6 Rookie yang Memenangi Balapan MotoGP pada Musim Debutnya

Tidak banyak rookie dengan prestasi seperti mereka

Memenangi balapan di MotoGP bukanlah hal mudah. Beberapa pembalap bahkan butuh waktu lama sebelum merasakan kemenangan. Hanya sedikit pembalap yang dapat memenangi balapan dan menjadi juara dunia.

Walaupun sulit, beberapa pembalap dikaruniai bakat luar biasa. Mereka mampu memenangi balapan, bahkan pada musim debutnya. Baru menjalani musim pertamanya, mereka sangat diperhitungkan karena kemampuannya.

1. Valentino Rossi

6 Rookie yang Memenangi Balapan MotoGP pada Musim DebutnyaValentino Rossi pada BritishGP 2000. (motogp.com)

Valentino Rossi memulai perjalanannya di kelas MotoGP pada 2000, yang saat itu masih bernama GP500. Dua balapan pertamanya harus berakhir prematur karena kecelakaan. Namun, di balapan keempatnya, Rossi berhasil mendapatkan podium.

Setelah menunggu selama sembilan balapan, akhirnya Rossi meraih kemenangan pertamanya di GP Inggris di Sirkuit Donington Park, Inggris. Setelah itu, Rossi kembali memenangi balapan di GP Rio de Janeiro.

Pada musim debutnya, Rossi berhasil mengumpulkan 10 podium dari 16 balapan dan menjadi penantang gelar untuk musim 2000. Meskipun tampil impresif, Rossi harus puas dengan posisi runner-up setelah kalah perolehan poin dari Kenny Roberts Jr yang menjadi juara. Namun, menjadi runner-up tetaplah sebuah prestasi yang luar biasa, apalagi bagi seorang rookie.

2. Dani Pedrosa

6 Rookie yang Memenangi Balapan MotoGP pada Musim DebutnyaPedrosa (26) dan Nicky Hayden (69) pada Grand Prix of China 2006. (motogp.com)

Dani Pedrosa mengawali kariernya di MotoGP pada 2006 setelah menjuarai kelas 250cc pada 2004 dan 2005 serta kelas 125cc pada 2003. Pada balapan debutnya, Pedrosa selesai di urutan kedua di belakang pembalap Ducati, Loris Capirossi.

Di balapan keempatnya, Pedrosa berhasil meraih pole position perdananya dan keluar sebagai pemenang pada akhir balapan. Tak hanya sekali, Pedrosa berhasil memenangi dua balapan pada musim perdananya di MotoGP, yaitu GP China dan GP Inggris. Hasil ini membawa Pedrosa finis kelima di klasemen akhir dan mendapatkan gelar Rookie of the Year 2006.

3. Jorge Lorenzo

6 Rookie yang Memenangi Balapan MotoGP pada Musim DebutnyaJorge Lorenzo pada PortugueseGP 2008. (motogp.com)

Setelah menjuarai kelas 250cc 2 tahun beruntun, Jorge Lorenzo naik ke kelas MotoGP pada 2008 bersama Yamaha. Lorenzo berhasil mencatatkan pole position dan finis di podium di tiga balapan pertamanya. Di balapan ketiganya pada GP Portugal, Lorenzo berhasil mengonversikan pole position-nya menjadi kemenangan pertamanya di MotoGP.

Catatan apiknya harus terhenti akibat kecelakaan pada sesi latihan bebas GP China yang membuat kedua pergelangan kakinya patah. Meskipun mengalami cedera, Lorenzo berhasil finis keempat di GP China dan kembali ke podium di balapan selanjutnya.

Hingga akhir musim 2008, Lorenzo berhasil mengumpulkan enam podium dan berada di peringkat keempat klasemen akhir. Atas capaian tersebut, Lorenzo dianugerahi gelar Rookie of the Year 2008. 

Baca Juga: Potret 10 Tahun Perjalanan Tim MotoGP Milik Valentino Rossi

4. Marc Marquez

6 Rookie yang Memenangi Balapan MotoGP pada Musim DebutnyaMarc Marquez merayakan kemenangannya di COTA. (twitter.com/marcmarquez93)

Marc Marquez datang ke MotoGP bersama Repsol Honda Team dan berstatus sebagai juara Moto2 2012. Marquez menggantikan Casey Stoner yang memutuskan pensiun pada 2012.

Pada balapan pembuka MotoGP 2013, Marquez berhasil finis di urutan ketiga. Hanya butuh dua balapan bagi Marquez untuk meraih kemenangan pertamanya. Hal itu terjadi pada putaran kedua MotoGP 2013 di Circuit of the Americas.

Bukan hanya sekali, Marc Marquez berhasil memenangi enam balapan pada musim debutnya. Ia mengumpulkan 16 podium dari 18 balapan. Dengan hasil mentereng tersebut, Marquez berhak atas gelar juara MotoGP 2013. Marquez pun menjadi satu-satunya rookie yang menjadi juara dunia pada era MotoGP 4-tak.

5. Brad Binder

6 Rookie yang Memenangi Balapan MotoGP pada Musim DebutnyaBrad Binder meraih kemenangan di Sirkuit Brno. (motogp.com)

Brad Binder merupakan talenta spesial yang diboyong KTM ke MotoGP pada 2020 lalu. Juara Moto3 2016 dan runner-up Moto2 2019 ini menjadi salah satu pembalap yang diperhitungkan saat ini.

Brad Binder hanya membutuhkan tiga balapan untuk mendapatkan kemenangan pertamanya. Ia memenangi GP Ceko di Sirkuit Brno, Republik Ceko. Kemenangan ini sekaligus menjadi kemenangan pertama bagi KTM di MotoGP. Brad Binder juga menjadi rookie pertama yang mampu memenangi balapan setelah Marc Marquez pada 2013.

6. Jorge Martin

6 Rookie yang Memenangi Balapan MotoGP pada Musim DebutnyaJorge Martin meraih kemenangan di StyrianGP 2021. (twitter.com/88jorgemartin)

Jorge Martin naik ke kelas MotoGP bersama Pramac Racing pada 2021. Di balapan keduanya di Sirkuit Lusail, Qatar, ia berhasil merebut pole position dan menyelesaikan balapan di posisi ketiga. Hasil ini sekaligus menjadi podium pertamanya di MotoGP.

Pada ronde kesepuluh MotoGP 2021, Martin yang memulai balapan dari pole position mampu mengunci kemenangan pertamanya di MotoGP. Ia memanfaatkan restart akibat insiden antara Dani Pedrosa dan Lorenzo Savadori pada lap ketiga.

Hingga akhir musim, Jorge Martin berhasil mengumpulkan 4 podium termasuk 1 kemenangan. Martin mengungguli rookie lainnya dan berhak atas gelar Rookie of the Year 2021. 

Memenangi balapan bukanlah hal yang mudah. Pembalap harus berlatih keras dan terus mengasah kemampuan untuk menjadi yang terdepan. Walaupun sulit, beberapa pembalap memiliki kemampuan luar biasa sehingga bisa memenangi balapan dan menjadi juara. 

Baca Juga: Kenang MotoGP 2015, Valentino Rossi: Aku Layak Dapat Gelar Juara Dunia

Wirma Gani Photo Writer Wirma Gani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya