Daftar Juara Bertahan BWF World Tour Finals, Tuan Rumah Mendominasi!

Akankah China kembali berjaya edisi kali ini?

BWF World Tour Finals 2023 mulai digelar hari ini, Rabu (13/12/2023). Seri terakhir dari rangkaian turnamen BWF sepanjang 2023 ini berlangsung di Hangzhou, China, hingga Minggu (17/12/2023) mendatang.

Tahun lalu, China sukses menjadi juara umum setelah berhasil meraih tiga gelar. Ketiga gelar tersebut dipersembahkan oleh sektor ganda, sedangkan sektor tunggal putra dan putri diraih oleh Denmark dan Jepang. Intip daftar lengkap juara bertahan BWF World Tour Finals 2023 sekaligus peluang mereka pada edisi kali ini, ya!

1. Viktor Axelsen segel gelar di sektor tunggal putra

Daftar Juara Bertahan BWF World Tour Finals, Tuan Rumah Mendominasi!Viktor Axelsen (olympics.com)

Dari sektor tunggal putra, Viktor Axelsen keluar sebagai juara BWF World Tour Finals 2022. Tunggal putra terbaik dunia asal Denmark ini sukses menutup akhir tahun dengan meraih gelar turnamen BWF Super 1000 tersebut. Pada laga final, Viktor mampu mengalahkan tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting.

Viktor menang dua set langsung dengan skor 21-13 dan 21-14. Duel tunggal putra pada laga final ini berdurasi 41 menit. Tahun ini, baik Viktor maupun Ginting kembali lolos ke BWF World Tour Finals 2023. Keduanya sama-sama menempati Grup A. Mampukah Ginting melakukan revans?

Baca Juga: 3 Momen All Indonesia Final di BWF World Tour Sepanjang Tahun 2023

2. Sektor tunggal putri diraih oleh Akane Yamaguchi

Daftar Juara Bertahan BWF World Tour Finals, Tuan Rumah Mendominasi!Akane Yamaguchi (instagram.com/akane.yamaguchi66)

Jepang memastikan satu gelar BWF World Tour Finals 2023 dari sektor tunggal putri. Akane Yamaguchi yang saat itu menjadi satu-satunya wakil Jepang di babak final sukses meraih juara. Tunggal putri terbaik Jepang ini mampu menyudahi perlawanan tunggal putri Taiwan, Tai Tzu Ying.

Akane menang dua set langsung dengan skor 21-18 dan 22-20 dalam durasi 46 menit. Sayangnya, Akane harus absen pada BWF World Tour Finals 2023. Ia mengalami cedera yang cukup serius sehingga membuatnya harus mundur dari turnamen. Tai Tzu Ying yang kembali berlaga pada BWF World Tour Final tahun ini pun tentu berambisi untuk menuntaskan kegagalan edisi sebelumnya.

3. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi raih gelar di sektor ganda putra

Daftar Juara Bertahan BWF World Tour Finals, Tuan Rumah Mendominasi!Ou Xuan Yi/Liu Yu Chen (djarumbadminton.com)

China meraih gelar pertama pada BWF World Tour Finals tahun lalu dari sektor ganda putra. Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi mampu mengatasi perlawanan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, di babak final. Pasangan China tersebut menang melalui pertarungan tiga set dengan skor yang cukup ketat.

Tahun ini, Liu/Ou kembali berlaga pada BWF World Tour Finals 2023 yang berlangsung di kandang sendiri. Sementara itu, Ahsan/Hendra tidak lolos. Selain Liu/Ou, China sebagai tuan rumah juga meloloskan satu wakil lagi dari sektor ganda putra, yaitu Liang Wei Keng/Wang Chang.

4. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan sumbang gelar kedua China dari sektor ganda putri

Daftar Juara Bertahan BWF World Tour Finals, Tuan Rumah Mendominasi!Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Chen Qing Chen/Jia Yi Fan memastikan China raih gelar kedua pada BWF World Tour Finals 2023. Ganda putri terbaik dunia tersebut masih terlalu tangguh untuk ganda putri lainnya. Chen/Jia sukses mengalahkan pasangan Thailand, Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard, pada laga final.

Ganda putri China tersebut menang dua set langsung dengan skor 21-13 dan 21-14. Duel ganda putri di babak final berlangsung selama 37 menit. Tahun ini, Chen/Jia kembali belaga pada turnamen penutup tahun ini. Di sisi lain, pasangan Thailand yang jadi lawan mereka di partai final edisi sebelumnya malah tidak lolos untuk BWF World Tour Finals 2023.

5. China raih gelar ketiga dari Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong di sektor ganda campuran

Daftar Juara Bertahan BWF World Tour Finals, Tuan Rumah Mendominasi!Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (bwfworldchampionships.bwfbadminton.com)

Gelar ketiga China pada BWF World Tour Finals 2023 diraih oleh pasangan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong. Ganda campuran terbaik dunia ini menang setelah mengalahkan pasangan Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, di partai final. Duel ganda campuran di babak final tersebut memang berlangsung cukup ketat.

Dechapol/Sapsiree yang saat itu merupakan wakil tuan rumah harus mengakui keunggulan Zheng/Huang melalui pertarungan tiga set. Pasangan China menang dengan skor 21-19, 18-21, dan 21-13 dalam durasi 1 jam 2 menit. Tahun ini, keduanya kembali lolos untuk BWF World Tour Finals 2023.

Dari keempat daftar juara bertahan di atas, hanya sektor tunggal putri yang dipastikan memiliki juara baru tahun ini. Di sisi lain, keempat pemenang sektor lainnya tetap berpeluang untuk mempertahankan gelar BWF World Tour Finals mereka.

Baca Juga: 7 Derbi pada Laga Perdana BWF World Tour Finals 2023, Ada Indonesia!

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya