Indonesia Raih 1 Gelar, Ini 5 Kejutan Hasil Final All England 2020

Juara baru di semua sektor nih!

All England 2020 telah berakhir. Salah satu turnamen BWF World Tour Super 1000 ini sudah berlangsung selama seminggu ini. Dari hasil babak final yang berlangsung pada Minggu (15/3) malam kemarin banyak kejutan yang terjadi. Berikut informasi selengkapnya. 

1. Jepang jadi juara umum

Indonesia Raih 1 Gelar, Ini 5 Kejutan Hasil Final All England 2020instagram.com/bwf.official

Indonesia, Jepang, Tiongkok dan Taipei masing-masing meloloskan dua wakilnya di babak final All England 2020. Namun hanya Jepang yang sukses meraih dua gelar melalui ganda putra dan putri andalannya. 

Ganda putri Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota berhasil mengalahkan pasangan Tiongkok, Du Yue/Li Yin Hui. Sementara ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe mampu menaklukkan ganda putra terbaik dunia saat ini asal Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. 

2. Tiongkok tanpa gelar

Indonesia Raih 1 Gelar, Ini 5 Kejutan Hasil Final All England 2020instagram.com/bwf.official

Kirim dua wakil andalan ke babak final All England 2020, Tiongkok harus pulang tanpa gelar turnamen tertua tahun ini. Hasil ini tentu sangat berbeda dengan tahun lalu yang mampu menjadi juara umum dengan tiga gelar. 

Tunggal putri dan ganda putri Tiongkok harus mengakui keunggulan lawan masing-masing. Chen Yu Fei, tunggal putri terbaik dunia saat ini kalah dari tunggal putri terbaik Taipei, Tai Tzu Ying. Sedangkan ganda putri Tiongkok, Du Yue/Li Yin Hui takluk dari pasangan Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Baca Juga: Tiongkok Gagal Total di All England 2020!

3. Tak ada unggulan pertama yang berhasil menjadi juara

Indonesia Raih 1 Gelar, Ini 5 Kejutan Hasil Final All England 2020badmintonindonesia.org

Final ideal terjadi di sektor tunggal putra dan putri di All England 2020. Tunggal putra unggulan pertama asal Taipei, Chou Tien Chen kalah dari wakil Denmark, Viktor Axelsen. Sementara di sektor tunggal putri, Chen Yu Fei yang merupakan tunggal putri terbaik dunia saat ini juga kalah dari pemain Taipei, Tai Tzu Ying yang diunggulkan di posisi kedua. 

Begitu pun unggulan pertama ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo juga gagal meraih gelar ketiga mereka di All England tahun ini. Marcus/Kevin takluk dari pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. 

4. Tidak ada juara bertahan yang mampu mempertahankan gelar

Indonesia Raih 1 Gelar, Ini 5 Kejutan Hasil Final All England 2020badmintonindonesia.org

Dari kelima sektor, hanya tunggal putri yang berpeluang mempertahankan gelar All England tahun lalu. Tunggal putri terbaik dunia saat ini asal Tiongkok, Chen Yu Fei gagal mempertahankan gelar All England tahun lalu setelah kalah oleh wakil Taipei, Tai Tzu Ying pada laga final.

Kento Momota sang juara bertahan tunggal putra tahun lalu tidak ikut dalam turnamen All England 2020. Pasangan juara bertahan ganda putra dan putri juga terhenti di babak delapan besar All England 2020. Begitu juga dengan juara bertahan dari sektor ganda campuran yang harus angkat koper lebih dulu pada babak kedua All England 2020.

5. Hasil lengkap babak final All England 2020

Indonesia Raih 1 Gelar, Ini 5 Kejutan Hasil Final All England 2020instagram.com/badminton.ina

Jepang sukses meraih juara umum, sementara Tiongkok harus pulang tanpa gelar. Serta masing-masing satu gelar untuk Taipei, Denmark dan Indonesia di All England 2020. Berikut hasil selengkapnya:

  • Tunggal putra: Viktor Axelsen (DEN) vs Chou Tien Chen (TPE) 21-13 -14
  • Tunggal putri: Tai Tzu Ying (TPE) vs Chen Yu Fei (CHN) 21-19 21-15
  • Ganda putra: Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (JPN) vs Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (INA) 21-18 12-21 21-19
  • Ganda putri: Yuki Fukuma/Sayaka Hirota (JPN) vs Li Yin Hui/Du Yue (CHN) 21-13 21-15
  • Ganda campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (INA) vs Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai (THA) 21-15 17-21 21-8

Itulah 5 kejutan yang terjadi di All England 2020 yang berlangsung di Birmingham, England pada Minggu (15/3) malam kemarin. Ini merupakan turnamen BWF terakhir di bulan Maret. BWF menangguhkan semua turnamen hingga pertengahan April mendatang karena wabah virus Corona yang terjadi di hampir seluruh dunia.

Baca Juga: [BREAKING] Endo/Watanabe Ukir Sejarah di All England 2020!

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya