Pol Espargaro Optimis Tampil Impresif di Sirkuit Silverstone, Inggris

Momentum comeback Pol Espargaro musim 2023

Penantian panjang Pol Espargaro segera berakhir setelah istirahat panjang selama 4 bulan akibat cedera. Sepanjang itu Pol fokus pada proses pemulihan kondisi fisik. Kabar baik tersebut disampaikan langsung Pol pada laman media sosial pribadinya.

Balap motor merupakan dunia yang dicintai Pol Espargaro karena sejak kecil dirinya selalu berada di atas motor untuk membalap. Tak ada yang membayangkan dirinya harus beristirahat dari dunia yang membesarkan namanya. Berikut kabar terbaru kondisi Pol Espargaro jelang comeback di GP Inggris pada 3—6 Agustus 2022. Seperti apa persiapannya?

1. Empat bulan merana

Pol Espargaro Optimis Tampil Impresif di Sirkuit Silverstone, InggrisPol Espargaro (instagram.com/polespargaro)

Gelaran perdana MotoGP 2023 di Sirkuit Portimao mengubur mimpi comeback di atas motor RC16. Motor yang identik dengan pabrikan KTM tersebut digunakan oleh tim Gasgas Factory Racing Tech3 yang notabene bernaung di bawah grup yang sama, yakni Pierer Mobility Group, bersama KTM dan Husqvarna. Kerinduan membalap di atas motor RC16 Gasgas tertunda akibat insiden kecelakaan fatal pada sesi free practice 2 (FP2) di Portugal.

Usai terpelanting dari atas motor, Pol dihampiri oleh tim medis di lintasan. Setelah menjalani beberapa pemeriksaan, ia didiagnosis mengalami patah tulang rahang, memar paru-paru dan cedera tulang belakang. Ia pun naik ke atas meja operasi.

Tak henti di situ, ia harus melewati berbagai program pemulihan. Bahkan, selama 1 bulan pertama pascaoperasi, asupan nutrisi hanya ditunjang oleh makanan cair sehingga membuat berat badannya menurun drastis. Meskipun begitu, Pol dapat melewati fase sulit itu dengan baik.

2. Berbagai dukungan kepada Pol Espargaro

Pol Espargaro Optimis Tampil Impresif di Sirkuit Silverstone, InggrisPol Espargaro (instagram.com/polespargaro)

Proses penyembuhan tak hanya fisik, tetapi juga mental. Kecelakaan yang hampir merenggut karier balapnya itu tentu berdampak pada kesehatan mental. Namun, mentalitasnya tak perlu diragukan.

Selain hasrat pribadi, Pol mendapat dukungan dari berbagai pihak. Pol menyampaikan terima kasihnya kepada keluarga dan sponsor yang telah membantunya melewati masa-masa sulit. Sesama rekan pembalap dan tim-tim MotoGP memberikan dukungan kepada Pol Espargaro agar kembali mengaspal.

Baca Juga: Pol Espargaro Belum Bisa Balapan karena Cedera

3. GP Inggris momentum comeback

Pol Espargaro Optimis Tampil Impresif di Sirkuit Silverstone, InggrisPol Espargaro (instagram.com/gasgas.motorsports)

Dokter memberikan lampu hijau kepada Pol Espargaro untuk turun mengaspal. Meskipun demikian, Pol mengakui bahwa momen comeback di GP Inggris tentu bukan perkara mudah. Empat bulan beristirahat dari aktivitas berat tentu membuatnya harus menyesuaikan diri dengan jadwal kompetisi yang padat. 

Namun, Pol menatap optimis gelaran MotoGP Inggris. Ia akan memberikan seluruh potensinya agar dapat kembali bersaing memperebutkan podium, khususnya sprint race. Insiden kecelakaan di Portugal yang merupakan balapan perdana MotoGP 2023 membuatnya harus menyesuaikan diri dengan atmosfer format balapan terbaru.

4. Pol Espargaro mengaku optimis

Pol Espargaro Optimis Tampil Impresif di Sirkuit Silverstone, InggrisPol Espargaro (instagram.com/polespargaro)

Bagi Pol Espargaro, hal itu bukan kendala besar. Adik Aleix Espargaro ini mengaku cukup optimis menatap gelaran MotoGP Silverstone. Ia berkomitmen memberikan seluruh kekuatannya agar dapat bersaing dan membawa poin maksimal di sana.

"Aku ingin mendorong dan meninkatkan level dan agar dapat mendekat kepada pembalap-pembalap tercepat. Aku sangat menyukai Silverstone. Aku menang saat di Moto2 dan itu bagus bagiku menatap paruh kedua musim ini di Inggris," papar Pol Espargaro dikutip Speedweek.

5. Sambutan tim Gasgas Factory Racing

Pol Espargaro Optimis Tampil Impresif di Sirkuit Silverstone, InggrisPol Espargaro (instagram.com/tech3racing)

Berita comeback Pol Espargaro pada balapan perdana paruh musim kedua di Silverstone, Inggris, tentu membuat banyak pihak semringah. Tim Gasgas Factory Racing Tech3 dapat bertarung pada balapan dengan komposisi pembalap terbaiknya bersama Augusto Fernandez. Hal itu disampaikan oleh Nicolas Goyon selaku manajer tim saat mendengar kabar comeback Pol. 

Meski begitu, Goyon menggarisbawahi bahwa sepanjang GP Silverstone, seluruh tim harus berupaya memberikan paket terbaik bagi kedua pembalapnya tersebut. Ia berharap dapat meningkatkan performa motor sesuai dengan kebutuhan mereka di sana mengingat pada paruh musim pertama hanya Augusto Fernandez yang mendulang poin bagi tim Gasgas.

 

Gelaran MotoGP bertajuk Monster Energy British Grand Prix akan menjadi momentum comeback Pol Espargaro setelah proses pemulihan cedera selama 4 bulan. Pol tentu berharap mendapat hasil terbaik. Apakah Pol dapat kembali bersaing bersama jajaran pembalap-pembalap tercepat pada MotoGP 2023?

Baca Juga: Pol Espargaro Memuji Kontribusi Augusto Fernandez di GASGAS

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya