Comscore Tracker

Maverick Vinales Ngebet Menang di MotoGP 2022 Austria, Punya Motif!

Para pembalap harus mulai mewaspadai Maverick Vinales

Kepercayaan Aprilia kepada Maverick Vinales mulai terbayar berkat dua podium back to back di Sirkuit Assen (P3) dan Silverstone (P2). Pembalap Spanyol itu mulai kembali menemukan bentuk terbaiknya setelah membalap 17 seri di atas motor Aprilia RS-GP pada MotoGP 2022.

Untuk sementara, ia pun naik ke urutan sembilan klasemen pembalap dengan torehan 82 poin. Dengan sisa delapan balapan MotoGP 2022, Vinales berambisi melanjutkan tren positif dengan mengejar podium di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pada 19—21 Agustus 2022. 

Apa motivasi di balik harapan Maverick Vinales itu? Simak ulasan berikut ini sampai habis, ya!

1. Reputasi  

Maverick Vinales Ngebet Menang di MotoGP 2022 Austria, Punya Motif!Maverick Vinales (instagram.com/maverick12official)

Maverick Vinales resmi berseragam Yamaha pada tahun 2017. Bersama tim Iwata tersebut, Vinales mengoleksi 23 podium termasuk 8 kemenangan. 

Nahas baginya, pada tahun 2021 ia dianggap melakukan sabotase pada motor YZR-M1. Aksi itu membuat citranya sebagai pembalap menjadi rusak sekaligus menjadi momen perpisahannya dengan Yamaha.

2. Kepercayaan Aprilia  

Maverick Vinales Ngebet Menang di MotoGP 2022 Austria, Punya Motif!Maverick Vinales dan Aleix Espargaro (instagram.com/maverick12official)

Setelah berpisah dengan Yamaha, Maverick Vinales mendapat kepercayaan bertandem dengan Aleix Espargaro di tim Aprilia. Pembalap berjuluk Top Gun itu pun kembali menandatangani kontrak perpanjangan dua tahun bersama Aprilia jelang MotoGP 2022 Italia.

Ia sangat beruntung berada satu garasi bersama Aleix. Sebab, mereka berdua punya momen bersama saat berada di tim Suzuki medio 2015—2017. Massimo Rivola selaku CEO Aprilia pun percaya jika Vinales akan menemukan kembali talenta terbaiknya bersama Aprilia.

Baca Juga: Maverick Vinales Nyaman Menunggangi RS-GP, Tak Pernah Jatuh!

3. Tujuh belas balapan di atas motor RS-GP 

Maverick Vinales Ngebet Menang di MotoGP 2022 Austria, Punya Motif!Maverick Vinales (instagram.com/maverick12official)

MotoGP 2022 Inggris menandai seri ke-17 Vinales bersama tim Aprilia. Namun, baru dalam beberapa seri terakhir ini ia mulai mendapatkan konsisten bersaing dengan grup terdepan saat membalap. 

MotoGP 2021 Aragon sendiri jadi musim debutnya. Sayangnya, dari lima seri MotoGP 2021, Vinales hanya satu kali finis 10 besar. Kondisi itu sempat berubah saat MotoGP 2022 Argentina, dimana ia finis di urutan ke-7 sekaligus jadi finis terbaiknya bersama Aprilia.

Saat membalap sebagai tuan rumah di MotoGP Catalunya, ia kembali finis di urutan ke-7 dan mulai saat itu performanya meningkat tajam. Meski di Sikrkuit Sachsenring sempat terkendala dengan perangkat ketinggian, ia menorehkan catatan manis pada dua seri terakhir di Belanda dan Inggris, dengan berhasil naik podium back to back (P3 di Assen dan P2 di Silverstone).

4. Namanya kembali harum 

Maverick Vinales Ngebet Menang di MotoGP 2022 Austria, Punya Motif!Maverick Vinales dan Aleix Espargaro (instagram.com/aprilia)

Tak dimungkiri bahwa dua kemenangan beruntun pada dua seri terakhir jadi momentum kembalinya kepercayaan diri Maverick Vinales. Para pembalap harus mulai mewaspadai namanya setelah kembali ke atas podium.

Setelah menjalani masa sulit, ia kembali merajut cerita manis bersama Aprilia. Dua kemenangan itu menegaskan bahwa ia masih punya kesempatan mengukir cerita manis di ajang kompetisi MotoGP.

5. Ingin lanjutkan tren positif 

Maverick Vinales Ngebet Menang di MotoGP 2022 Austria, Punya Motif!Francesco Bagnaia, Maverick Vinales, dan Jack Miller (instagram.com/motogp)

Ia berharap bisa kembali tampil ciamik pada gelaran MotoGP 2022 selanjutnya di Sirkuit Red Bull Ring. Pasalnya, tahun lalu di sirkuit ini, ia tak turun mengaspal buntut insiden sabotase. Itulah alasan mengapa ia sangat termotivasi dan punya kesempatan emas untuk mengubah citra buruknya sebagai pembalap.

“Jika kami mencapai tujuan di Austria, itu adalah mimpi. Ada ‘sesuatu’ di sana tapi itu masa lalu. Saat ini, aku akan berkonsentrasi dan punya motivasi ekstra,” kata Vinales dikutip MotoGP.

Citra buruk Maverick Vinales mulai terkikis dengan torehan dua podium di Assen dan Silverstone. Meski MotoGP 2021 Austria jadi kisah pahit baginya, kini ia punya kesempatan menebus kesalahan itu. Mampukah Maverick Vinales meraih kemenangan pertamanya di Sirkuit Red Bull Ring?

Baca Juga: Raih Podium Beruntun, Maverick Vinales Punya Kans Top Five MotoGP 2022

Rizki P. Zuwandono Photo Verified Writer Rizki P. Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya