Daftar Juara Bertahan Korea Masters, Hanya Ada Tuan Rumah dan China!

Semua sektor dipastikan mempunyai juara baru

Rangkaian turnamen BWF masih terus bergulir pekan ini. Setelah hampir sebulan turnamen Eropa berturut-turut, kali ini turnamen BWF kembali ke Asia. Korea Masters 2023 yang merupakan turnamen super 300 sudah mulai digelar sejak Selasa (7/11/2023) lalu dan masih akan berlangsung hingga Minggu (12/11/2023) mendatang.

Sayangnya, banyak para pemain top dunia yang memilih mundur dan tidak turun pada turnamen yang berlangsung di Gwangju, Korea Selatan, tersebut. Tak hanya itu, beberapa juara bertahan juga tidak bertanding pada Korea Masters tahun ini.

Dari kelima sektor, semuanya dipastikan mempunyai juara baru. Hanya ada tuan rumah, Korea Selatan dan China, berikut daftar lengkap juara bertahan Korea Masters.

1. Tunggal putra diraih oleh wakil tuan rumah, Jeon Hyeok Jin

Daftar Juara Bertahan Korea Masters, Hanya Ada Tuan Rumah dan China!Jeon Hyeok Jin (bwfbadminton.com)

Dari sektor tunggal putra, laga final Korea Masters tahun ini mempertemukan dua pemain nonunggulan. Jeon Hyeok Jin yang merupakan tunggal putra andalan tuan rumah harus melawan wakil Jepang, Kodai Naraoka. Jeon menang dua set langsung dengan skor 21-17 dan 21-16 dalam durasi 1 jam 3 menit.

Tahun ini, Jeon kembali turun pada turnamen BWF super 300 tersebut. Sayangnya, tunggal putra tuan rumah ini dihadang oleh wakl Malaysia, Soong Joo Ven, di babak kedua Korea Masters 2023. Sementara itu, Kodai tidak turun pada Korea Masters edisi tahun ini.

2. He Bing Jiao menangi laga all China final di sektor tunggal putri

Daftar Juara Bertahan Korea Masters, Hanya Ada Tuan Rumah dan China!He Bing Jiao (bwfbadminton.com)

China memastikan satu gelar di sektor tunggal putri setelah terjadi all China final. Kedua tunggal putri China ini sama-sama diunggulkan di Korea Masters 2022. He Bing Jiao yang merupakan unggulan keempat sukses menaklukkan Chen Yu Fei yang berstatus sebagai unggulan pertama melalui pertarungan tiga set dengan skor 21-14, 14-21, dan 21-9.

Kedua tunggal putri China tersebut tidak turun pada Korea Masters tahun ini. Jadi, bisa dipastikan akan ada juara baru dari sektor tunggal putri. Sampai saat ini, tunggal putri yang masih berpeluang menjadi juara adalah Korea Selatan, Jepang, dan Indonesia.

Baca Juga: Ester Nurumi Selamatkan Wajah Indonesia di Korea Masters 2023

3. Kim Gi Jung/Kim Sa Rang persembahkan gelar bagi tuan rumah di sektor ganda putra

Daftar Juara Bertahan Korea Masters, Hanya Ada Tuan Rumah dan China!Kim Gi Jung/Kim Sa Rang (bwfbadminton.com)

Tuan rumah, Korea Selatan, juga berhasil meraih gelar di sektor ganda putra pada Korea Masters 2022. Kim Gi Jung/Kim Sa Rang mampu mengatasi perlawanan pasangan China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi, di babak final. Ganda putra tuan rumah tersebut menang dua set langsung dengan skor 21-14 dan 21-16 dalam durasi 37 menit.

Sayangnya, kedua pasangan ganda putra tersebut tidak turun pada Korea Masters 2023. Namun, tuan rumah tetap berpeluang meraih gelar di sektor ganda putra. Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae yang merupakan unggulan pertama masih terus melaju ke semifinal turnamen BWF super 300 tersebut.

4. Kim So Yeong/Kong Hee Yong menangi laga all Korean final di sektor ganda putri

Daftar Juara Bertahan Korea Masters, Hanya Ada Tuan Rumah dan China!Kim So Yeong/Kong Hee Yong (djarumbadminton.com)

Tuan rumah juga sudah mengunci satu gelar Korea Masters di sektor ganda putri. Kim So Yeong/Kong Hee Yong yang diunggulkan di posisi kedua menang atas juniornya, Baek Ha Na/Lee Yu Lim, yang merupakan pasangan nonunggulan di turnamen ini. Kim/Kong menang dua set langsung dengan skor 21-17 dan 21-12 dalam durasi 54 menit.

Pada Korea Masters 2023 ini, kedua ganda putri tuan rumah tersebut tidak turut bertanding. Dengan hasil ini, sektor ganda putri dipastikan mempunyai juara baru pada Korea Masters 2023. Jeong Na Eun/Kim Hye Jeong menjadi satu-satunya ganda putri Korea Selatan yang tersisa di semifinal Korea Masters 2023.

5. Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping persembahkan gelar kedua bagi China di sektor ganda campuran

Daftar Juara Bertahan Korea Masters, Hanya Ada Tuan Rumah dan China!Wang Yilyu/Huang Dong Ping, ganda campuran China (djarumbadminton.com)

China juga meraih satu gelar di sektor ganda campuran pada Korea Masters 2022. Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping yang merupakan unggulan pertama sukses menangi laga all China final atas Ou Xuan Yi/Huang Ya Qiong. Wang/Huang menang dua set langsung dengan skor 21-17 dan 21-17 yang berlangsung selama 44 menit.

Kedua ganda campuran China tersebut tidak turun pada Korea Masters edisi tahun ini. Namun, China masih berpeluang meraih gelar di sektor ganda campuran. Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin menjadi satu-satunya pasangan ganda campuran yang turun pada Korea Masters 2023 dan sampai saat ini masih lolos ke semifinal.

Tidak ada juara bertahan Korea Masters yang tersisa di semifinal tahun ini. Tuan rumah tetap berpeluang menjadi juara umum karena masih banyak wakilnya yang lolos ke semifinal Korea Masters 2023.

Baca Juga: 6 Pertandingan Sengit di Babak Perempat Final Korea Masters 2023

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya