Karier Joan Mir di Repsol Honda Dipertaruhkan di MotoGP 2024

Optimistis dapat tampil kompetitif

Joan Mir merapat ke garasi Repsol Honda pada 2023. Nahas, juara dunia MotoGP 2020 ini terseok-seok membalap di atas motor Honda RC213V. Serangkaian nasib buruk menghantui performa Mir sepanjang 2023. 

Karier Mir pun dipertaruhkan pada 2024 ini. Ia harus menunjukan kualitasnya jika ingin bertahan di Repsol Honda. Pasalnya, bursa transfer pembalap 2025 akan berlangsung panas karena banyak pembalap yang habis masa kontrak.

Kondisi ini tentu membuat Mir khawatir. Ia harus bertarung habis-habisan pada tiap seri balapan. Berikut cuitan Joan Mir dikutip dari Crash.

1. Joan Mir menjalani musim debut yang buruk bersama Repsol Honda

Karier Joan Mir di Repsol Honda Dipertaruhkan di MotoGP 2024Joan Mir (kiri) (instagram.com/joanmir36official)

Joan Mir berstatus pembalap Repsol Honda pada 2023. Ia bertandem dengan Marc Marquez yang punya pengalaman panjang bersama Repsol Honda. Namun, fase adaptasi di atas motor Honda RC213V tak berjalan mulus. 

Pembalap asal Spanyol ini hanya meraih 26 poin sepanjang 2023. Angka tersebut menunjukan Mir tak bisa bicara banyak. Bayangkan saja, pembalap sekaliber Mir hanya mampu mendulang poin pada 5 seri dari total 20 seri balapan. Hasil tersebut tak sesuai harapan. 

Disela peluncuran livery Repsol Honda yang digelar pada 12 Februari 2023, Joan Mir mengatakan, MotoGP 2023 adalah musim yang sangat buruk. Ia berharap kondisi itu tak terulang musim ini. Ia ingin memberikan hasil ciamik kepada tim dan membawa motor Honda RC213V kembali kompetitif.

Baca Juga: Melihat Kembali Performa Joan Mir di MotoGP 2023, Terpuruk!

2. Restrukturisasi tim bikin Joan Mir senang

Karier Joan Mir di Repsol Honda Dipertaruhkan di MotoGP 2024tim Repsol Honda 2024 (instagram.com/hrc_motogp)

Perpisahan Marc Marquez dengan Repsol Honda sekaligus jadi momen perombakan tim. Saat ini, Joan Mir ditemani Santi Hernandez yang bertugas sebagai crew chief. Tak hanya itu, ia pun dukung mantan teknisi Marquez.

“Ini perubahan yang sangat baik. Kami menciptakan atmosfer yang sangat baik di garasi. Kami dapat bekerja sama dengan baik.

Komunikasi dengan mekanik sangat baik. Aku sangat menikmati kerja sama ini. Aku pikir kami akan menjadi tim yang baik musim ini,” kata Joan Mir dikutip Crash

3. Joan Mir optimistis meski motor masih dalam pengembangan

Karier Joan Mir di Repsol Honda Dipertaruhkan di MotoGP 2024Honda RC213V 2024 (instagram.com/hrc_motogp)

Kenyamanan Joan Mir di garasi bukan jaminan kariernya aman. Ia tentu harus memberikan hasil signifikan bagi Honda musim ini. Namun, kondisi motor yang masih dalam pengembangan tentu membuatnya tak nyaman. 

Mir mengatakan, motor RC213V berubah signifikan. Saat menjajal protipe terbaru RC213V 2024, Mir meraih hasil positif di Sepang. Ia terpaut 0,692 detik dari Enea Bastianini yang keluar sebagai pembalap tercepat. 

“Kami mencoba banyak hal dan mengonfirmasi hal-hal berjalan baik. Basis motor yang kami miliki membuat aku nyaman. Ini langkah besar yang aku ambil di sini.

Aku bisa meningkatkan putaran waktu dan jika dibandingkan dengan hasil kualifikasi tahun lalu di sini, aku lebih cepat. Kami yakin punya potensi dan akan terus melanjutkan pekerjaan karena kami masih tertinggal,” lanjut Joan Mir.

Kendati begitu, Joan Mir mengakui jika musim 2024 akan menentukan karier profesionalnya. Ia tak ingin tahun kedua bersama Honda berjalan buruk. Meski begitu, ia dan tim tetap optimistis menatap musim 2024. 

Posisi Joan Mir di Repsol Honda dipertaruhkan musim ini. Ia perlu membuktikan dirinya kompetitif di atas Honda RC213V. Jika tak kunjung memberikan hasil baik, maka bukan tak mungkin posisinya akan diisi pembalap lain pada 2025. Apakah Joan Mir dapat meningkatkan performanya musim ini?

Baca Juga: Joan Mir Berharap Honda Segera Bangkit dari Keterpurukan

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something. Jika ada pertanyaan: rizkizuwandono@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya