Comscore Tracker

Sederet Momen GP Silverstone, Francesco Bagnaia Susul Fabio Quartararo

Francesco Bagnaia rebut kemenangan keempat musim 2022

Seri ke-12 MotoGP 2022 di Sirkuit Silverstone, Inggris (7/8/2022), baru saja usai. Balapan pertama paruh musim kedua itu dimenangkan oleh Francesco Bagnaia. Diikuti oleh Maverick Vinales dan Jack Miller di urutan kedua dan ketiga. 

Balapan yang berlangsung 20 putaran itu sarat aksi susul menyusul, khususnya perebutan urutan lima besar. Berikut rangkuman momen-momen yang terjadi pada gelaran GP Silverstone. Penasaran? Scroll sampai bawah, yuk!

1. Kecelakaan Johann Zarco 

Sederet Momen GP Silverstone, Francesco Bagnaia Susul Fabio QuartararoJohann Zarco (instagram.com/johannzarco)

Johann Zarco harus menyelesaikan balapan lebih awal akibat insiden kecelakaan. Padahal, sejak awal, Zarco tampil sangat dominan dan sempat memimpin balapan.

Saat balapan baru berjalan empat putaran, Zarco kehilangan daya cengkram ban depan hingga membuatnya tersungkur ke gravel. Pembalap Prancis itu sempat kembali membalap. Namun, saat balapan memasuki putaran ke sembilan, Zarco memutuskan untuk masuk ke dalam paddock.  

2. Kendala Fabio Quartararo

Sederet Momen GP Silverstone, Francesco Bagnaia Susul Fabio QuartararoFabio Quartararo (instagram.com/yamahamotogp)

Di sisi lain, Fabio Quartararo harus puas finis di urutan kedelapan. Menjalani balapan dengan hutang long laps penalty tentu bukan hal mudah bagi juara dunia MotoGP 2021 itu.

Sejak awal balapan, Quartararo menempel Johann Zarco di urutan pertama. Namun, ia tercecer ke urutan lima setelah menyelesaikan hukuman long laps penalty

Sayangnya, ia tak tampil begitu impresif. Kesalahan pemilihan ban soft dan medium ditenggarai jadi alasan utama ia tak bisa tampil kompetitif. Saat melewati chequered flag, pembalap berjuluk El Diablo itu harus puas finis di urutan kedelapan.

Baca Juga: Silverstone Ternyata Bukan Satu-satunya Tuan Rumah F1 GP Inggris

3. Enea Bastianini dan Jorge Martin 

Sederet Momen GP Silverstone, Francesco Bagnaia Susul Fabio QuartararoEnea Bastianini (instagram.com/bestia23)

Nama Enea Bastianini dan Jorge Martin mendapat sorotan yang cukup tinggi. Sebab, kedua pembalap itu bersaing dalam perebutkan kursi tim pabrikan Ducati untuk musim 2023.

Sejak awal, Martin menempel di barisan depan, sedangkan Bastianini harus berjuang dari grup kedua hingga kemudian berhasil menyusul satu persatu pembalap di depannya. Saat balapan menyisakan empat putaran, Bastianini berhasil menyalip Martin yang berada di urutan keempat dan posisi tersebut bertahan hingga akhir balapan.

Balapan di Austria akan jadi balapan penentu. Diketahui sebelumnya, para petinggi Ducati akan mengumumkan siapa tandem Francesco Bagnaia musim depan pada akhir bulan Agustus.

4. Podium back to back oleh Maverick Vinales

Sederet Momen GP Silverstone, Francesco Bagnaia Susul Fabio QuartararoMaverick Vinales (instagram.com/maverick12official)

Tak bisa ditampik bahwa Vinales punya kans kuat menjuarai balapan. Sebab, sejak awal rangkaian GP Silverstone hari pertama dan kedua, Vinales sangat nyaman berkendara di atas motor RS-GP. 

Meski memulai dari front row, Vinales sempat tercecer ke urutan enam sejak awal balapan. Ia berada di belakang nama-nama besar tak diragukan punya paket motor terbaik saat ini, seperti Fabio Quartararo, Jorge Martin, Alex Rins, dan Jack Miller.

Kendati demikian, mentalitas juaranya seakan telah kembali pulih. Saat balapan menyisakan dua putaran, ia berada di urutan kedua dan sangat dekat dengan Francesco Bagnaia di urutan pertama. Hingga menyentuh garis finis, Vinales cukup puas finis di urutan kedua dan meraih podium back to back untuk pertama kalinya bersama tim Aprilia.

5. Empat kemenangan Francesco Bagnaia

Sederet Momen GP Silverstone, Francesco Bagnaia Susul Fabio QuartararoFrancesco Bagnaia (instagram.com/pecco63)

Meski sempat terjatuh pada sesi free practice, Francesco Bagnaia berhasil rebut kemenangan keempatnya musim ini di Sirkuit Silverstone. Namanya tercatat sebagai pembalap Italia pertama yang meraih kemenangan di sana.

Pembalap yang akrab disapa Pecco itu memulai balapan dari urutan kelima. Ia terus menekan pembalap di depannya hingga berhasil memimpin saat balapan berjalan 12 putaran. Pecco sempat mendapat tekanan dari Maverick Vinales pada dua putaran terakhir. Namun, ia tetap bisa mempertahankan posisi teratas hingga menyentuh garis finis. 

Di antara penghuni lima besar klasemen MotoGP 2022, Bagnaia jadi pembalap pertama yang punya total empat kemenangan musim ini. Ia meninggalkan Enea Bastianini dan Fabio Quartararo yang baru mengemas tiga kemenangan. 

Berkat kemenangan di Silverstone, Pecco naik ke urutan ke-3 klasemen pembalap dengan 131 poin. Selisih poin dengan Fabio Quartararo semakin menipis, yakni 49 poin.

 

Francesco Bagnaia punya kans bertarung memperebutkan gelar juara dunia 2022 bersama Fabio Quartararo dan Aleix Espargaro. Tapi, nama Enea Bastianini pun patut diperhitungkan. Mereka punya kesempatan bertarung hingga akhir seri MotoGP 2022. Ada pembalap favorit kamu?

Baca Juga: Pembalap MotoGP 2022 yang Pernah Mencicipi Podium Sirkuit Silverstone

Rizki P. Zuwandono Photo Verified Writer Rizki P. Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya