Insiden Fabio Quartararo jadi Panjang, Yamaha Bawa ke Pengadilan

Yamaha mengajukan banding ke pengadilan olahraga

Insiden terperosoknya Fabio Quartararo ke gravel Sirkuit Assen berbuntut panjang. Juara dunia MotoGP 2021 itu tidak percaya bahwa dirinya akan dihadiahi long lap penalty pada seri GP Silverstone, Inggris, oleh panel stewards.

Pembalap berjuluk El Diablo itu sangat menyayangkan keputusan itu, padahal menurutnya, apa yang dialaminya ialah insiden balapan. Para petinggi Yamaha pun mengkritik keras keputusan itu dan akan membawa permasalahan ini ke pengadilan olahraga.

1. Insiden Fabio Quartararo di Sirkuit Assen 

Fabio Quartararo datang ke Sirkuit Assen sebagai pemuncak klasemen MotoGP. Sayangnya, Quartararo harus merasakan kerasnya kerikil Assen. Saat membalap, ia terperosok ke gravel saat balapan baru berjalan lima putaran. 

Tidak hanya itu, ia turut membawa Aleix Espargaro ke sisi lintasan. Walaupun tidak jatuh, Aleix harus kembali memulai balapan dari urutan kelima belas. Sedangkan Quartararo disusul oleh semua pembalap.

2. Penyelidikan stewards 

Insiden Fabio Quartararo jadi Panjang, Yamaha Bawa ke PengadilanFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Usai insiden tersebut, panel stewards memutuskan untuk menyelidiki penyebab kecelakaan itu. Fabio Quartararo sempat dipanggil oleh tim stewards. Berdasarkan hasil penyelidikan, wasit MotoGP itu memberikan hukuman long lap penalty kepada Quartararo. 

Menurut stewards, pembalap bernomor 20 itu terlalu ambisius menyusul Aleix Espargaro, padahal menurut mereka, kondisi itu terlalu memaksakan hingga membuat balapan Aleix Espargaro terganggu. 

Baca Juga: Yamaha Kritik Long Lap Penalty terhadap Fabio Quartararo

3. Fabio Quartararo kritik stewards 

Insiden Fabio Quartararo jadi Panjang, Yamaha Bawa ke PengadilanFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Fabio Quartararo sangat menyayangkan hukuman yang diberikan kepadanya. Ia berkaca pada insiden-insiden lain tahun 2022 yang menurutnya lebih berbahaya ketimbang insiden yang ia alami bersama Aleix Espargaro. 

Usai balapan, Quartararo pun mengkritik keputusan itu. Ia mengatakan bahwa ia tidak akan bisa menyusul pembalap karena mereka berpikir hal itu terlalu ambisius. 

“Selamat untuk stewards karena pekerjaan luar biasa kalian. Lain kali, aku tidak akan menyusul karena takut terkena penalti,” kata Quartararo dikutip The Race.

4. Yamaha siap tuntut ke pengadilan 

Insiden Fabio Quartararo jadi Panjang, Yamaha Bawa ke PengadilanMaio Meregalli (instagram.com/yamahamotogp)

Lin Jarvis mengaku bahwa keputusan yang diberikan kepada pembalapnya itu sangat berlebihan. Ia pun tidak percaya dengan hasil keputusan stewards, padahal, Quartararo dan tim Monster Energy Yamaha, sangat menjunjung tinggi sportivitas. 

Ketidakadilan itu membuat Yamaha berencana untuk melayangkan banding ke badan arbitrase olahraga atau Court of Arbitration of Sport (CAS), yang berbasis di Swiss. Lin Jarvis beranggapan bahwa stewards sangat tidak konsisten dalam mengambil keputusan.

5. Fabio Quartararo sambangi garasi Aprilia untuk meminta maaf

Usai insiden kecelakaan yang melibatkan Aleix Espargaro, Quartararo segera menyambangi garasi Aprilia. Pembalap berumur 23 tahun itu menyampaikan permintaan maaf secara langsung kepada Aleix. 

Kendati balapannya terganggu, Aleix menyambut hangat sikap yang diperlihatkan Quartararo. Mereka pun berpelukan dan saling memaafkan, serta kembali tertawa bersama.

 

Tidak ada yang menyangka jika Quartararo diberi hukuman long lap penalty di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 7 Agustus 2022, nanti. Hukum memang harus ditegakkan, tapi, jika kondisinya seperti itu, apakah Fabio Quartararo layak diberi hukuman? Pendapat kamu gimana?

Baca Juga: Quartararo Terjatuh 2 Kali Sampai Kena Penalti, Ini Sebabnya!

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya