4 Fakta Pemain Indonesia di Babak Pertama BAC 2019, Ada Kejutan

Indonesia kini sisakan 11 wakil di babak kedua

Badminton Asia Championships 2019 atau biasa disebut dengan BAC kini memasuki babak 16 besar. Salah satu turnamen terbesar di Asia yang digelar di Wuhan, China ini sudah berlangsung sejak Selasa (23/4) hingga Minggu mendatang. 

Dari 20 wakil Indonesia yang bertanding sejak hari pertama, hanya tersisa 11 wakil yang berhasil melaju ke babak kedua. Berikut 4 fakta pemain Indonesia di babak pertama Badminton Asia Championships 2019.

1. Kejutan dari tunggal putra

4 Fakta Pemain Indonesia di Babak Pertama BAC 2019, Ada Kejutaninstagram.com/badminton.ina

Indonesia mengirimkan 4 wakilnya di sektor tunggal putra, 3 di antaranya adalah penghuni Pelatnas. Kejutan terjadi di sektor tunggal putra Indonesia. Dua wakil andalannya yang juga merupakan pemain unggulan harus terhenti di babak pertama BAC 2019. Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie gagal melaju ke babak kedua setelah kalah rubber game.

Ginting yang diunggulkan di posisi keenam kalah atas wakil Hongkong, Ng Ka Long Angus dengan skor sangat ketat 18-21 21-18 23-25. Sedangkan Jonatan yang merupakan unggulan kedelapan harus takluk dari pemain Jepang, Kenta Nishimoto dengan skor 21-18 19-21 10-21.

Dengan kalahnya Ginting dan Jonatan, Indonesia menyisakan dua tunggal putra di babak kedua. Shesar Hiren Rhustavito berhasil membuat kejutan dengan menumbangkan unggulan kelima asal India, Kidambi Srikanth dengan dua set langsung 21-16 22-20. Satu tunggal putra Indonesia lainnya adalah Tommy Sugiarto yang menang atas wakil Hongkong, Hu Yun dengan cukup mudah 21-12 21-6.

Baca Juga: 4 Pemain Indonesia Ini Hadapi Unggulan di Babak 16 Besar BAC 2019

2. Ahsan/Hendra mundur, 3 wakil ganda putra di R2

4 Fakta Pemain Indonesia di Babak Pertama BAC 2019, Ada Kejutanbadmintonindonesia.org

Rekor sempurna berhasil diciptakan oleh pemain Indonesia di sektor ganda putra. Pasalnya, dari 4 wakil yang bertanding di babak pertama, semuanya lolos ke babak 16 besar. Keempat wakil Indonesia ini menang cukup mudah dengan dua set langsung atas lawan masing-masing. 

Sayangnya, pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan terpaksa mengundurkan diri dari babak kedua karena kondisi fisik Hendra yang tidak fit. 

"Saya nggak enak badan dan butuh istirahat sedikit. Daripada dipaksakan main nanti tambah parah. Jadi saya dan Ahsan memutuskan untuk mundur saja," ucap Hendra seperti dikutip dari akun resmi PBSI.

Dengan mundurnya Ahsan/Hendra, Indonesia masih menempatkan 3 wakilnya yaitu Marcus/Kevin, Fajar/Rian, dan Wahyu/Ade. Semoga ketiga wakil ganda putra Indonesia ini dapat melaju ke babak selanjutnya. 

3. Sektor putri bertumbangan, hanya sisakan 3 wakil

4 Fakta Pemain Indonesia di Babak Pertama BAC 2019, Ada Kejutaninstagram.com/badminton.ina

Para wakil Indonesia di sektor putri baik tunggal maupun ganda harus berguguran. Dari 8 wakil yang bertanding hanya menyisakan 3 wakil. Dua di antaranya tunggal putri dan satu wakil ganda putri. 

Dari semua sektor, ganda putri bisa terbilang 'zonk' di babak pertama BAC 2019. Tiga wakil yang bertanding, semuanya kalah dengan straight set termasuk ganda putri terbaik Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang takluk atas pasangan muda tuan rumah, China, Li Wenmei/Zheng Yu dengan skor 12-21 17-21. Sedangkan Jauza/Yulfira kalah atas pasangan Malaysia dan Agatha/Siti juga takluk atas pasangan Thailand. 

Dengan hasil ini, ganda putri Indonesia hanya menyisakan Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta yang langsung lolos ke babak kedua tanpa berkeringat dan akan menghadapi pasangan tuan rumah, Dong Wenjing/Feng Xueying yang berhasil mengalahkan unggulan 2 asal Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. 

Sementara itu, dari sektor tunggal putri, Indonesia mengirim 2 wakilnya di babak kedua. Fitriani dan Ruselli harus terhenti sedangkan Gregoria dan Choirunnisa akan menghadapi pemain unggulan di babak kedua BAC 2019.

4. Ganda campuran loloskan 3 wakil

4 Fakta Pemain Indonesia di Babak Pertama BAC 2019, Ada Kejutanbadmintonindonesia.org

Babak pertama sektor ganda campuran sudah berlangsung sejak hari pertama. Indonesia berhasil meloloskan 3 wakil andalannya di babak 16 besar. Mereka adalah Hafiz/Gloria, Praveen/Melati, dan Rinov/Phita. 

Sedangkan satu pasangan harus terhenti. Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami gagal mengikuti ketiga rekannya setelah kalah atas pasangan tuan rumah, China, Wang Yilyu/Huang Dongping yang merupakan unggulan kedia di turnamen ini. Eko/Gischa kalah dengan tiga set 22-20 18-21 17-21.

Dengan hasil ini, Indonesia berhasil mengirimkan 11 wakilnya di babak kedua Badminton Asia Championships 2019. Dengan masing-masing, 2 wakil tunggal putra, 2 tunggal putri, 3 ganda putra, 1 ganda putri, dan 3 ganda campuran. Semoga semua pemain Indonesia dapat melaju ke babak selanjutnya. 

Baca Juga: 4 Fakta Pemain Indonesia di Badminton Asia Championships 2019

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya