Nasib Buruk Kembali Menghantui Garasi Repsol Honda, Tak Dulang Poin!

Dua penggawa Repsol Honda gagal finis di sesi main race

Paruh kedua MotoGP 2023 dimulai setelah gelaran pembuka di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada 4—6 Agustus 2023. Tim Repsol Honda membawa kabar gembira dengan kembalinya dua penggawa mereka, Marc Marquez dan Joan Mir. Mereka telah melewati proses pemulihan cedera dan telah dinyatakan fit untuk turun mengaspal.

Berbekal optimisme tinggi, tim pabrikan Honda ini berupaya semaksimal mungkin untuk meraih hasil positif. Nahasnya, rasa optimis tersebut tak berbuah manis. Kedua pembalapnya tak berhasil membawa satu pun poin pada balapan bertajuk Monster Energy British Grand Prix.

Simak beberapa catatan terbaru tim pabrikan Repsol Honda pada gelaran MotoGP di Sirkuit Silverstone, Inggris.

1. Ikhtisar paruh pertama MotoGP 2023

Nasib Buruk Kembali Menghantui Garasi Repsol Honda, Tak Dulang Poin!MotoGP 2023 (instagram.com/hrc_motogp)

Tak dimungkiri bahwa saat ini pabrikan Honda disibukan dengan performa motor yang tak kompetitif. Penyesuaian diberbagai aspek tak menunjukan hasil signifikan bagi para pembalap. Marc Marquez dan Joan Mir tak bisa berbuat banyak. Alih-alih bertarung memperebutkan podium, mereka cenderung kesulitan melewati garis finis sepanjang paruh musim pertama.

Dari 8 balapan main race, kedua pembalap Repsol Honda hanya tercatat 1 kali melewati garis finis. Momen itu diraih oleh Mir pada balapan perdana di Sirkuit Algarve, Portugal. Sementara itu, Marc Marquez tak pernah melewati garis finis sepanjang paruh musim pertama.

2. Comeback dengan kekuatan penuh

Nasib Buruk Kembali Menghantui Garasi Repsol Honda, Tak Dulang Poin!Joan Mir dan Marc Marquez (instagram.com/hrc_motogp)

Kedua penggawa tim Repsol Honda comeback di Sirkuit Silverstone dengan kekuatan penuh. Marquez dan Mir telah berhasil melewatkan masa-masa pemulihan cedera. Itu berarti, mereka dapat mengeluarkan seluruh potensi yang mereka miliki untuk kembali menggeber motor Honda RC213V di sirkuit sepanjang 5,9 km itu.

Sepanjang hari free practice (FP), Marc dan Mir mencari pengaturan motor terbaik. Mereka (tim Repsol Honda) menyadari bahwa paruh musim kedua MotoGP 2023 akan berlangsung padat. Bagi mereka, istirahat sepanjang 5 pekan sudah cukup dan waktunya untuk kembali mencari tempat terbaik di setiap sesi balapan sepanjang akhir pekan.

3. Nasib buruk kembali menghantui Repsol Honda

Nasib Buruk Kembali Menghantui Garasi Repsol Honda, Tak Dulang Poin!Marc Marquez dan Alberto Puig (instagram.com/hrc_motogp)

Hasil buruk kembali menghantui Repsol Honda pada sesi main race. Alih-alih mendulang torehan positif, mereka mengalami nasib buruk. Marquez dan Mir tak berhasil melewati garis finis setelah mengalami insiden kecelakaan.

Marc Marquez bersentuhan dengan Enea Bastianini dan meluncur sisi lintasan. Sementara itu, rekan satu timnya, Joan Mir, juga tak berhasil menyentuh garis finis. Ini jadi catatan buruk tambahan bagi Repsol Honda yang sejauh ini baru mengumpulkan 20 poin dalam klasemen tim terbaik musim 2023.

4. Berharap dapat tampil kompetitif pada seri berikutnya

Nasib Buruk Kembali Menghantui Garasi Repsol Honda, Tak Dulang Poin!Joan Mir dan Alberto Puig (instagram.com/hrc_motogp)

Torehan di Sirkuit Silverstone tentu tak sesuai dengan ekspektasi tim pabrikan sekaliber Repsol Honda apalagi dengan dua pembalapnya yang mumpuni. Dalam wawancaranya, Mir mengungkapkan bahwa momen comeback di Silverstone bukan yang mereka harapkan. Mir juga mengatakan bahwa sepanjang balapan ia mengalami masalah pengereman dan akselerasi.

“Itu bukan comeback yang aku harapkan. Aku kehilangan banyak posisi saat start. Saat proses pengeremanan pun tak sesuai dengan yang aku harapkan," ucap Mir dikutip motogphondaracingcorporation.

Meskipun demikian, Mir dan Marquez beruntung tak mengalami cedera berarti usai insiden yang mereka alami. Mereka berdua berharap pada gelaran seri ke-10 di Sirkuit Red Bull Ring - Spielberg pada 18—20 Agustus 2023, mereka dapat tampil lebih kompetitif. Apakah Marquez dan Mir bisa tampil kompetitif di sana, layak ditunggu!

Baca Juga: Hasil Debut Pembalap Repsol Honda Sepanjang Sejarah, Joan Mir di Mana?

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya