco Bagnaia perbaiki catatan kualifikasi Ducati 

Francesco Bagnaia Pole Sitter GP Sachsenring, Ducati Semringah Francesco Bagnaia (instagram.com/ducaticorse)

Berbekal Desmosedici GP22, Francesco Bagnaia mengobrak-abrik Sirkuit Sachsenring, Jerman, pada sesi latihan bebas dan kualifikasi. Anak didik Valentino Rossi ini mencatatkan waktu 1 menit 19,765 detik pada sesi FP3. Dengan catatan waktu tersebut, Pecco berhasil mencatatkan rekor fastest race lap. Padahal, pada sesi FP2 ia juga sudah memecahkan rekor tersebut dengan catatan waktu 1 menit 20,018 detik.

Francesco Bagnaia kembali membuat geger paddock MotoGP usai sesi kualifikasi Q2. Pecco memperbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 19,765 detik sekaligus mencatatkan rekor baru best race lap. Berkat penampilan impresif tersebut, Bagnaia menjadi pole sitter sesi balapan yang akan berlangsung pada hari, Minggu (19/6/2022) ini. 

4. Enam pembalap Ducati start dari urutan sepuluh besar 

Francesco Bagnaia Pole Sitter GP Sachsenring, Ducati Semringah urutan start GP Sachsenring 2022 (instagram.com/motogp)

Selain Francesco Bagnaia yang meraih pole position, lima pembalap Ducati lain juga meraih hasil impresif. Johann Zarco start dari grid ke-3. Ia berada di belakang Fabio Quartararo yang start di urutan ke-2.

Posisi ke-5 jadi milik rookie Gresini Racing, Fabio Di Giannantonio yang diikuti oleh Jack Miller di urutan ke-6. Selain itu, ada Luca Marini di urutan ke-7 dan Jorge Martin di posisi ke-8.

5. Para punggawa Ducati siap melibas Sirkuit Sachsenring 

Francesco Bagnaia Pole Sitter GP Sachsenring, Ducati Semringah para pembalap Ducati 2022 (instagram.com/paolociabatti)

Tentu bukan hal mudah meraih kemenangan di sirkuit yang kurang bersahabat dengan motor Desmosedici GP. Para pembalap Ducati akan mendapat perlawanan kuat, khususnya dari Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro. Kedua pembalap itu merupakan dua pembalap terkuat sepanjang musim MotoGP 2022 bergulir.

Berbekal delapan peluru yang memulai balapan dari posisi terbaik, Ducati siap mengubrak-abrik Sirkuit Sachsenring musim 2022. Bukan tidak mungkin jika Ducati mampu meraih kemenangan setelah 12 musim lamanya menunggu.

Sirkuit Sachsenring memang jadi momok menakutkan bagi para pembalap Ducati. Sejauh ini, hanya satu pembalap Ducati yang mampu menaklukan Sirkuit Sachsenring, yakni Casey Stoner. Menurut kamu, mampukah para pembalap Ducati musim ini berdiri di puncak tertinggi?

Baca Juga: 6 Pembalap Tuan Rumah yang Pernah Podium di MotoGP Jerman

Rizki P. Zuwandono Photo Verified Writer Rizki P. Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya