Sederet Tanggapan Pembalap Terkait Keputusan Pensiun Andrea Dovizioso

Karier panjang Andrea Dovizioso berakhir di Sirkuit Misano

Grand Prix Misano jadi balapan penutup Andrea Dovizioso setelah 15 musim berkiprah di kelas utama MotoGP. Pembalap berumur 36 tahun itu beberapa waktu lalu memberikan konfirmasi bahwa MotoGP 2022 adalah musim terakhirnya.

Pembalap yang akrab disapa Dovi itu sadar bahwa dirinya tak lagi kompetitif. Setelah kontraknya habis akhir pada 2020 bersama Ducati, hampir 1 musim Dovi tak membalap. Beberapa balapan terakhir pada 2021, ia kembali mengaspal di bawah naungan tim Yamaha SRT.

Sirkuit Misano menjadi penutup karier panjang tiga kali runner-up MotoGP itu. Para pembalap pun turut bereaksi. Berikut sederet tanggapan pembalap terkait keputusan pensiun Andrea Dovizioso.

1. Fabio Quartararo 

Sederet Tanggapan Pembalap Terkait Keputusan Pensiun Andrea DoviziosoFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Sesama pengguna motor Yamaha YZR-M1, Fabio Quartararo angkat bicara. Juara dunia MotoGP 2021 itu sangat menyayangkan keputusan yang diambil Andrea Dovizioso. 

“Dia (Dovizioso) mengalami tahun yang sulit. Dia hiatus 1 tahun dan kita tahu bagaimana sulitnya kembali (membalap). Aku berharap yang terbaik pada akhir kariernya,” kata Quartararo dikutip Speedweek.

2. Aleix Espargaro 

Sederet Tanggapan Pembalap Terkait Keputusan Pensiun Andrea DoviziosoAleix Espargaro (instagram.com/aleixespargaro)

Sebagai salah satu pembalap veteran, Aleix Espargaro pun tak luput menyampaikan tanggapannya. Menurutnya, Dovi kelimpungan untuk bersaing di level balapan yang makin tinggi. Meski begitu, ia menaruh respek kepada Andrea Dovizioso.

“Dia adalah contoh yang baik bagiku dan tim Aprilia. Cara dia membawa Ducati ke depan sangat luar biasa,” lanjut Aleix.

Baca Juga: Sederet Julukan Andrea Dovizioso di MotoGP, Bukan Hanya DesmoDovi

3. Duo Ducati Lenovo 

Sederet Tanggapan Pembalap Terkait Keputusan Pensiun Andrea DoviziosoFrancesco Bagnaia dan Jack Miller (instagram.com/ducaticorse)

Sebagai penunggang Ducati Desmosedici GP, Francesco Bagnaia dan Jack Miller menyimpan hormat kepada Dovi yang sudah membantu mengembangkan motor mereka selama 8 musim bersama tim Borgo Panigale. 

“Karier (Dovi) sangat hebat. Dia adalah salah satu talenta dan contoh untuk semua orang di Ducati. Pekerjaan dia sangat hebat,” kata Bagnaia.

Patut diketahui, kala Dovi berada di tim pabrikan Ducati, Bagnaia dan Miller merupakan pembalap di satelit Ducati, yakni Pramac Racing. Mereka bertiga bersama-sama mengembangkan motor Desmosedici yang saat ini dianggap motor paling kuat di starting grid MotoGP 2022.

“Dia istirahat dan kembali memulai proyek baru dengan motor berbeda, itu akan sulit. Jika tak ada kegembiraan, maka tak guna untuk melanjutkannya. Aku sangat memahami dan mendoakan yang terbaik untuknya,” lanjut Miller.

4. Alex Rins 

Sederet Tanggapan Pembalap Terkait Keputusan Pensiun Andrea DoviziosoAlex Rins (instagram.com/alexrins)

Meski tak pernah berada di satu garasi yang sama, Alex Rins mengakui bahwa Andrea Dovizioso adalah salah satu referensinya saat membalap. Menurut Rins, keputusan yang diambil Dovi pasti sangat sulit.

“Dia (Dovi) memenangi banyak balapan. Dia adalah referensi saya. Semoga dia bisa bersenang-senang di motor motocross,” tambah Rins.

5. Tanggapan Razlan Razali 

Sederet Tanggapan Pembalap Terkait Keputusan Pensiun Andrea DoviziosoRazlan Razali (instagram.com/rnfracingofficial)

Selaku bos tim WithU Yamaha RNF, Razlan Razali pun melihat kekecewaan dan rasa frustasi Andrea Dovizioso selesai balapan. Razali paham kondisi yang menimpa pembalapnya itu sangat berat jika melihat karier mentereng sebelumnya.

“Anda bisa melihat bahwa dia tak bahagia. Kami berada di titik di mana hanya bisa menyuruhnya bersenang-senang saat membalap,” kata Razali.

Balapan di Sirkuit Misano, Italia, akan berlangsung pada 2—4 September mendatang. Praktis hanya dua sisa seri balapan Dovi sebelum pensiun. Apakah ia akan mencatatkan torehan manis di sana?

Baca Juga: Andrea Dovizioso Pensiun dari MotoGP usai GP San Marino 2022

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya