Performa Ciamik Veda Pratama di Idemitsu Asia Talent Cup 2023

Berpotensi kunci gelar juara di Sepang

Nama Veda Pratama melambung seiring dengan prestasi yang diraihnya di Idemitsu Asia Talent Cup 2023. Pada beberapa seri musim 2023, Veda kerap mendominasi balapan, baik di race 1 atau race 2. Saat ini, ia menjadi pemuncak klasemen pembalap IATC 2023.

Gelaran IATC 2023 tersisa dua seri. Kepiawaian pembalap bernomor motor 7 asal Indonesia meliuk-liuk di atas motor NSF250R membuat namanya digadang-gadang akan mengunci gelar juara dunia pembalap IATC 2023.

Begini sepak terjang pembalap Veda Pratama di Idemitsu Asia Talent Cup 2023.

1. IATC jadi kompetisi pembibitan pembalap muda

Performa Ciamik Veda Pratama di Idemitsu Asia Talent Cup 2023Veda Pratama(instagram.com/roadtomotogp)

Idemitsu Asia Talent Cup merupakan kompetisi yang dibentuk untuk pembalap-pembalap muda di wilayah Asia dan Oseania yang disponsori Dorna Sport. Penyelenggara resmi MotoGP ini membangun infrastruktur kompetisi sebelum naik ke kompetisi utama MotoGP. Tak hanya IATC, Dorna turut mensponsori beberapa kompetisi pembalap muda, seperti Red Bull Rookies Cup, R&G British Talent Cup, Northen Talent Cup, FIM MiniGP World Series, dan Finetwork FIM JuniorGP. 

MotoGP tidak jarang menarik pembalap berbakat mereka dari sini. Ayumu Sasaki, Deniz Oncu, dan Kaito Toba yang saat ini membalap di kelas Moto3 merupakan pembalap muda yang sebelumnya berkompetisi di Idemitsu Asia Talent Cup. Selain itu juga ada Somkiat Chantra, Mario Suryo Aji, dan Ai Ogura. 

Motor Honda NSF250R digunakan pembalap yang berkompetisi di IATC. Mereka pun dipantau secara langsung oleh beberapa tim ahli MotoGP. Beberapa waktu lalu, misalnya, Alberto Puig dan Hiroshi Aoyama secara langsung menilai beberapa pembalap potensial yang ditarik ke IATC 2024. 

2. Ini musim kedua Veda Pratama di Idemitsu Asia Talent Cup

Performa Ciamik Veda Pratama di Idemitsu Asia Talent Cup 2023Veda Pratama, Jakkreephat Phuettisan, dan Amon Odaki (instagram.com/asiatalentcup)

Veda Pratama sudah membalap di IATC selama 2 musim. Pada musim pertama, Veda sempat beberapa kali mendulang kemenangan. Namun, ia harus mengakui keunggulan Hakim Danish (Malaysia) dan Shinya Ezawa (Jepang) pada akhir musim. Veda mengakhiri musim 2022 di urutan ketiga klasemen. 

Berbekal pengalaman musim lalu, Veda tampil dominan musim 2023. Pembalap yang akan menginjak 15 tahun pada akhir November ini menjadi pembalap yang sangat disegani di line-up IATC 2023. Ia tak pernah absen dari podium tiap seri balapan.

3. Veda Pratama ciamik di IATC 2023

Idemitsu Asia Talent Cup menggelar 2 balapan dalam 1 seri. Sepanjang empat seri musim 2023, Veda tak pernah absen naik ke atas podium. Dari empat seri yang telah digelar, Veda berhasil 6 kali mengunci kemenangan dan 1 kali podium kedua. Hanya sekali Veda absen podium, momen ini terjadi pada race satu seri keempat IATC di Thailand. Ia hanya finis di urutan kelima setelah pertarungan ketat dengan para pembalap terdepan saat itu. 

Performa impresif yang diperlihatkan Veda pada kompetisi IATC 2023 membuat namanya menjadi favorit juara. Saat ini, ia bercokol di urutan pertama klasemen pembalap dengan 181 poin. Sementara itu, urutan kedua ditempati oleh pembalap berkebangsaan Thailand, Jakkreephat Phuettisan, dengan 107 poin. 

Dengan selisih 74 poin, Veda tentu akan tampil tanpa beban pada balapan berikutnya di Sepang, pada 10—12 November 2023. Tak hanya itu, ia pun berpotensi mengunci gelar juara IATC 2023. Merujuk pada seri pertama musim 2023 di Sirkuit Sepang, Veda finis di urutan kedua pada race 1 dan mencuri kemenangan pada race 2. Menatap seri berikutnya, bukan tak mungkin Veda mengunci gelar juara di sana jika berhasil meraih kemenangan. 

Veda Pratama merupakan pembalap potensial asal Indonesia. Ia memiliki ciri khas saat naik ke atas podium, yakni menggunakan kacamata berwarna kuning. Apakah Veda akan mengibarkan bendera Merah Putih di sana? Mari kita tunggu!

Baca Juga: Pembalap Veda Ega Pratama Tak Terbendung di ATC Mandalika

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya