Monster Energy Yamaha Butuh Pembalap Mumpuni dan Sarat Pengalaman

Percaya kepada Alex Rins

Yamaha membuka jendela transfer pembalap MotoGP 2023 dengan berita mengejutkan. Mereka memboyong Alex Rins dari LCR Honda untuk 2024 sebagai tandem Fabio Quartararo di atas motor YZR-M1. Rins akan mengisi posisi Franco Morbidelli yang kontraknya tak diperpanjang Yamaha.

Performa Rins selama berkarier di kelas para raja patut diacungi jempol. Saat berseragam Suzuki Ecstar, Rins tercatat 104 kali turun membalap di atas motor GSX-RR. Hingga saat ini, pembalap bernomor 42 itu mengoleksi 6 kemenangan dan 18 podium. 

Alex Rins merupakan sosok yang ceria. Saat berseragam Suzuki, ia akrab dengan Joan Mir. Mereka saling membantu agar mendapatkan hasil maksimal pada tiap seri.

1. Takaaki Nakagami terkejut dengan kepindahan Alex Rins

Monster Energy Yamaha Butuh Pembalap Mumpuni dan Sarat PengalamanTakaaki Nakagami (instagram.com/takanakagami)

Takaaki Nakagami bertandem dengan Alex Rins di bawah naungan LCR Honda pada  2023. Setelah konfirmasi kepindahan Rins ke Yamaha musim depan, Nakagami mengaku terkejut. Padahal, mereka berdua baru beberapa kali membalap bersama. 

“Ia (Rins) beberapa tahun bersama warna biru (Suzuki) dan ia akan kembali ke warna biru (Yamaha). Aku pikir biru adalah warna favoritnya. Ia memiliki bakat, sayangnya ia harus mengalami cedera. Aku berharap ia dapat segera pulih dan aku berharap ia dapat kembali membalap secepatnya,” kata Nakagami dikutip Crash.

Baca Juga: Merapat ke Yamaha, Alex Rins Punya Kans Cetak Rekor Langka

2. Fabio Quartararo ingin menyesuaikan diri dengan Alex Rins pada 2024

Monster Energy Yamaha Butuh Pembalap Mumpuni dan Sarat PengalamanFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Pengalaman Alex Rins bersama Suzuki dan Honda menjadi keuntungan bagi Yamaha. Rins tentu dapat memberikan masukan-masukan positif dalam pengembangan motor YZR-M1 musim depan. Hal itu pun diakui calon rekan satu timnya, Fabio Quartararo. 

Pembalap asal Prancis itu mengaku, kedatangan Rins ke Yamaha tentu membuatnya harus melakukan penyesuaian ulang. Pasalnya, sejak Quartararo membalap di kelas utama, ia selalu bertandem dengan Franco Morbidelli (Yamaha SRT dan Monster Energy Yamaha). Kehadirannya di garasi Yamaha musim depan membuatnya harus beradaptasi dengan pendekatan Rins. 

“Soal Alex, ini merupakan tantangan baru bagi kami. Tak hanya tim, tetapi juga saya sebagai tandem. Dia (Rins) punya pengalaman panjang di atas motor yang berbeda dengan apa yang kita miliki,” lanjut Quartararo.

3. Strategi alternatif jika Alex Rins tak setuju dengan kontrak Yamaha

Monster Energy Yamaha Butuh Pembalap Mumpuni dan Sarat PengalamanTim Monster Energy Yamaha MotoGP (instagram.com/yamahamotogp)

Kontrak Alex Rins bersama Honda berdurasi 1 tahun. Ia masih akan membalap bersama mereka pada 2023 ini. Rins sendiri punya catatan baik bersama Honda di Circuit of the Americas. Ia meraih kemenangan pertama bersama LCR Honda di sana. Torehan tersebut tentu menjadi pembuktian kepada tim jika Rins memang mampu diandalkan sehingga kemungkinan perpanjangan kontrak bisa saja terjadi.

Untuk mengantisipasi hal itu, selama proses pendekatan, Yamaha sudah mempersiapkan beberapa nama pengganti. Tahun lalu, misalnya, nama Alonso Lopez sempat disebut-sebut Lin Jarvis. Selain itu, ada juga Tony Arbolino yang saat ini masuk radar perebutan gelar juara dunia Moto2.

Meski demikian, Yamaha terus berupaya mendekati Alex Rins. Lin Jarvis selaku managing director Yamaha mengatakan, mereka fokus menggaet sang pembalap sampai dapat. Pasalnya, kebutuhan Yamaha saat ini bukan pembalap rookie, melainkan pembalap sarat pengalaman seperti Rins.

“Dia (Rins) merupakan petarung sejati. Ia punya bakat alami dan terkadang melakukan hal yang sensasional. Rins mencatat 2 kemenangan bersama 2 pabrikan (Suzuki dan Honda),” pungkas Jarvis.

Kedatangan penggawa anyar tentu menjadi angin segar bagi Yamaha musim depan. Melihat kondisi mereka saat ini yang tertatih-tatih, Yamaha berharap pengalaman Rins dapat memberikan pengaruh positif bagi tim di garasi. Mampukah Alex Rins menjawab tantangan tersebut musim depan?

Baca Juga: Tugas Berat Alex Rins Sepeninggal Franco Morbidelli dari Yamaha

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya