Daftar Perolehan Sementara Gelar BWF World Tour 2020 Tiap Negara

Tiongkok masih mendominasi

Rangkaian turnamen BWF World Tour 2020 sudah dimulai sejak awal Januari lalu. Ada 3 turnamen yang telah berlangsung di bulan pertama tahun 2020 ini. Di antaranya adalah Malaysia Masters super 500, Indonesia Masters super 500, dan Thailand Masters super 300.

Didominasi Tiongkok, berikut daftar perolehan gelar sementara BWF World Tour 2020 masing-masing negara.

1. Tiongkok dengan 5 gelar

Daftar Perolehan Sementara Gelar BWF World Tour 2020 Tiap NegaraGanda putri Tiongkok, Chen Qingchen/Jia Yifan kokoh di posisi nomor satu dunia. bwfbadminton.com

Dari 3 turnamen BWF World Tour yang sudah berlangsung, Tiongkok sukses meraih 5 gelar dan menempati urutan pertama perolehan gelar sementara. Di turnamen pertama, Malaysia Masters 2020 yang merupakan BWF World Tour Super 500, Tiongkok juara umum dengan meraih 3 gelar di sektor tunggal putri (Chen Yu Fei), ganda putri (Li Wen Mei/Zheng Yu), dan ganda campuran (Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong).

Selanjutnya, masih dari BWF World Tour Super 500 yaitu Indonesia Masters 2020. Tiongkok hanya meraih 1 gelar melalui ganda campuran (Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong). Sementara itu, ganda putri andalan Tiongkok, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan sukses meraih gelar di turnamen Thailand Masters 2020 yang merupakan Super 300.

2. Juara umum, Indonesia raih 3 gelar

Daftar Perolehan Sementara Gelar BWF World Tour 2020 Tiap Negarabadmintonindonesia.org

Gelaran turnamen Indonesia Masters 2020 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta pertengahan Januari lalu, sukses membawa Indonesia keluar sebagai juara umum di rumah sendiri dengan meraih 3 gelar. Turnamen ini merupakan salah satu rangkaian turnamen BWF World Tour Super 500.

Indonesia juga berhasil menciptakan all Indonesian final di sektor ganda putra. Ketiga gelar tersebut diraih oleh tunggal putra (Anthony Sinisuka Ginting), ganda putra (Marcus/Kevin), dan ganda putri (Greysia Polii/Apriyani Rahayu).

Sayangnya, Indonesia tanpa gelar di 2 turnamen lainnya, Malaysia Masters Super 500 dan Thailand Masters Super 300.

Baca Juga: Ranking BWF Terbaru: Tontowi/Apriyani Akhirnya Punya Peringkat Dunia!

3. Jepang raih 2 gelar

Daftar Perolehan Sementara Gelar BWF World Tour 2020 Tiap Negarabwfbadminton.com

Sektor tunggal Jepang masih menjadi andalan. Tunggal putra terbaik dunia, Kento Momota berhasil meraih gelar perdana di tahun ini di turnamen Malaysia Masters 2020. Sementara itu, tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi juga telah meraih gelar perdananya di Thailand Masters 2020.

Jepang nihil gelar di Indonesia Masters 2020. Wakil satu-satunya di semifinal dari sektor ganda putri, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi harus terhenti karena kalah oleh pasangan Denmark.

4. Masing-masing 1 gelar untuk THA, KOR dan MAS

Daftar Perolehan Sementara Gelar BWF World Tour 2020 Tiap Negarabwfbadminton.com

Thailand sudah meraih 1 gelar melalui tunggal putri terbaiknya, Ratchanok Intanon yang menjadi juara di Indonesia Masters 2020. Intanon mengalahkan wakil Spanyol, Carolina Marin. Sayangnya, Thailand justru tanpa gelar di rumah sendiri saat turnamen Thailand Masters 2020.

Debut ganda putra, Kim Gi Jung/Lee Yong Dae berhasil memberikan gelar untuk Korea. Kim/Lee yang bertanding dari babak kualifikasi sukses memberikan kejutan dengan menjadi juara di Malaysia Masters 2020 dengan mengalahkan ganda putra terbaik Tiongkok, Li Jun Hui/Liu Yu Chen.

Ganda putra Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi juga memberikan satu gelar untuk Malaysia setelah menjadi juara di Thailand Masters 2020. Malaysia juga sempat mendominasi di semifinal sektor ganda campuran. Namun sayangnya, kedua pasangan tersebut harus kalah.

5. HKG dan ENG juga mengoleksi 1 gelar

Daftar Perolehan Sementara Gelar BWF World Tour 2020 Tiap Negarabwfworldtour.bwfbadminton.com

Tunggal putra terbaik Hong Kong, Ng Ka Long Angus sukses menjadi juara di Thailand Masters 2020. Di babak final, wakil Hong Kong ini berhasil menaklukan pemain Jepang, Kenta Nishimoto melalui pertarungan tiga set.

Inggris juga berhasil meraih satu gelar melalui ganda campuran, Marcus Ellis/Lauren Smith yang menjadi juara di Thailand Masters 2020. Ganda campuran andalan Inggris ini mengalahkan pasangan Indonesia, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja di babak final juga dengan rubber set.

Itulah hasil sementara perolehan gelar BWF World Tour yang sudah berlangsung di bulan Januari ini. Tiongkok, Indonesia, dan Jepang masih menjadi top 3 terbaik saat ini.

Baca Juga: Hasil Drawing Wakil Indonesia di BWF Malaysia Masters 2020

Rizna Hidayah Photo Verified Writer Rizna Hidayah

Sharing | Travelling | Writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya