Uang Bukan Solusi Mempertahankan Fabio Quartararo di Yamaha

Fabio Quartararo ingin punya paket kompetitif

Fabio Quartararo berhasil mengunci posisi 5 besar dalam 4 dari 17 seri MotoGP 2023 yang sudah digelar. Sepanjang musim ini, ia tak pernah merasakan kemenangan. Pencapaian terbaiknya saat ini hanyalah podium ketiga di tiga seri di Indonesia, India, dan Amerika.

Pencapaian ini tentu tak sesuai dengan harapan pembalap yang berhasil menyabet gelar juara dunia MotoGP 2021. Rentetan masalah sepanjang race week malah membuatnya kerap frustrasi. Yamaha pun harus memutar otak untuk mempertahankan Quartararo yang kontraknya akan berakhir pada 2024.

1. Uang bisa jadi tidak akan menahan Fabio Quartararo

Uang Bukan Solusi Mempertahankan Fabio Quartararo di YamahaFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Yamaha cukup khawatir kehilangan jasa Fabio Quartararo jika pembalap bernomor motor 20 ini tak menemukan kenyamanan menggunakan motor YZR-M1. Proses pengembangan motor saat ini belum sesuai dengan ekspektasi Quartararo. Pasalnya, proses pengembangan motor yang digunakan saat ini masih membuat Quartararo kesulitan bertarung memperebutkan podium.

Massimo Meregalli selaku direktur Monster Energy Yamaha mengakui jika kontrak Quartararo akan berakhir pada 2024. Momen ini dapat dimanfaatkan oleh beberapa pabrikan lain untuk memikat hati sang pembalap. Seperti diketahui, banyak kontrak pembalap tim pabrikan yang habis pada akhir musim 2024, sehingga sangat wajar jika mereka menawarkan paket motor yang lebih kompetitif. 

Hal tersebut menjadi kekhawatiran. Hasrat Fabio Quartararo sebagai pembalap juara membuatnya tak bisa diiming-imingi nilai kontrak besar. Yamaha perlu mempersiapkan strategi untuk dapat memperpanjang kontrak Quartararo dari sisi lain. 

Yamaha sadar bahwa saat ini mereka hanya bisa mengandalkan tangan dingin Quartararo sebagai pembalap paling berpengalaman mengendarai YZR-M1. Apalagi mereka akan ditinggal oleh Franco Morbidelli pada 2024. Jika pembalapnya itu merapat ke pabrikan lain, hanya tersisa Alex Rins yang baru merapat ke tim garpu tala. Hal ini malah akan membuat Yamaha makin kelimpungan. Oleh karena itu, Yamaha perlu mencari langkah tepat untuk dapat memberikan paket terbaik.  

Baca Juga: Podium MotoGP Mandalika Spesial Buat Fabio Quartararo

2. Kesulitan Yamaha mengembangkan motor

Uang Bukan Solusi Mempertahankan Fabio Quartararo di YamahaFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Massimo Meregalli mengaku cukup kesulitan mengembangkan motor YZR-M1. Kesulitan ini tak bisa dilepaskan dari fakta bahwa Yamaha hanya memiliki dua motor di lintasan. Berbeda dengan beberapa kompetitor lain yang punya tim satelit.

Mereka dapat mengolah data dari beberapa pembalap di lintasan. Opsi terbaik dapat menjadi pertimbangan arah pengembangan motor. Patut diketahui, musim 2023 menjadi musim pertama Yamaha membalap tanpa tim satelit pada era MotoGP.

Sejauh ini, Yamaha telah melakukan pendekatan kepada tim Mooney VR46 Racing. Tim besutan Valentino Rossi itu akan habis kontrak kerja sama dengan Ducati pada akhir musim 2024. Oleh karena ini, Yamaha masih mengupayakan untuk menggaet tim legenda MotoGP itu untuk bergabung ke tim berlogo garpu tala.

3. Fabio Quartararo tak ingin buru-buru

Uang Bukan Solusi Mempertahankan Fabio Quartararo di YamahaFabio Quartararo (instagram.com/fabioquartararo20)

Rentetan hasil buruk tentu menjadi salah satu pertimbangan Fabio Quartararo mempertahankan kontrak bersama Yamaha. Sejauh ini, paket motor yang ditawarkan dan dikembangkan oleh Yamaha belum sesuai dengan harapan. Ia ingin melihat progres dan arah pengembangan YZR-M1 sebelum masa depannya diputuskan musim depan.

“Aku tidak mau buru-buru. Prioritas aku sangat ini memiliki paket kompetitif dan meraih kesuksesan. Aku percaya pada Yamaha dan kemungkinan memiliki motor kompetitif tahun depan,” pungkas Quartararo dikutip Motosan.

Fabio Quartararo berharap dapat tampil maksimal pada sisa tiga seri terakhir MotoGP 2023. Baginya, gelar juara dunia tentu bukan tujuan utama karena ruang itu sudah pupus. Ia akan memfokuskan diri kepada pengembangan paket motor YZR-M1 untuk 2024.

Baca Juga: Fabio Quartararo Ultimatum Yamaha soal Performa YZR-M1

Rizki Putra Zuwandono Photo Verified Writer Rizki Putra Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya