Comscore Tracker

Raih Podium Beruntun, Maverick Vinales Punya Kans Top Five MotoGP 2022

Ia mulai nyaman di atas motor RS-GP

Selepas perpisahan dengan pabrikan Yamaha pertengahan 2021, Maverick Vinales memulai petualangan baru bersama tim Aprilia. Pembalap berjuluk Top Gun itu mulai menemukan kenyamanan berkendara di atas motor RS-GP.

Sepanjang akhir pekan MotoGP di Sirkuit Silverstone, Inggris, Vinales tampil sangat dominan sejak hari pertama rangkaian agenda MotoGP. Ia berhasil mengemas podium keduanya musim 2022 di belakang Francesco Bagnaia di urutan pertama. 

Berikut sederet fakta terbaru dari Maverick Vinales usai GP Silverstone. Ikuti sampai habis, yuk!

1. Tujuh belas seri di atas RS-GP 

Raih Podium Beruntun, Maverick Vinales Punya Kans Top Five MotoGP 2022Maverick Vinales (instagram.com/maverick12official)

GP Aragon 2021 merupakan balapan debut Maverick Vinales bersama Aprilia selepas hengkang dari pabrikan Yamaha. Pembalap Spanyol itu tercacat 17 kali membalap dengan Aprilia RS-GP. 

Sejak berkarier di kelas para raja, Vinales selalu menggunakan motor berkonfigurasi inline-4, seperti Suzuki atau Yamaha. Kepindahannya ke tim Noale sekaligus jadi momentum pertamanya menjajal motor berkonfigurasi V4. 

Hal itu tentu bukan hal mudah. Sebab, karakter dari kedua mesin tersebut membuat pembalap harus beradaptasi dengan gaya berkendaranya. 

Jika membuka data kemenangan Vinales saat musim pertama bersama Yamaha, hasilnya sangat bertolak belakang dengan musim pertama bersama Aprilia. Yamaha dan Suzuki punya konfigurasi mesin sama, yakni inline-4. Oleh karena itu, adaptasi dengan Yamaha tidak sesulit adaptasinya dengan motor Aprilia.

2. Kenyamanan di atas RS-GP 

Raih Podium Beruntun, Maverick Vinales Punya Kans Top Five MotoGP 2022Maverick Vinales (instagram.com/maverick12official)

Meski sulit, Maverick Vinales mulai menemukan celah bagaimana ia harus berkendara bersama RS-GP. Jika melihat empat balapan terakhir musim 2022, secara perlahan, Vinales mulai memperlihatkan kemajuan signifikan.

Pada delapan balapan pertama musim ini, ia selalu finis di luar 10 besar. Hanya di Argentina pembalap bernomor 12 itu finis urutan ke-7. 

Meski finis ketujuh di Sirkuit Catalunya, balapan itu menandai kebangkitan ayah satu anak itu bersama RS-GP. Pada balapan berikutnya di Sachsenring, Vinales tampil sangat apik di belakang Aleix Espargaro meskipun harus keluar balapan lebih awal karena mechanical error. 

Baca Juga: Maverick Vinales Nyaman Menunggangi RS-GP, Tak Pernah Jatuh!

3. Rangkaian GP Silverstone 

Raih Podium Beruntun, Maverick Vinales Punya Kans Top Five MotoGP 2022Maverick Vinales dan Aleix Espargaro (instagram.com/maverick12official)

Sejak hari pertama, Vinales tampil begitu meyakinkan di Sirkuit Silverstone. Ia berada dijajaran top three pembalap tercepat hari pertama dan kemudian dilanjut pada hari berikutnya. 

Dalam wawancaranya bersama MotoGP pada Jumat (5/8/2022), Vinales mengaku optimis. Ia pun menjelaskan bahwa kunci keberhasilan itu ialah disiplin dan kepercayaan diri.

Ia berhasil lolos ke sesi kualifikasi kedua (Q2) berdasarkan akumulasi catatan waktu sesi free practice. Tren positif itu berlanjut setelah berhasil torehkan waktu kedua terbaik sesi Q2. Ia memulai start dari grid kedua di belakang Johann Zarco.

4. Podium GP Silverstone

Raih Podium Beruntun, Maverick Vinales Punya Kans Top Five MotoGP 2022Maverick Vinales (instagram.com/aprilia)

Vinales punya potensi merebut kemenanangan dari Francesco Bagnaia yang keluar sebagai juara. Ia sempat menyusul Bagnaia, sayangnya ia melebar dan posisinya kembali jadi milik pembalap Ducati Lenovo itu. 

Hingga menyentuh garis finis, Vinales memilih untuk tampil aman. Ia memilih untuk mengamankan podium kedua ketimbang memaksakan diri. 

“Aku senang karena akhirnya pekerjaanku membuahkan hasil. Aku banyak belajar. Tujuan utama aku ialah menang, atau berjuang untuk menang. Hari ini kita sudah berjuang untuk menang perlombaan. Kita harus bahagia,” kata Vinales dikutip Motosan.

5. Klasemen pembalap 

Raih Podium Beruntun, Maverick Vinales Punya Kans Top Five MotoGP 2022Maverick Vinales (instagram.com/maverick12official)

Kepercayaan diri Vinales berbuah manis. Berbekal 20 poin tambahan berkat kemenangan di Silverstone, ia naik ke urutan sembilan di klasemen pembalap.

Tentu sulit untuknya bersaing untuk bertarung memperebutkan titel juara dunia. Tapi bukan mustahil jika ia bisa finis di urutan top five pada akhir kejuaraan MotoGP 2022. Ia yang sudah mengumpulkan 82 poin, hanya terpaut 32 poin dari Johann Zarco di urutan kelima. 

 

Seri ke-13 MotoGP akan berlangsung dua pekan ke depan di Sirkuit Red Bull Ring - Spielberg, Austria (19—21 Agustus 2022). Berbekal podium back to back, Vinales tentu akan berjuang melanjutkan tren positif ini. Mampukah ia kembali naik ke atas podium di sana?

Baca Juga: Aprilia Sebut Maverick Vinales Berikan Masukan Penting untuk RS-GP

Rizki P. Zuwandono Photo Verified Writer Rizki P. Zuwandono

Joy of Creating Something...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya