Daftar Juara Bertahan Malaysia Open, Ada Fajar/Rian!

Kelima pemain kembali bertanding pada Malaysia Open 2024

Malaysia Open 2024 menjadi rangkaian turnamen BWF pertama pada 2024. Salah satu rangkaian turnamen BWF Super 1000 ini akan dimulai pada 9 -- 14 Januari 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Tahun lalu, Indonesia berhasil meraih satu gelar Malaysia Open dari sektor ganda putra atas nama Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Sementara tuan rumah tidak meraih satu pun gelar. Didominasi China, berikut daftar juara bertahan Malaysia Open dan peluang mereka pada edisi kali ini.

1. Viktor Axelsen (Denmark) masih mendominasi tunggal putra

Daftar Juara Bertahan Malaysia Open, Ada Fajar/Rian!Viktor Axelsen (olympics.com)

Denmark meraih satu gelar pada ajang Malaysia Open 2023. Wakil andalannya yang merupakan tunggal putra terbaik dunia saat ini, Viktor Axelsen, sukses mempersembahkan salah satu gelar turnamen BWF Super 1000 tersebut. Viktor mampu mengalahkan tunggal putra terbaik Jepang, Kodai Naraoka, pada laga final dengan skor 21-6 dan 21-15.

Tahun ini, Viktor kembali turun pada turnamen yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, tersebut. Kembali menempati unggulan pertama, Viktor memulai petualangan dengan menghadapi tunggal putra Singapura, Loh Kean Yew, pada babak pertama Malaysia Open 2024. Akankah tunggal putra terbaik dunia ini mampu mempertahankan gelar juara Malaysia Open?

Baca Juga: 8 Tunggal Putra Jumpa Unggulan di Babak Pertama Malaysia Open 2024

2. Jepang meraih gelar di sektor tunggal putri atas nama Akane Yamaguchi

Daftar Juara Bertahan Malaysia Open, Ada Fajar/Rian!Akane Yamaguchi (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Dari sektor tunggal putri, Akane Yamaguchi persembahkan satu gelar untuk Jepang. Akane yang saat itu merupakan tunggal putri terbaik dunia berhasil merebut gelar Malaysia Open 2023. Kala itu, final ideal terjadi di sektor tunggal putri. Akane yang menempati unggulan pertama sukses menaklukkan wakil Korea, An Se Young, yang merupakan unggulan kedua.

Akane menang melalui pertarungan tiga set dengan skor 12-21, 21-19, dan 21-11. Duel tunggal putri di babak final ini juga berlangsung cukup lama dengan durasi 1 jam 9 menit. Di babak pertama Malaysia Open 2024, Akane Yamaguchi kembali bertanding dengan menghadapi tunggal putri Thailand, Supanida Katethong.

3. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) sukses di sektor ganda putra

Daftar Juara Bertahan Malaysia Open, Ada Fajar/Rian!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (instagram.com/badminton.ina)

Indonesia memastikan satu gelar Malaysia Open 2023 dari sektor ganda putra. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi sosok yang sukses persembahkan gelar. Ganda putra terbaik Indonesia ini mampu mengalahkan pasangan China, Liang Wei Keng/Wang Chang, melalui pertarungan ketat tiga set dengan skor 21-18, 18-21, dan 21-13 di laga final.

Tahun ini, Fajar/Rian kembali akan bertanding pada Malaysia Open 2024 dengan status juara bertahan. Di babak pertama, pasangan yang akrab disapa Fajri tersebut akan berhadapan dengan pasangan Kanada, Dong Adam (Xingyu)/Nyl Yakura. Ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua pasangan.

4. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) raih gelar di sektor ganda putri

Daftar Juara Bertahan Malaysia Open, Ada Fajar/Rian!Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Dari sektor ganda putri, pasangan China masih belum terkalahkan. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan yang merupakan ganda putri terbaik dunia saat ini berhasil meraih gelar Malaysia Open 2023 untuk China. Chen/Jia yang saat itu menempati unggulan pertama mampu mengatasi perlawanan pasangan Korea, Baek Ha Na/Lee So Hee, dua set langsung dengan skor 21-16 dan 21-10.

Ganda putri China ini akan kembali bertanding pada turnamen BWF Super 1000 tersebut sebagai unggulan pertama. Chen/Jia harus melawan pasangan Korea, Lee Yu Lim/Shin Seung Chan, di babak pertama Malaysia Open 2024. Head to head kedua ganda putri ini adalah 1-0 untuk keunggulan Chen/Jia.

5. Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) raih gelar di sektor ganda campuran

Daftar Juara Bertahan Malaysia Open, Ada Fajar/Rian!Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (bwfworldchampionships.bwfbadminton.com)

China juga meraih satu gelar di sektor ganda campuran. Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong yang merupakan ganda campuran terbaik dunia saat ini sukses meraih gelar Malaysia Open 2023 untuk China. Zheng/Huang berhasil menundukkan pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino pada laga final dengan skor 21-19 dan 21-11.

Pada Malaysia Open 2024 ini, Zheng/Huang kembali bertanding dengan status unggulan pertama di sektor ganda campuran. Pasangan China ini harus melawan ganda campuran Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Ng Tsz Yau. Rekor pertemuan mereka adalah 1-0 untuk keunggulan pasangan China.

Tidak ada babak kualifikasi pada Malaysia Open 2024. Turnamen BWF Super 1000 ini langsung memainkan babak 32 besar atau babak pertama yang dimulai hari ini, Selasa (9/1/2024). Akankah kelima juara bertahan di atas mampu mempertahankan gelar mereka di Malaysia Open?

Baca Juga: Cedera, 3 Wakil Indonesia Mundur dari Malaysia Open 2024

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya