3 Tim Honda Mengubah Konsep Livery pada 2024, Tebar Pesona! 

Dua livery tampil mencolok 

Honda kelabakan bersaing di kompetisi MotoGP. Hal ini disebabkan proyek pengembangan yang tak sesuai harapan pembalap. Beberapa tahun terakhir, pembalap sekaliber Marc Marquez saja tak berkutik melawan gempuran tim Eropa, seperti Ducati, Aprilia, dan KTM. Oleh karena itu, Honda melakukan banyak perombakan pada motor mereka dan tampil dengan warna berbeda pada 2024.

Tim pabrikan dan satelit Honda baru meluncurkan livery untuk MotoGP 2024. Menariknya, pabrikan asal Hamamatsu ini mengubah konsep dan komposisi warna pada hampir semua motor mereka. Hal ini seolah menunjukan komitmen Honda membuka lembaran baru setelah masa-masa sulit dalam beberapa tahun terakhir. 

Upaya yang dilakukan Honda menegaskan suatu perubahan. Mereka berharap dapat mendorong motor RC213V kembali kompetitif seiring bergabungnya dua pembalap baru dari Ducati, yaitu Luca Marini dan Johann Zarco, yang pindah dari Ducati. Pengalaman mereka di atas motor Desmosedici GP tentu menjadi aset berharga bagi Honda.

1. Repsol Honda mengubah warna livery menjadi lebih gelap

3 Tim Honda Mengubah Konsep Livery pada 2024, Tebar Pesona! livery Repsol Honda 2024 (instagram.com/hrc_motogp)

Repsol Honda mengubah livery musim 2024. Oranye tak lagi digunakan sebagai warna dominan pada motor seperti beberapa tahun terakhir. Warna itu hanya menjadi aksen pada beberapa bagian motor, seperti jok dan bagian bawah fairing motor. 

Menariknya, tampilan motor Repsol Honda didominasi navy. Warna merah dan putih digunakan sebagai secondary color. Honda seakan membuka lembaran baru dengan perubahan warna yang signifikan ini. Luca Marini mengaku terpukau dengan livery Honda RC213V 2024.

“Motornya terlihat sangat indah. Warna baru dan sangat berbeda. Kami berharap dapat cepat dengan warna ini,” kata Luca Marini dikutip Speedweek.

Baca Juga: Repsol Honda Rilis Livery Anyar, Warnanya Lebih Garang

2. Castrol Honda LCR tampil dinamis

3 Tim Honda Mengubah Konsep Livery pada 2024, Tebar Pesona! livery Castrol Honda LCR 2024 (instagram.com/lcr.team)

Johann Zarco bukan orang baru di LCR. Pada 2019 lalu, pembalap asal Prancis itu sempat membalap bersama di bawah naungan Idemitsu. Musim ini, Zarco berstatus sebagai pembalap Castrol Honda LCR menggantikan Alex Rins yang merapat ke Monster Energy Yamaha MotoGP. 

Menariknya, kehadiran Zarco sekaligus menandai perubahan desain livery Castrol pada 2024. Mereka tak lagi menggunakan warna biru pada motor. Warna putih menjadi warna utama, sementara hijau dan merah digunakan sebagai aksen. Pendekatan desain berubah signifikan.

Perbedaan utama ialah pola garis menyerupai tetesan minyak. Hal ini seperti merepresentasikan sponsor utama tim yang memproduksi oli. Zarco mengaku terpukau dengan desain motor terbarunya.

3. Komposisi livery Idemitsu Honda LCR lebih solid

3 Tim Honda Mengubah Konsep Livery pada 2024, Tebar Pesona! livery Idemitsu Honda LCR 2024 (instagram.co m/lcr.team)

Meskipun di bawah naungan LCR, sponsor utama tim yang digawangi Takaaki Nakagami adalah Idemitsu, sehingga terdapat perbedaan warna dengan Castrol Honda LCR. Motor Idemitsu didominasi putih, merah, dan hitam. Ketiga warna tersebut senada dengan warna identitas Idemitsu.

Secara kasat mata, komposisi warna livery Idemitsu Honda LCR tak banyak perubahan. Garis merah hitam di bawah logo Idemitsu memberikan kesan yang lebih solid dibandingkan musim lalu. Komposisi warna tangki pun tak lagi di dominasi hitam. Mereka membagi tangki motor menjadi tiga segmentasi warna berbeda dengan seimbang. 

Sembilan tim yang berkompetisi di MotoGP sudah meluncurkan livery. Namun, masih ada dua tim lagi yang belum merilis livery mereka, yakni Aprilia Factory Racing (18 Februari 2024) dan Prima Pramac Racing (28 Februari 2024). Menurutmu, seperti apa penampilan mereka musim depan?

Baca Juga: Karier Joan Mir di Repsol Honda Dipertaruhkan di MotoGP 2024

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something. Jika ada pertanyaan: rizkizuwandono@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya