4 Fakta Menarik Final Kejuaraan Dunia 2023, Banyak yang Cetak Sejarah

Sektor tunggal ukir sejarah baru

Kejuaraan Dunia 2023 resmi berakhir pada Minggu (27/8/2023). Ajang turnamen bergengsi yang digelar di Copenhagen, Denmark, ini masih menyisakan kemeriahan di hati para juara dunia baru tahun ini.

Setidaknya ada empat juara dunia baru pada Kejuaraan Dunia 2023. Dua di antaranya berhasil mencetak sejarah baru bagi negaranya. Tak hanya itu, beberapa fakta menarik juga terjadi pada laga final yang berlangsung di Royal Arena, Copenhagen, Denmark, tersebut.

KIra-kira apa saja, ya? Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1. Korea Selatan boyong tiga gelar

4 Fakta Menarik Final Kejuaraan Dunia 2023, Banyak yang Cetak SejarahSeo Seung Jae/Chae Yu Jung (djarumbadminton.com)

Korea Selatan menjadi negara tersukses di Kejuaraan Dunia 2023. Negeri Ginseng ini berhasil memboyong tiga gelar pada ajang turnamen yang digelar di Copenhagen, Denmark, tersebut. Berikut daftar lengkap para juara dunia dari Korea Selatan:

  • Tunggal putri: An Se Young
  • Ganda putra: Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae
  • Ganda campuran: Seo Seung Jae/Chae Yu Jung

An Se Young sukses mencetak sejarah baru di sektor tunggal putri Korea Selatan. Sementara itu, Seo seung Jae juga berhasil membuat rekor baru untuk dirinya sendiri dengan meraih dua gelar juara dunia sekaligus di Kejuaraan Dunia 2023. Terlebih lagi, Seo/Chae mampu menaklukkan ganda campuran terbaik dunia asal China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong di babak final.

2. Kunlavut Vitidsarn menjadi tunggal putra Thailand pertama yang berhasil menjadi juara dunia

4 Fakta Menarik Final Kejuaraan Dunia 2023, Banyak yang Cetak SejarahKunlavut Vitidsarn, tunggal putra Thailand (instagram.com/kunlavut.v)

Dari sektor tunggal putra, Kunlavut Vitidsarn berhasil menjadi juara dunia 2023. Tunggal putra andalan Thailand tersebut sukses mencetak sejarah baru untuk negaranya. Pasalnya, sejak diadakan tahun 1977, belum ada wakil Thailand yang menjadi juara dunia di sektor tunggal putra.

Kunlavut menjadi juara dunia setelah mengalahkan tunggal putra terbaik Jepang, Kodai Naraoka, di babak final. Kunlavut menang melalui pertarungan tiga set dengan skor 19-21, 21-18, dan 21-7. Duel tunggal putra ini berdurasi cukup lama yaitu 1 jam 49 menit.

Baca Juga: Mereka yang Cetak Sejarah di Kejuaraan Dunia 2023

3. Korea Selatan juga mencetak sejarah baru melalui tunggal putri, An Se Young menjadi juara dunia 2023

4 Fakta Menarik Final Kejuaraan Dunia 2023, Banyak yang Cetak SejarahAn Se Young (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Tak hanya Thailand, sejarah baru juga diukir Korea Selatan pada Kejuaraan Dunia 2023. Wakil andalan Korea Selatan, An Se Young, keluar sebagai juara dunia baru di sektor tunggal putri. An sukses menjadi tunggal putri pertama yang meraih gelar juara dunia sejak tahun 1977.

Tunggal putri terbaik dunia saat ini tersebut mampu menaklukkan wakil Spanyol, Carolina Marin di babak final Kejuaraan Dunia 2023. An Se Young menang dengan skor yang cukup mudah, 21-12 dan 21-10 dalam durasi 42 menit. Kemenangan ini semakin memperpanjang rekor head to head An Se Young atas Carolina Marin menjadi 7-4.

4. Chen Qing Chen/Jia Yi Fan hattrick di Kejuaraan Dunia

4 Fakta Menarik Final Kejuaraan Dunia 2023, Banyak yang Cetak SejarahChen Qing Chen/Jia Yi Fan (bwfworldtour.bwfbadminton.com)

Kejuaraan Dunia 2023 menjadi momen tak terlupakan bagi ganda putri China, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan. Pasangan ganda putri terbaik dunia ini sukses mencetak hattrick atau menang tiga kali berturut-turut pada ajang Kejuaraan Dunia. Chen/Jia juga menjadi wakil satu-satunya yang berhasil meraih medali emas untuk China pada Kejuaraan Dunia 2023 ini.

Chen/Jia menjadi juara dunia setelah mengalahkan pasangan Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Ganda putri China ini menang dua set langsung dengan skor 21-16 dan 21-12. Duel ganda putri ini berlangsung selama 42 menit.

Tak hanya itu, Chen/Jia juga sebelumnya sudah mengantongi gelar juara dunia untuk pertama kalinya pada tahun 2017. Dengan hasil ini, Chen/Jia total sudah menjadi juara dunia sebanyak empat kali. Hasil tersebut juga membawa Chen/Jia menjadi pasangan ganda putri pertama yang meraih empat gelar juara dunia.

Deretan fakta menarik di atas menjadi bukti kekuatan bulu tangkis yang merata di dunia. Selamat kepada para juara dunia baru tahun ini.

Baca Juga: Lawan Greysia/Apriani, 9 Fakta Chen Qingchen/Jia Yifan

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya