5 Pencapaian Terbaik Rinov/Pitha Awal 2024, Lolos ke Olimpiade!

Sudah meraih satu gelar BWF

Indonesia dipastikan menambah satu wakilnya di cabang bulu tangkis pada Olimpiade Paris 2024. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari secara sistematis lolos ke pesta olahraga terbesar di dunia tersebut. Pasangan Indonesia ini akan mewakili Indonesia di sektor ganda campuran.

Rinov/Pitha lolos ke Olimpiade Paris 2024 setelah memenuhi ketentuan poin yang dibutuhkan. Meski awal 2024 ini mereka kerap kalah di babak-babak awal, Rinov/Pitha sudah berhasil mengantongi satu gelar BWF. Selengkapnya, simak lagi lima pencapaian terbaik Rinov/Pitha pada awal 2024 lewat ulasan berikut!

1. Babak 16 besar Indonesia Masters 2024

5 Pencapaian Terbaik Rinov/Pitha Awal 2024, Lolos ke Olimpiade!Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (instagram.com/badminton.ina)

Indonesia Masters 2024 merupakan turnamen ketiga yang diikuti Rinov/Pitha pada awal tahun ini. Sebelumnya, Rinov/Pitha juga sudah mengikuti dua turnamen lainnya, yaitu Malaysia Open dan India Open 2024. Sayangnya, ganda campuran Indonesia ini langsung terhenti di babak awal.

Pada Indonesia Masters 2024, Rinov/Pitha juga belum mampu meraih hasil yang baik. Mereka kalah di babak kedua atau babak 16 besar. Saat itu, Rinov/Pitha takluk dua set langsung atas wakil China, Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin.

Baca Juga: Kalah di BAC, Rinov/Pitha Amankan Tiket ke Olimpiade 2024

2. Babak 16 besar German Open 2024

5 Pencapaian Terbaik Rinov/Pitha Awal 2024, Lolos ke Olimpiade!Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (instagram.com/badminton.ina)

Memasuki tur Eropa, Rinov/Pitha belum bisa mengeluarkan permainan terbaiknya. Ganda campuran Indonesia ini kembali tersingkir di babak-babak awal. Rinov/Pitha langsung angkat koper di babak 16 besar German Open 2024.

Setelah berhasil mengatasi perlawanan pasangan tuan rumah di babak pertama, Rinov/Pitha justru harus mengakui keunggulan pasangan Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing. Di atas kertas, pasangan Indonesia memang lebih diunggulkan. Namun, Rinov/Pitha kalah dua set langsung pada babak kedua turnamen BWF Super 300 tersebut.

3. Runner-up Orleans Masters 2024

5 Pencapaian Terbaik Rinov/Pitha Awal 2024, Lolos ke Olimpiade!Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (pbsi.id)

Tidak ikut andil pada All England 2024 justru menjadi pilihan terbaik bagi Rinov/Pitha. Ganda campuran andalan Indonesia ini turun pada turnamen Orleans Masters 2024. Diunggulkan di posisi pertama, Rinov/Pitha berhasil melaju hingga babak final pada turnamen BWF Super 300 tersebut.

Sayangnya, Rinov/Pitha belum berhasil mempersembahkan gelar bagi Indonesia. Ganda campuran Indonesia ini harus mengakui keunggulan pasangan nonunggulan asal China, Cheng Xing/Zhang Chi. Rinov/Pitha kalah melalui pertarungan tiga set dalam durasi 1 jam 8 menit.

4. Juara Spain Masters 2024

5 Pencapaian Terbaik Rinov/Pitha Awal 2024, Lolos ke Olimpiade!Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (instagram.com/badminton.ina)

Masih dari tur Eropa, Rinov/Pitha akhirnya pecah telur pada turnamen Spain Masters 2024. Setelah empat minggu berturut-turut bertanding di Eropa, ganda campuran Indonesia ini berhasil menjadi juara pada turnamen BWF Super 300 tersebut. Rinov/Pitha mampu revans atas pasangan China, Cheng Xing/Zhang Chi.

Pasangan Indonesia ini juga menang melalui pertarungan tiga set dalam durasi 54 menit. Ini merupakan gelar kedua bagi Indonesia dari Spain Masters 2024. Rinov/Pitha menjadi satu-satunya ganda campuran Indonesia yang berhasil meraih gelar dari tur Eropa.

5. Babak kedua Kejuaraan Asia 2024

5 Pencapaian Terbaik Rinov/Pitha Awal 2024, Lolos ke Olimpiade!Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari (instagram.com/badminton.ina)

Rinov/Pitha juga mengikuti turnamen Kejuaraan Asia 2024 yang berlangsung pekan ini. Sayangnya, ganda campuran andalan Indonesia kembali terhenti di babak-babak awal. Rinov/Pitha langsung angkat koper di babak kedua.

Pasangan Indonesia ini takluk atas ganda campuran terbaik Korea Selatan, Seo Seung Jae/Chae Yu Jung, dua set langsung dengan skor 18-21 dan 14-21. Duel ini berlangsung selama 43 menit. Dengan hasil ini, Rinov/Pitha belum berhasil pecah telur. Head to head keduanya menjadi 7-0 untuk pasangan Seo/Chae.

Meski tersingkir di babak kedua Kejuaraan Asia 2024, Rinov/Pitha berhasil memastikan satu tiket Olimpade Paris 2024. Sebelumnya, Indonesia juga sudah meloloskan lima wakil lainnya. Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, Gregoria Mariska Tunjung, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Baca Juga: Kata Bagas/Fikri Usai Kans Main di Olimpiade 2024 Tertutup

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya