Comscore Tracker

Rekap Klasemen dan Bursa Transfer Pembalap MotoGP 2022

Tiga klasemen MotoGP berisi tiga pabrikan berbeda

Gelaran MotoGP 2022 memasuki pertengahan musim usai GP Belanda pada 26 Juni 2022. Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo menempati podium teratas. Sementara, Marco Bezzecchi dari Mooney VR46 Racing dan Maverick Vinales dari Aprilia berdiri di tempat kedua dan ketiga.

Dari 11 balapan, ada 5 pemenang dan 8 pembalap yang pernah berdiri di atas podium. Hal itu mengisyaratkan persaingan MotoGP musim ini sangat ketat.

1. Klasemen pembalap  

Rekap Klasemen dan Bursa Transfer Pembalap MotoGP 2022Fabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Fabio Quartararo memimpin klasemen pembalap pada akhir paruh pertama MotoGP 2022. El Diablo, julukan Fabio Quartararo, memimpin klasemen pembalap sejak meraih kemenangan pertamanya di Sirkuit Portimao, Portugal. Dari seluruh balapan, Quartararo mengumpulkan 172 poin.

Aleix Espargaro menempati peringkat kedua dengan 151 poin. Sementara, Johann Zarco berada di tempat ketiga dengan 114 poin.

Di sisi lain, kemenangan terakhir Francesco Bagnaia membuatnya naik ke urutan empat dengan 106 poin. Ia diikuti Enea Bastianini di posisi kelima dengan 105 poin.

Brad Binder di posisi keenam sudah mengumpulkan 93 poin. Jack Miller di urutan ketujuh dengan total 91 poin.

Ada pula Joan Mir dan Alex Rins di urutan 8 dan 9. Mereka mengumpulkan 77 poin dan 75 poin. Sedangkan, Miguel Oliveira di urutan 10 dengan 71 poin.

2. Klasemen rookie 

Rekap Klasemen dan Bursa Transfer Pembalap MotoGP 2022Marco Bezzecchi dan tim Mooney VR46 (instagram.com/marcobez72)

MotoGP 2022 menjadi musim perdana bagi lima pembalap muda. Mereka adalah Marco Bezzecchi, Fabio Di Giannantonio, Darryn Binder, Raul Fernandez, dan Remy Gardner.

Di antara lima pembalap itu, Marco Bezzecchi menjadi satu-satunya pembalap debutan yang sudah mencicipi manisnya podium. Murid Valentino Rossi itu bercokol di urutan kedua GP Belanda.

Fabio Di Giannantonio juga tampil impresif. Pembalap yang akrab disapa Diggia itu berhasil meraih pole position pertamanya musim ini di Sirkuit Mugello.

Dalam perebutan gelar Rookie of the Year, Marco Bezzecchi jadi sosok favorit. Ia telah mengumpulkan 55 poin sejauh ini.

Bezzecchi bercokol di urutan ke-14 klasemen pembalap 2022. Sedangkan, Diggia bertengger di tempat kedua dengan delapan belas poin.

Darryn Binder di belakang mereka dengan mengoleksi sepuluh poin. RemyGardner saat ini telah mendulang sembilan poin. RaulFernandez yang baru mengumpulkan lima poin lantas menjadi rookie paling belakang.

Baca Juga: Serba-serbi MotoGP Qatar hingga Portugal 2022, Sarat Persaingan!

3. Klasemen tim 

Rekap Klasemen dan Bursa Transfer Pembalap MotoGP 2022tim Aprilia (instagram.com/aprilia)

Skema penghitungan poin klasemen tim terakumulasi dari jumlah pembalap yang meraih poin tiap kali mereka membalap. Usai GP Belanda, klasemen tim dipimpin Aprilia Racing Team. Tim Noale itu telah mengumpulkan 213 poin.

Yamaha Factory Racing dan Ducati Lenovo menempati posisi 2 dan 3 dengan masing-masing mengumpulkan 197 poin. Pramac Racing lalu bercokol di urutan 4 dengan 184 poin dan Red Bull KTM Factory di urutan 5 dengan 164 poin.

Suzuki Ecstar mengoleksi 152 poin di posisi 6 ketika Gresini Racing dengan 123 poin di urutan 7. Mooney VR46 naik ke posisi setelah sumbangan besar Marco Bezzecchi di GP Belanda.

Repsol Honda kini ada di urutan 9 dengan 100 poin dan LCR Honda dengan 69 poin di urutan 10. WithU Yamaha RNF dan Tech3 KTM di urutan 11 dan 12 dengan total 20 dan 14 poin.

4. Klasemen konstruktor 

Rekap Klasemen dan Bursa Transfer Pembalap MotoGP 2022para pembalap Ducati 2022 (instagram.com/paolociabatti)

Kemenangan Francesco Bagnaia di Sirkuit Assen mengukuhkan Ducati di puncak klasemen konstruktor. Pabrikan Borgo Panigale itu mengumpulkan 246 poin, jauh meninggalkan Yamaha di urutan kedua yang baru mengumpulkan 172 poin.

Aprilia bercokol di urutan ketiga dengan 155 poin dan KTM di posisi keempat dengan 121 poin, diikuti Suzuki dengan 101 poin. Honda tidak bisa membayangkan mereka berada di urutan paling akhir dalam klasemen kontruktor. Pabrikan berlogo sayap emas itu baru mengumpulkan 85 poin.

5. Bursa transfer MotoGP 

Rekap Klasemen dan Bursa Transfer Pembalap MotoGP 2022Alex Marquez dan Fabio Di Giannantonio (instagram.com/gresiniracing)

Usai Suzuki menegaskan diri mereka akan hengkang dari MotoGP pada akhir musim 2022, bursa transfer pembalap makin panas. Dorna juga tidak berencana akan memboyong tim baru untuk bersaing di kelas utama MotoGP dalam waktu dekat. Hal itu menyebabkan kursi tim makin sedikit.

Dari dua belas tim yang berlaga di kelas premier, ada sedikit tim yang telah mempublikasikan susunan pembalapnya pada 2023. Red Bull KTM kedatangan Jack Miller dari Ducati. Tim pabrikan Aprilia akan tetap bersama Aleix Espargaro dan Maverick Vinales.

Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo menjadi dua pembalap Yamaha musim depan setelah tim WithU RNF merapat ke Aprilia. Ducati masih mempertimbangkan Enea Bastianini dan Jorge Martin sebagai tandem Francesco Bagnaia di Ducati Lenovo.

Honda belum memberikan klarifikasi terkait status Pol Espargaro. Dari kabar yang berembus di garasi MotoGP, Joan Mir akan bertandem dengan Marc Marquez di tim Repsol Honda.

Kabar terbaru datang dari tim Gresini Racing yang memboyong Alex Marquez dari LCR Honda. Ia akan menemani Fabio Di Giannantonio di tim satelit Ducati itu.

Seri ke-12 MotoGP sendiri akan berlangsung pada 5—7 Agustus 2022 di Sirkuit Silverstone, Inggris. Dengan waktu istirahat yang cukup panjang, bursa transfer akan tetap bergejolak, sebab tim yang baru mengonfirmasi susunan mereka masih sedikit.

Baca Juga: Serunya Tur MotoGP 2022 di Eropa, 4 Pembalap Trengginas!

Rizki P. Zuwandono Photo Verified Writer Rizki P. Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya