Honda Terseok-seok karena Motor RC213V 2023 Belum Maksimal

Pembalap belum mendapat pengaturan terbaik

Tes resmi MotoGP di Sirkuit Algarve, Portugal, Sabtu—Minggu (11—12/3/2023) menutup serangkaian tes menjelang MotoGP 2023. Data yang telah dikumpulkan menentukan pilihan paket apa yang akan digunakan tim untuk musim ini.

Di antara enam pabrikan yang berlaga, Honda belum menunjukkan potensi terbaiknya. Pasalnya, kedua pembalap mereka, Marc Marquez dan Joan Mir, belum nyaman berkendara di atas RC213V.

1. Hasil tes resmi di Sirkuit Algarve

Honda Terseok-seok karena Motor RC213V 2023 Belum MaksimalMarc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Sepanjang tes resmi di Sirkuit Algarve, kedua penggawa Repsol Honda menjajal beberapa komponen baru. Meski begitu, mereka mengaku belum dapat mengeluarkan potensi terbaik RC213V.

Berdasarkan catatan waktu gabungan, Joan Mir menjadi pembalap tercepat Repsol Honda. Ia bertengger di posisi ke-14. Sementara, Marc Marquez bercokol di posisi ke-19.

Mereka tak berharap kondisinya seperti ini. Tak dimungkiri jika mereka cukup kecewa dengan hasil yang mereka catat.

2. Bongkar pasang komponen

Honda Terseok-seok karena Motor RC213V 2023 Belum Maksimalgarasi Repsol Honda (instagram.com/hrc_motogp)

Penggawa Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami beberapa masalah sepanjang tes resmi terakhir di Portugal. Pada Sabtu, ia menjajal komponen terbaru yang mereka bawa ke garasi, seperti sasis, kopling, mesin, dan aerodinamika.

Meski begitu, Marquez mengaku perubahannya tidak signifikan. Pada bagian kopling, misalnya, ia mengatakan paket teranyar itu sangat agresif dan sangat berbahaya.

Baca Juga: 6 Rookie yang Memenangi Balapan MotoGP pada Musim Debutnya

3. Adaptasi Joan Mir dengan RC213V

Honda Terseok-seok karena Motor RC213V 2023 Belum MaksimalJoan Mir (instagram.com/joanmir36official)

Joan Mir merasakan apa yang dirasakan Marc Marquez. Ia mengaku perlu beradaptasi dengan perangkat elektronik motor yang sangat agresif saat start. 

"Aku mencoba 3 kali start dan aku melakukan wheelie 3 kali. Aku sadar bahwa keputusanku pergi ke Honda membuat aku harus beradaptasi dan tidak akan memenangi balapan pertama. Saat ini, kami masih jauh dari itu," kata Mir dikutip Speedweek.

4. Optimisme saja tidak cukup

Honda Terseok-seok karena Motor RC213V 2023 Belum MaksimalMarc Marquez (instagram.com/marcmarquez93)

Pengembangan motor Repsol Honda belum maksimal. Kendati begitu, tim harus fokus pada perbaikan sebelum MotoGP 2023 dimulai akhir Maret ini. Menurut Marquez, ia dan Joan Mir harus menyatukan arah agar mendapat motor yang ideal bagi mereka. 

"Aku ingin optimistis. Namun, setelah tes hari ini, kami tak boleh terlalu optimistis. Kami tak bisa melewati 14 pembalap tercepat hari ini, kami masih tertinggal jauh," lanjut Marquez.

5. Perlu ada improvisasi

Honda Terseok-seok karena Motor RC213V 2023 Belum Maksimalgarasi Repsol Honda (instagram.com/hrc_motogp)

Berdasarkan hasil tes terakhir, Alberto Puig selaku team manager Repsol Honda mengatakan, seluruh tim perlu meningkatkan performa. Selisih waktu dengan pembalap tercepat terlalu jauh.

"Kami telah mencoba beberapa komponen baru, tetapi kami masih mencari jalan terbaik. Jika melihat catatan waktu putaran, dapat dikatakan bahwa kami harus terus mencari solusi terbaik," pungkas Puig.

Seri perdana MotoGP 2023 akan berlangsung pada 24—26 Maret 2023 di Sirkuit Algarve, Portugal. Dengan potensi Repsol Honda saat ini, mereka perlu segera berbenah jika ingin tampil meyakinkan di jajaran pembalap terdepan.

Baca Juga: 5 Senjata Rahasia Aprilia Racing di MotoGP 2023, Bikin Merinding!

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya