Raul Fernandez dan KTM Sepakat Harga Putus Kontrak, Nilainya Fantastis

Masa depan Raul Fernandez masih menggantung di MotoGP

Raul Fernandez akan berpisah dengan KTM akhir musim MotoGP 2022. Ia dan KTM bersepakat untuk mengakhiri hubungan kerja sama sebelum kontraknya rampung. 

Nama Raul Fernandez sendiri santer dikaitkan dengan tim satelit Aprilia untuk ajang MotoGP 2023 musim depan, yakni RNF Team. Kendati begitu, statusnya pun masih simpang siur karena hingga saat ini belum ada kesepakatan kontrak antara Fernandez dengan tim besutan Razlan Razali tersebut. 

1. Talenta menjanjikan 

Raul Fernandez dan KTM Sepakat Harga Putus Kontrak, Nilainya FantastisRaul Fernandez (instagram.com/raulfernandez_25)

Nama Raul Fernandez digadang-gadang akan bersinar di kelas utama MotoGP setelah penampilan impresifnya di kelas intermediate musim 2021. Talenta muda Spanyol itu mengemas delapan kemenangan selama musim rookie di kelas Moto2. 

Tak sedikit pabrikan yang kepincut dengan penampilannya musim lalu. Sebelum resmi membalap di MotoGP bersama KTM, Fernandez sempat didekati oleh tim Petronas Yamaha (WithU RNF Team) dan VR46 Moto2 milik Valentino Rossi.

Meski begitu, delapan kemenangan selama bertarung di kelas intermediate tak membawanya merengkuh gelar juara dunia. Ia harus mengakui keperkasaan Remy Gardner yang notabene rekan satu timnya di tim Red Bull KTM Ajo sebagai juara dunia dengan selisih 4 poin. 

2. Tebusan 500 ribu Euro atau setara Rp7,3 miliar

Raul Fernandez dan KTM Sepakat Harga Putus Kontrak, Nilainya FantastisRaul Fernandez (instagram.com/raulfernandez_25)

Kendati demikian, patut diakui bahwa Raul Fernandez memang menjadi momok menakutkan di kelas intermediate. Hingga GP Austria musim 2021, ia santer dikaitkan dengan tim Petronas Yamaha.

KTM mematok harga 500 ribu euro atau setara Rp7,3 miliar kepada tim Petronas Yamaha jika ingin merekrutnya. Hal itu urung terjadi karena tahun lalu, Petronas selaku sponsor utama tim Razlan Razali tidak memperpanjang kontrak kerja sama. Dengan begitu, kesepakatan antara Raul dan Yamaha pun urung terjadi.

Baca Juga: Cal Crutchlow Ganti Andrea Dovizioso, Bos Tech3 KTM Beri Tanggapan

3. Raul Fernandez tak sesuai harapan KTM 

Raul Fernandez dan KTM Sepakat Harga Putus Kontrak, Nilainya FantastisRaul Fernandez (instagram.com/raulfernandez_25)

Berkat penampilan impresif selama di kelas Moto2, Raul diberi kepercayaan untuk naik ke kelas utama MotoGP. Ia masuk ke dalam tim Tech3 KTM bersama Remy Gardner. 

Sayangnya, performa Raul tak sesuai harapan KTM. Pembalap bernomor 25 itu tak menunjukan perkembangan signifikan di atas motor RC16 KTM.

Dari tiga belas seri MotoGP 2022, ia baru mengumpulkan 5 poin dan di antara para rookie lainnya. Raul pun berada di urutan paling buncit. Ia merasa kesulitan beradaptasi dengan motor MotoGP dan tak bisa tampil sekompetitif musim lalu saat menjalani musim debut di kelas intermediate.

4. Raul Fernandez akan pergi dari KTM akhir musim 2022 

Raul Fernandez dan KTM Sepakat Harga Putus Kontrak, Nilainya FantastisRaul Fernandez (instagram.com/raulfernandez_25)

Pada gelaran MotoGP Jerez, Minggu (1/5/2022), Raul Fernandez mengonfirmasi kepada tim KTM bahwa ia akan memutus kerja sama dengan KTM akhir musim MotoGP 2022. Hal itu sontak membuat geger garasi KTM. 

Ia dan manajernya melakukan pendekatan lagi dengan tim Razlan Razali. Namun, hingga kini statusnya pun masih menggantung lantaran KTM mematok harga tinggi untuk melepas pembalapnya itu. 

5. Kesepakatan harga dengan KTM 

Raul Fernandez dan KTM Sepakat Harga Putus Kontrak, Nilainya FantastisRaul Fernandez (instagram.com/raulfernandez_25)

Pada gelaran MotoGP Austria 2022, KTM dan Raul Fernandez bersepakat bahwa ia akan membayar 900 ribu euro atau setara Rp13,2 miliar sebagai kompensasi kontrak kerja sama yang tak selesai. 

Kondisi tersebut sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan yang dialami Jorge Martin. Kala itu, Jorge Martin menggelontorkan dana 80 ribu euro atau setara Rp1,2 miliar untuk pindah ke tim Pramac Ducati pada musim MotoGP 2021. 

“Kami membuat kesepakatan dengan Raul Fernandez. Hukuman kontrak yang disepakati adalah 900 ribu euro,” kata CSO KTM, Hubert Trunkenpolz, dikutip Speedweek.

Raul Fernandez menjalani musim rookie dengan susah payah. Meski begitu, sang pembalap Spanyol tersebut masih punya masa depan panjang karena umurnya baru menginjak 21 tahun. Apakah masa depan Raul Fernandez adalah benar-benar bergabung bersama RNF Aprilia untuk MotoGP 2023? Mari kita tunggu!

Baca Juga: Kekecewaan Remy Gardner dan Raul Fernandez sebagai Rookie

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya