Comscore Tracker

6 Negara Peraih Juara Dunia di Sektor Ganda Putra, Indonesia Terbanyak

Didominasi oleh Indonesia!

Absennya Indonesia di Kejuaraan Dunia 2021 tentu membuat penggemar bulu tangkis Indonesia merasa kecewa. Pasalnya, Indonesia sangat berpeluang untuk bisa meraih gelar juara di turnamen penutup tahun ini.

Tak ada wakil Indonesia, banyak kejutan dan rekor baru terjadi di Kejuaraan Dunia 2021. Salah satunya di sektor ganda putra dengan Jepang berhasil meraih gelar juara dunia untuk pertama kalinya melalui pasangan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

1. Indonesia sangat mendominasi dengan 10 gelar

6 Negara Peraih Juara Dunia di Sektor Ganda Putra, Indonesia TerbanyakMohammad Ahsan/Hendra Setiawan, ganda putra Indonesia (instagram.com/king_chayra)

Sektor ganda putra memang menjadi salah satu sektor andalan bagi Indonesia, terutama di ajang bergengsi seperti Kejuaraan Dunia. Indonesia berhasil meraih juara dunia untuk pertama kalinya di sektor ganda putra melalui pasangan Tjun Tjun/Johan Wahjudi di tahun 1977.

Terakhir kali Indonesia meraih gelar kesepuluh di sektor ganda putra melalui pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan pada tahun 2019.

2. China dengan 8 gelar

6 Negara Peraih Juara Dunia di Sektor Ganda Putra, Indonesia TerbanyakLi Junhui/Liy Yuchen, ganda putra China (bwfbadminton.com)

China untuk pertama kalinya meraih gelar juara dunia di sektor ganda putra melalui pasangan Li Yongbo/Tian Bingyi pada tahun 1987. Tak hanya itu, ganda putra China itu juga sukses mempertahankan gelar juara dunia mereka pada tahun 1989.

China terakhir meraih gelar juara dunia di sektor ganda putra melalui pasangan Li Junhui/Liu Yuchen di tahun 2018. Ini merupakan gelar kedelapan yang diraih China di Kejuaraan Dunia di sektor ganda putra.

Baca Juga: 10 Atlet Bulu Tangkis Ganda Putra yang Jadi Juara di World Tour Final

3. Korea Selatan dengan koleksi 4 gelar

6 Negara Peraih Juara Dunia di Sektor Ganda Putra, Indonesia TerbanyakKo Sung Hyun/Shin Baek Cheol, ganda putra Korea (bwfbadminton.com)

Korea sukses menyabet gelar juara dunia di sektor ganda putra melalui pasangan Park Joo Bong/Kim Moon Soo pada tahun 1985. Pasangan ini kembali meraih gelar juara pada tahun 1991.

Selanjutnya, pada tahun 1999, ganda putra Korea kembali menjadi juara dunia, kali ini pasangan Ha Tae Kwon/Kim Dong- Moon. Terakhir, ganda putra Korea yang berhasil meraih gelar juara dunia adalah pasangan Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol pada tahun 2014.

4. Denmark raih 2 gelar

6 Negara Peraih Juara Dunia di Sektor Ganda Putra, Indonesia TerbanyakLars Passke/Jonas Rasmussen, ganda putra Denmark (bwfbadminton.com)

Denmark menjadi satu-satunya negara Eropa yang berhasil meraih gelar juara dunia di sektor ganda putra. Dua gelar juara dunia di sektor ganda putra sukses diraih oleh Denmark. 

Pasangan Steen Fladberg/Jesper Helledie mempersembahkan gelar juara dunia pertama kali untuk Denmark di sektor ganda putra pada tahun 1983. Dua puluh tahun kemudian, ganda putra Denmark kembali naik podium juara dunia melalui pasangan Lars Paaske/Jonas Rasmussen.

5. Masing-masing 1 gelar untuk Amerika Serikat dan Jepang

6 Negara Peraih Juara Dunia di Sektor Ganda Putra, Indonesia TerbanyakGanda putra jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (djarumbadminton.com)

Amerika Serikat juga mempunyai gelar juara dunia di sektor ganda putra melalui pasangan Howard Barc/Tony Gunawan pada tahun 2005. Ini merupakan gelar juara dunia satu-satunya yang diraih Amerika Serikat di sektor ganda putra. 

Baru saja mencetak sejarah baru, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi juga mempersembahkan gelar juara dunia pertama bagi Jepang di sektor ganda putra. Hoki/Kobayashi menang atas pasangan China, He Jiting/Tan Qiang di laga final Kejuaraan Dunia 2021.

 

Meski tak ada wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia 2021 pada sektor ganda putra ini, tim Merah Putih masih memimpin perolehan gelar juara dunia di sektor ganda putra. Selanjutnya, Kejuaraan Dunia 2022 akan berlangsung di Tokyo, Jepang.

Baca Juga: Kejuaraan Dunia 2021 yang Tak Bersahabat Buat Unggulan

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya