5 Pebulu Tangkis Indonesia Dipastikan Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Masih berpeluang tambah dua wakil!

Rangkaian turnamen BWF di Eropa telah berakhir. Spain Masters 2024 menjadi turnamen terakhir yang diikuti oleh para pebulu tangkis dunia pada tur Eropa pekan lalu.

Tur Eropa yang berlangsung selama Maret 2024 lalu menjadi turnamen paling penting bagi para pebulu tangkis untuk mengumpulkan poin agar bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024. Sebanyak lima wakil Indonesia pun akhirnya memastikan diri memegang tiket Olimpiade Paris 2024. Siapa saja mereka?

1. Anthony Sinisuka Ginting tempati posisi enam Race to Paris 2024

5 Pebulu Tangkis Indonesia Dipastikan Lolos ke Olimpiade Paris 2024Anthony Sinisuka Ginting (instagram.com/sinisukanthony)

Anthony Sinisuka Ginting dipastikan meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024. Tunggal putra terbaik Indonesia ini sudah mengikuti dua turnamen Eropa dengan hasil yang cukup baik. Ginting bertanding di French Open (super 750) dan All England (super 1000).

Sayangnya, Ginting harus terhenti di babak kedua saat bertanding di French Open 2024. Diunggulkan di posisi kelima, Ginting takluk atas wakil Singapura, Loh Kean Yew. Tunggal putra andalan Indonesia ini kalah melalui pertarungan tiga set.

Sementara di All England, Ginting menjadi runner-up setelah takluk atas rekan sendiri, Jonatan Christie. Ginting yang di atas kertas lebih diunggulkan karena menempati unggulan kelima kalah dua set langsung. Saat ini, Ginting berada di peringkat enam dunia Race to Paris 2024, sedangkan untuk peringkat BWF ia tengah bertengger di posisi ketiga dunia.

Baca Juga: 3 Momen All Indonesian Final antara Ginting dan Jojo di Turnamen BWF

2. Jonatan Christie ada di peringkat keempat Race to Paris 2024

5 Pebulu Tangkis Indonesia Dipastikan Lolos ke Olimpiade Paris 2024Jonatan Christie (instagram.com/badminton.ina)

Satu tunggal putra Indonesia yang juga meraih tiket Olimpiade Paris 2024 adalah Jonatan Christie. Sama seperti Ginting, Jonatan juga hanya mengikuti dua turnamen selama tur Eropa. Kedua turnamen tersebut adalah French Open (super 750) dan All England (super 1000).

Jonatan mendapatkan hasil yang sangat buruk kala bertanding di French Open 2024. Tunggal putra andalan Indonesia ini langsung kalah di babak pertama. Jonatan takluk atas wakil Taiwan, Wang Tzu Wei, melalui pertarungan tiga set.

Namun, Jonatan Christie sukses mencetak sejarah baru dalam karir bulu tangkisnya setelah berhasil menjadi juara pada ajang All England 2024. Jonatan menang dua set langsung di babak final atas rekan senegara, Anthony Sinisuka Ginting. Saat ini, Jonatan berada di peringkat keempat Race to Paris 2024 dan berada di posisi kelima peringkat BWF.

3. Gregoria Mariska Tunjung tempati posisi kedelapan Race to Paris 2024

5 Pebulu Tangkis Indonesia Dipastikan Lolos ke Olimpiade Paris 2024Gregoria Mariska Tunjung (instagram.com/gregoriamrska)

Dari sektor tunggal putri, Indonesia meloloskan satu wakilnya atas nama Gregoria Mariska Tunjung. Pemain yang akrab disapa Jorji ini berada di peringkat delapan BWF dan Race to Paris 2024. Jorji dipastikan menjadi satu-satunya wakil tunggal putri Indonesia pada Olimpiade Paris 2024.

Jorji mengikuti tiga turnamen beruntun di Eropa. Ketiga turnamen tersebut adalah French Open, All England, dan Swiss Open. Tunggal putri terbaik Indonesia ini mampu menjadi runner-up pada turnamen Swiss Open setelah takluk atas wakil Spanyol, Carolina Marin, melalui pertarungan tiga set di babak final.

Sementara ketika French Open 2024, Jorji harus mengakui keunggulan wakil Jepang, Aya Ohori dua set langsung di babak kedua. Sedangkan pada All England 2024, Jorji takluk atas tunggal putri terbaik Jepang, Akane Yamaguchi, di babak delapan besar. Saat itu, Jorji kalah dramatis melalui pertarungan tiga set.

4. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto huni posisi tujuh Race to Paris 2024 sekaligus peringkat BWF

5 Pebulu Tangkis Indonesia Dipastikan Lolos ke Olimpiade Paris 2024Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan pelatih (instagram.com/badminton.ina)

Indonesia juga dipastikan mengirim satu pasangan ganda putra pada Olimpiade Paris 2024. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Ganda putra terbaik Indonesia ini berada di posisi ketujuh Race to Paris 2024 dan peringkat BWF.

Fajar/Rian sendiri sebenarnya terhenti di babak delapan besar French Open 2024. Pasangan yang diunggulkan di posisi ketujuh ini kalah atas ganda putra Taiwan, Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan. Fajar/Rian takluk dengan dua set langsung.

Untungnya pada ajang All England 2024, Fajar/Rian sukses mempertahankan gelar juara. Menempati unggulan ketujuh, pasangan Indonesia ini mampu mengatasi perlawanan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang merupakan unggulan kelima. Fajar/Rian menang dengan dua set langsung untuk memastikan diri menjadi juara.

5. Peringkat 9 BWF, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga duduk di posisi yang sama pada Race to Paris 2024

5 Pebulu Tangkis Indonesia Dipastikan Lolos ke Olimpiade Paris 2024Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (instagram.com/badminton.ina)

Satu pasangan ganda putri Indonesia juga lolos ke Olimpiade Paris 2024. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti akan menjadi satu-satunya wakil Indonesia di sektor ganda putri pada pesta olahraga terbesar di dunia tersebut. Saat ini, Apri/Fadia sama-sama berada di peringkat kesembilan BWF dan Race to Paris 2024.

Apri/Fadia mengikuti tiga turnamen beruntun pada tur Eropa. Ketiga turnamen tersebut adalah French Open, All England, dan Swiss Open 2024. Sayangnya, ganda putri terbaik Indonesia ini harus terhenti di babak kedua French Open dan All England 2024.

Sedangkan pada Swiss Open 2024, Apri/Fadia harus mengakui keunggulan rekannya sendiri, Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto di semifinal. Derbi Indonesia ini dimenangi oleh Lanny/Ribka melalui pertarungan tiga set. Lewat hasil ini juga, Lanny/Ribka berhasil menjadi juara Swiss Open 2024.

Selain kelima wakil bulu tangkis Indonesia yang sudah disebutkan di atas, Indonesia juga masih berpeluang meloloskan dua wakil lainnya ke Olimpiade 2024 Paris untuk sektor ganda putra dan ganda campuran. Mereka adalah Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Baca Juga: Road to Glory Rinov/Pitha di Spain Masters 2024, Akhiri Puasa Gelar!

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya