5 Fakta Pemain Indonesia pada Malaysia Open 2024, Ada Juara Bertahan!

Tanpa wakil di sektor ganda putri

Rangkaian BWF World Tour 2024 siap dimulai pekan ini. Malaysia Open 2024 yang merupakan salah satu turnamen BWF Super 1000 akan menjadi turnamen pembuka.

Laga perdana Malaysia Open 2024 dimulai pada hari ini, Selasa (9/1/2024). Indonesia menurunkan semua pemain terbaiknya pada ajang yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Simak sederet fakta menarik pemain Indonesia untuk ajang Malaysia Open 2024 melalui ulasan berikut, yuk! 

1. Kirim 11 pemain

5 Fakta Pemain Indonesia pada Malaysia Open 2024, Ada Juara Bertahan!Jonatan Christie (pbsi.id)

Sebanyak 11 wakil Indonesia siap bertanding di Malaysia Open 2024. Hanya sektor ganda putri yang tidak mengirimkan wakilnya. Berikut daftar lengkap skuad Indonesia di Malaysia Open 2024:

  • Tunggal putra: Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie
  • Tunggal putri: Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani
  • Ganda putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
  • Ganda campuran: Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja

Tahun lalu, prestasi terbaik diraih oleh Fajar/Rian dengan menjadi juara di sektor ganda putra. Sementara itu, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti harus terhenti di semifinal. Dejan/Gloria juga terhenti di babak semifinal dan gagal melaju ke babak final setelah takluk atas pasangan China.

Baca Juga: 5 Lawan Pemain Unggulan Indonesia di Babak Pertama Malaysia Open 2024

2. Ada empat wakil menjadi pemain unggulan

5 Fakta Pemain Indonesia pada Malaysia Open 2024, Ada Juara Bertahan!Gregoria Mariska Tunjung (pbsi.id)

Dari 11 wakil Indonesia yang akan bertanding, empat di antaranya merupakan pemain unggulan. Hanya di sektor ganda campuran yang tidak ada status unggulan. Untuk lebih jelasnya, simak daftar di bawah ini:

  • Tunggal putra: Anthony Sinisuka Ginting [4] dan Jonatan Christie [6]
  • Tunggal putri: Gregoria Mariska Tunjung [7]
  • Ganda putra: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto [5]

Anthony Ginting dan Jonatan Christie akan langsung bertanding pada hari pertama Malaysia Open 2024. Begitu juga dengan Fajar/Rian yang memulai laga perdana hari ini. Sementara itu, Gregoria baru akan bertanding pada hari kedua yang digelar besok.

3. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto merupakan juara bertahan

5 Fakta Pemain Indonesia pada Malaysia Open 2024, Ada Juara Bertahan!Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (pbsi.id)

Hasil yang memuaskan diraih oleh Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pada Malaysia Open 2023. Ganda putra terbaik Indonesia ini meraih gelar super 1000 pertama mereka pada turnamen yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia. Fajar/Rian sukses menaklukkan pasangan China, Liang Wei Keng/Wang Chang, di laga final.

Berjalan alot, kala itu Fajar/Rian menang melalui pertarungan tiga set dengan skor 21-18, 18-21, dan 21-13. Saat itu, ganda putra Indonesia ini berstatus sebagai pasangan unggulan ketiga. Mampukah Fajar/Rian mempertahankan gelar juara Malaysia Open tahun ini?

4. Ada tiga wakil Indonesia yang langsung bertemu unggulan di babak pertama

5 Fakta Pemain Indonesia pada Malaysia Open 2024, Ada Juara Bertahan!Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (pbsi.id)

Draw yang kurang bagus harus dihadapi tiga wakil Indonesia. Bukan tanpa alasan, ketiganya akan menantang pemain unggulan di babak pertama Malaysia Open 2024. Mereka adalah Putri Kusuma Wardani, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Putri harus melawan tunggal putri unggulan kedelapan asal China, Han Yue. Sedangkan Leo/Daniel akan menantang pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, yang merupakan unggulan keempat. Di sisi lain, Fikri/Bagas harus menghadapi pasangan unggulan kedua asal India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

5. Enam wakil langsung bertanding pada hari pertama

5 Fakta Pemain Indonesia pada Malaysia Open 2024, Ada Juara Bertahan!Putri Kusuma Wardani (pbsi.id)

Enam wakil bulu tangkis Indonesia akan langsung bertanding pada hari pertama Malaysia Open 2024 hari ini. Dua di antaranya juga harus berhadapan dengan pemain unggulan. Berikut jadwal lengkap pemain Indonesia:

Lapangan 1:

  • Jonatan Christie vs. Kidambi Srikanth (India)
  • Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs. Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark)
  • Anthony Sinisuka Ginting vs. Su Li Yang (Taiwan)

Lapangan 2:

  • Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati vs. Mark Lamsfuss/Isabel Lohau (Jerman)

Lapangan 3:

  • Putri Kusuma Wardani vs. Han Yue (China)
  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs. Dong Adam/Nyl Yakura (Kanada)

Babak pertama Malaysia Open 2023 akan berlangsung selama dua hari. Pertandingan babak 32 besar ini dimula hari ini pada pukul 08.00 WIB dengan menggunakan tiga lapangan.

Baca Juga: Daftar Juara Bertahan Malaysia Open, Ada Fajar/Rian!

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya