Kejuaraan Bola Voli Nusantara Cup 2024 Siap Digelar

Sambil menunggu Proliga 2024 bergulir

Turnamen bola voli bergengsi bakal digelar dalam waktu dekat. Turnamen itu adalah Nusantara Cup 2024. Kejuaraan yang diselenggarakan oleh lembaga Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) ini rencananya dimulai pada 12 Februari—24 Maret 2024.

PBVSI memiliki alasan tersendiri di balik perhelatan Nusantara Cup 2024. PBVSI berpandangan ajang ini digelar sebagai pemanasan jelang menyambut kejuaraan resmi Proliga 2024. Lantas, seperti apa fakta menarik mengenai turnamen Nusantara Cup 2024?

1. Ajang persiapan untuk menyambut Proliga 2024

Kejuaraan Bola Voli Nusantara Cup 2024 Siap DigelarProliga Voli Putra (instagram.com/mojisports_)

Nusantara Cup 2024 merupakan kejuaraan yang digelar oleh induk organisasi bola voli Indonesia, Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Kejuaraan ini diselenggarakan sebagai ajang pemanasan jelang menyambut bergulirnya Proliga 2024, sebuah kompetisi profesional bola voli paling bergengsi di Tanah Air. Proliga sendiri mengalami jadwal kemunduran saat menyambut musim baru kompetisi 2024. Itu terjadi setelah adanya gelaran akbar Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14—15 Februari 2024. Momen itu amat berdekatan dengan jadwal bergulirnya Proliga yang kerap dimulai pada awal tahun.

Maka dari itu, PBVSI ingin menghelat Nusantara Cup 2024 agar seluruh tim peserta tidak terlalu lama merasakan jeda kompetisi. Jadwal berlangsungnya Nusantara Cup 2024 rencananya dimulai setelah Pemilu 2024 rampung dilaksanakan. Lebih tepatnya, PBVSI akan membuka turnamen ini pada 22 Februari 2024. Lalu, Nusantara Cup akan diakhiri pada 24 Maret 2024.

Baca Juga: 5 Merk Bola Voli Terbaik, Hasilkan Operan Tepat Sasaran!

2. Format Nusantara Cup 2024 diikuti delapan tim voli putra dan putri

Kejuaraan Bola Voli Nusantara Cup 2024 Siap DigelarTim voli putri Petrokimia Gresik Pupuk Indonesia (instagram.com/petrovoli_)

Nusantara Cup 2024 merupakan turnamen bola voli yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, kejuaraan ini akan diikuti oleh 16 tim voli ternama Indonesia dengan rincian 8 tim putra dan 8 tim putri. Hanya saja, masih belum ada informasi pasti mengenai siapa saja tim-tim yang akan bertanding.

Di satu sisi, Nusantara Cup 2024 akan memakai format yang serupa dengan Proliga, di mana format kompetisi penuh akan diterapkan. Nantinya, seluruh tim kontestan terbagi dalam 2 pul yang masing-masing pul diisi 4 tim. Untuk dua tim yang finis di posisi teratas, mereka berhak melangkah ke babak empat besar (final four) sekaligus menentukan siapa yang keluar sebagai juara.

3. Nusantara Cup 2024 hanya digelar di tiga wilayah

Kejuaraan Bola Voli Nusantara Cup 2024 Siap DigelarTempat untuk gelaran Nusantara Cup 2024. (instagram.com/mojisports_)

Nusantara Cup 2024 akan digelar di beberapa wilayah di Indonesia. Tercatat, hanya ada tiga wilayah yang terpilih untuk menjadi tuan rumah. Ketiga wilayah tersebut adalah Subang (Jawa Barat), Magetan (Jawa Timur), dan Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta).

Di Subang, Nusantara Cup 2024 akan menggunakan Gedung Olahraga (GOR) Gotong Royong sebagai tempat untuk melangsungkan pertandingan. GOR ini dipilih untuk menggelar laga pembuka Nusantara Cup. GOR Gotong Royong akan melangsungkan pertandingan selama 22—25 Februari 2024.

GOR Ki Mageti Magetan menjadi tuan rumah kedua di Nusantara Cup 2024. Nantinya, seluruh laga di sana akan dilaksanakan pada 29 Februari—3 Maret 2024. Sementara itu, GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) terpilih sebagai venue terakhir yang melangsungkan Nusantara Cup pada 17—24 Maret 2024.

4. Nusantara Cup 2024 jadi langkah awal PBVSI mencapai target di Olimpiade Brisbane Australia 2032

Kejuaraan Bola Voli Nusantara Cup 2024 Siap DigelarPersatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (pbvsi.or.id)

PBVSI ternyata sedang mempersiapkan diri untuk menyambut gelaran akbar Olimpiade Brisbane Australia 2032. Mereka tidak main-main seusai memasang target tinggi dalam kejuaraan tersebut, terutama cabor bola voli. Setidaknya, PBVSI ingin membuat Timnas Voli Indonesia bisa diakui akan kehebatannya.

PBVSI tengah melakukan berbagai upaya untuk menggapai harapan tersebut. Salah satunya dengan menggelar berbagai kejuaraan voli dalam beberapa kelompok usia sepanjang 2024, tidak terkecuali Nusantara Cup. Kejuaraan-kejuaraan lain yang telah menjadi agenda rutin PBVSI adalah Proliga, Livoli, Livoli U-17 dan U-19, dan lain-lain.

Bahkan, PBVSI juga bersedia menjadi tuan rumah dalam perhelatan Mens Asian Volleyball U-20 Championship (AVC) U-20 2024. Mereka menggantikan China yang sejatinya jadi tuan rumah dalam ajang voli terbesar se-Asia tersebut. Ini membuktikan PBVSI tidak main-main pula dalam segi pengembangan untuk menggelar kompetisi profesional berbasis internasional.

Saat ini menjadi tahun pertama Nusantara Cup 2024 digelar. Bagi para pencinta voli, apakah kalian siap menyambut kompetisi teranyar yang diselenggarakan PBVSI ini?

Baca Juga: 7 Ide Gaya Hangout ala Atlet Voli Megawati Hangestri

rizkilutfi Photo Verified Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya